transaksi non tunai - Kredivo

5 Alasan Mengapa Transaksi Non-Tunai Lebih Baik Daripada Transaksi Tunai

Walaupun pilihan transaksi non-tunai sudah banyak tersedia di Indonesia, namun nyatanya uang tunai (kertas dan logam) masih menjadi pilihan pertama di masyarakat sebagai alat transaksi sehari-hari. Kebanyakan orang masih memilih uang tunai karena bisa digunakan secara langsung tanpa bantuan alat apapun. Uang tunai biasanya dipergunakan untuk transaksi yang relatif kecil seperti membayar parkir atau membeli kebutuhan di gerai mini market. Namun bagaimana dengan transaksi bernilai tinggi?

Di era digital seperti sekarang ini, dan dengan menjamurnya bisnis ecommerce di Indonesia, banyak transaksi tidak dapat lagi dilakukan secara tunai. Metode pembayaran seperti kartu debit, kartu kredit, e-money, pembayaran online maupun kredit online akhirnya menjadi pilihan. Sebelumnya, banyak orang tidak percaya pada metode pembayaran ini karena alasan keamanan, kenyamanan, serta prosesnya yang relatif lebih panjang dan rumit. Namun sekarang, seiring berkembangnya teknologi produk finansial, banyak orang justru berpindah ke transaksi non-tunai karena dianggap memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan transaksi tunai.

Lalu mengapa transaksi non-tunai lebih menguntungkan? Simak penjelasannya dibawah ini:

Transaksi non-tunai lebih aman

Dengan mobilitas kita yang semakin lama semakin tinggi, membawa uang tunai untuk setiap transaksi jelas bukan pilihan yang bijak. Membawa uang tunai dengan jumlah besar saat bepergian sangat berbahaya. Uang tunai sangat rawan pencurian dan susah untuk dilacak. Sedangkan untuk transaksi non-tunai, seperti ATM dan aplikasi smartphone, pengguna wajib memasukkan password yang hanya diketahui oleh si pemilik akun.

Transaksi non-tunai lebih higienis

Non-tunai jelas lebih higienis dibandingkan dengan uang tunai. Bayangkan berapa banyak bakteri yang terdapat di uang tunai yang sudah berpindah-pindah tangan. Jika kita tidak rajin mencuci tangan, bisa-bisa menjadi sumber penyakit. Sedangkan transaksi menggunakan kartu maupun online, kita tidak perlu lagi memegang uang tunai.

Transaksi non-tunai lebih banyak pilihan

Baca Juga:  Beli Pulsa Hingga Bayar Tagihan Makin Mudah Pakai Aplikasi Sepulsa dengan Kredivo

Non-tunai sekarang ini memiliki lebih banyak pilihan. Contohnya seperti kartu debit, kartu kredit, pembayaran online, ataupun kredit online. Kamu bisa pilih mana yang lebih cocok untuk kebutuhanmu, mana yang paling aman dan nyaman untuk digunakan saat bertransaksi. Yang paling penting, harus sesuai dengan kemampuan kantong kita.

Transaksi non-tunai bisa mengurangi peredaran uang palsu

Peredaran uang palsu memang cukup meresahkan. Namun kita bisa membantu pemerintah untuk mengurangi peredaran uang palsu dengan memilih transaksi non-tunai, terutama untuk jumlah yang besar. Pilihan transaksi non-tunai sendiri memang sudah menjadi himbauan BI (Bank Indonesia) ke masyarakat Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu karena mata uangnya tidak dapat dipalsukan.

Transaksi non-tunai banyak menawarkan promo

Nah, ini dia salah satu kelebihan transaksi non-tunai yang paling menarik. Biasanya kartu kredit dan kredit online menawarkan banyak promo diskon untuk bertransaksi di restaurant, maskapai penerbangan, atau toko-toko tertentu. Lumayan kan, kamu bisa menikmati promo untuk bertransaksi di merchant khusus.

Itu dia 5 alasan mengapa non-tunai lebih baik daripada tunai. Lebih banyak kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan kan? Sekarang saatnya kamu pilih transaksi non-tunai yang cocok dengan kebutuhan dan gaya berbelanjamu. Jangan lupa untuk pelajari cara kerjanya dengan seksama ya!

Coba berbagai keuntungan dari transaksi non-tunai dengan menggunakan Kredivo. Download aplikasinya di sini.

Share this article

One thought on “5 Alasan Mengapa Transaksi Non-Tunai Lebih Baik Daripada Transaksi Tunai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *