Tipe-Tipe Teman yang Hobi Pinjam Uang

Pernah gak kamu mengalami hal ini? Tiba-tiba saja dihubungi teman lama dengan basa-basi menanyakan kabar lalu ujung-ujungnya meminjam uang. Jangan kaget Kredipal, kejadian ini memang sering terjadi di pertemanan ketika dewasa. Berbagai macam alasan yang dikeluarkan oleh para peminjam uang memang terkadang unik. Ada yang bilang punya kebutuhan mendesak, ada pula yang berjanji pas gajian akan dibayar kembali.

Alasan apapun terutama untuk kebutuhan mendesak memang sangat bisa diterima untuk meminjam uang ke orang lain atau ke lembaga keuangan. Tapi alasan mangkir atau lalai dalam membayar utang, sangat tidak bisa diterima. Agar kamu terhindar dari mangkirnya orang yang membayar utang, berikut tipe-tipe peminjam uang dan cara menghadapinya.

Si Hedon yang Tidak Baik Hati

Tipe peminjam uang yang satu ini memang lucu, karena ia meminjam uang dengan tujuan memenuhi gaya hidupnya yang bisa dibilang tinggi dan mewah. Memang terkadang tipe peminjam hedon ini suka membayar utang dengan tepat waktu.

Namun, tidak jarang juga yang mangkir dalam membayar utang, tetapi masih giat upload Instagram Story dan hangout di tempat-tempat fancy. Jengkel rasanya bila berada di situasi ini.

Lalu bagaimana cara menghadapi tipe peminjam uang seperti ini? Cukup rumit Kredipal, harus extra sabar menghadapinya. Apalagi kalau dia memberikan beribu alasan yang mengundang simpati. Jangan luluh dulu, selalu ingatkan kalau utang adalah kewajiban yang harus dihadapi.

Si Pelupa

Namanya juga si pelupa, memang harus selalu diingatkan. Namun anehnya, hanya soal utang saja yang lupa, coba kamu tanya soal gosip atau film yang lagi happening saat ini. Dijamin dia gak bakalan lupa!

Bila kamu berhadapan dengan tipe peminjam uang seperti ini, solusinya adalah jangan pantang menyerah. Kalau si peminjam uang konsisten lupa dengan utangnya, kamu juga harus lebih konsisten menagih utangnya, Kredipal!

Si Pengalih Pembicaraan

Ini adalah peminjam uang yang paling cerdas dalam masalah ‘ngeles’. Terkadang, ketika tujuan kamu datang ke orang ini adalah untuk menagih utang, bisa-bisa pembicaraan kita dialihkan ke gosip hangat selebritis atau tiba-tiba ngobrolin hobi yang tiba-tiba bisa sama.

Nah, untuk menghadapi peminjam uang yang pintar ngomong ini adalah dengan fokus dan konsentrasi. Siapkan waktu khusus, dan langsung ajak bicara dengan serius soal utangnya yang belum juga dibayar.

Si Inisiatif

Nah, kalau peminjam uang seperti ini patut diacungi jempol karena tanpa diingatkan saja ia akan ingat dengan utangnya dan membayar kewajibannya dengan tepat waktu. Jadi, tidak perlu khawatir kalau meminjamkan uang kepada tipe pengutang seperti ini. Kita juga tidak perlu merasa bersalah atau merasa jadi seperti debt collector.

Si Cerdas

Kalau tipe peminjam uang yang satu ini, adalah tipe peminjam yang patut menjadi panutan, karena ia tidak perlu repot-repot meminjam uang ke teman. Tipe ini sudah menyadari bila memanfaatkan kemajuan teknologi dengan cara mendaftar diri ke fintech atau layanan keuangan digital yang telah terdaftar di OJK, ia bisa mendapatkan pinjaman uang bunga rendah dengan instan, kapan saja dan dimana saja dengan aman.

Pakai Kredivo aja, kamu gak perlu repot-repot lagi meminjam uang ke teman, karena Kredivo menyediakan layanan pay later yang akan dibayarkan 30 hari setelah transaksi dilakukan dan kredit digital dengan tenor 3/6/12 bulan yang bisa digunakan di lebih dari 250 e-commerce. Ada juga pinjaman tunai dengan tenor 30 hari hingga 6 bulan.

Jadi, jadilah si cerdas dan si inisiatif jika meminjam uang. Dengan menggunakan layanan kredit Kredivo, kebutuhan mendadak seperti mengganti laptop atau membeli spare part motor bisa kamu dapatkan di berbagai e-commerce pilihan. Kamu juga harus selalu inisiatif untuk tepat waktu membayar kewajiban kredit kamu. Dengan ini, kamu bisa tetap memanfaatkan kredit tanpa terjerat masalah keuangan.

Share this article