Riset Menunjukkan Bahwa Main Video Game Bagus untuk Kesehatan Mental

Semenjak pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia pada awal tahun 2020 kemarin, rumah menjadi titik sentral kegiatan sehari-hari bagi banyak orang. Banyak sekali kegiatan-kegiatan baru di rumah saja yang jarang dilakukan orang sebelumnya, mulai dari bercocok tanam, memelihara ikan cupang, bermain saham, hingga bermain video game.

Memang, bermain video game bukanlah salah satu kegiatan baru, namun banyak sekali orang yang bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk bermain video game ketika pandemi menyerang Indonesia. Faktanya, dilansir dari Kompas, Lembaga riset pasar IDC memperkirakan industri game mengalami kenaikan pendapatan sebesar 20 persen pada 2020. Durasi orang bermain game di rumah pun meningkat selama pandemi, entah bermain game konsol, PC, atau game mobile di smartphone. 

Tak hanya untuk mengisi waktu luang, bermain game juga disebut dapat menghilangkan rasa stres atau kejenuhan bagi beberapa orang. Namun seperti apa dampaknya terhadap kesehatan mental sang pemain?

Diteliti oleh Ilmuwan Oxford

Dilansir dari Vice, ilmuwan Oxford mendapatkan hasil riset yang positif dari bermain game pada kesejahteraan pemainnya. Ini merupakan studi pertama yang mengamati data waktu bermain aktual. Para peneliti menganalisis dua game populer yakni Plants vs Zombies: Battle for Neighborville dan Animal Crossing: New Horizons

Setelah mengumpulkan sebanyak 3.274 peserta, peneliti meminta mereka untuk mengisi survei yang nantinya “menentukan kesejahteraan pemain, permainan yang dilaporkan sendiri dan pengalaman penuh motivasi selama bermain.”

Hasilnya tidak mengejutkan dan sudah dirasakan orang banyak. Video game bisa membuat seseorang lebih bahagia. Perasaan yang muncul selama bermain game cenderung bersifat positif. Selain itu, para pemain merasakan koneksi sosial yang lebih dalam.

Harus Tetap Dalam Batas Wajar

Walaupun sudah ada penelitian bahwa bermain game bagus untuk kesehatan mental, tetap saja durasi bermain game harus diatur agar tidak menimbulkan permasalahan yang lain. Apalagi sekarang kamu bisa beli voucher game dengan cara yang mudah di aplikasi Kredivo. Tinggal klik menu voucher game, pilih voucher game yang kamu inginkan, lalu kamu bayar dengan pay later 30 hari yang bunganya 0%. Mudah sekali bukan? Ini tutorialnya:

Baca Juga:  Prediksi Tren Smartphone pada Tahun 2020

Ditambah lagi sekarang Kredivo sedang ada promo cicilan 0% Kredivo, khusus tenor 3 & 6 bulan, hingga 1 Mei nanti yang bisa kamu gunakan untuk membeli gadget, PC maupun game console idaman. Kemudahan dan penawaran menarik ini bukan berarti membuat kamu menjadi terus bermain game tanpa batas waktu, tapi untuk mendukung kamu agar bisa lebih tetap terhibur dan lepas dari penat.

Sebab, jika kamu bermain game berlebihan tanpa beristirahat juga bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan, misalnya gangguan penglihatan akibat terlalu sering menatap layar PC maupun gadget. 

Jadi, riset ini bukan menjadi dalih bagi semua orang untuk bermain game tanpa ingat waktu. Jangan lupa juga untuk beristirahat dan bersosialisasi juga, ya!

Share this article