Atur Keuangan di Musim Belanja dan Liburan Akhir Tahun

Akhir tahun memang momen yang paling tepat untuk belanja maupun liburan, karena banyak sekali momen yang sayang untuk dilewati begitu saja. Contohnya diskon Harbolnas yang memberikan promo besar-besaran oleh situs-situs e-commerce ternama. Buat para pecinta belanja online dan traveling, harbolnas memang sangat menguntungkan karena bisa belanja barang impian dengan hemat atau mendapatkan harga tiket pesawat dan hotel dengan harga yang lebih terjangkau.

Tidak hanya e-commerce saja yang merayakan hari belanja online nasional ini, Kredivo juga sebagai perusahaan pinjaman online ikut merayakannya. Dengan tema yang bertajuk SALEamatan. Kamu bisa mendapatkan diskon cicilan hingga Rp2,1 juta di berbagai macam merchant ternama seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Elevenia, Tiket.com dan Pegipegi.

Nah, selain diskon-diskon yang diberikan oleh e-commerce ternama, toko-toko offline seperti yang ada di mall juga bikin mata ini jelalatan kepingin membeli barang-barang yang selama ini sudah diincar atau harga tiket destinasi impian tiba-tiba sedang turun harga.

Melihat euforia belanja yang meningkat di akhir tahun, ada riset yang mengatakan bahwa, rata-rata orang Indonesia ketika diskon akhir tahun diadakan bisa menghabiskan:

  • Rp2 juta untuk belanja
  • Rp800 ribu untuk liburan di dalam negeri
  • Rp13,5 juta untuk liburan di luar negeri

Hmm, cukup banyak juga ya dana belanja orang Indonesia. 

Kalau kamu adalah salah satu orang yang sangat menunggu promo akhir tahun seperti Harbolnas dan ingin pergi liburan di akhir tahun, ada baiknya kamu mengatur dengan baik keuangan kamu. Karena kalau tidak diatur, pengeluaran kamu bisa membengkak hingga 40% lho!

Bagaimana cara mengalokasikan keuangannya? 

Nah, dengan membuat pos-pos pengeluaran seperti gambar di atas, niscaya kamu tidak akan boncos atau membengkak ketika akhir tahun, karena kamu tetap mempunyai dana kebutuhan sehari-hari dan utang di bulan ini sudah aman terkendali.

Lain hal bila kamu tidak mempunyai utang atau utang yang dibayarkan kurang dari 30% pemasukan yang kamu terima. Kamu bisa menambahkannya ke shopping akhir tahun atau dana liburan akhir tahun.Namun, bila bujet shopping dan liburan ternyata masih membengkak, kamu bisa mengurangi pos pengeluaran yang lain atau memanfaatkan cicilan bunga rendah dari Kredivo untuk belanja dan beli tiket pesawat atau booking hotel agar arus kas bulanan tetap terjaga. Selamat mencoba, Kredipal!

Share this article