iphone 13

iPhone 13 Resmi Dirilis, Berikut Spesifikasi dan Prediksi Harga di Indonesia

Pada tanggal 15 September kemarin, Apple telah melaksanakan agenda tahunannya, yaitu Apple event 2021. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam acara ini Apple memperkenalkan produk barunya, yaitu iPad 2021, iPad Mini, Apple Watch, dan yang paling ramai iPhone 13.

Dalam konferensi pers, CEO Apple, Tim Cook, dirasa jumawa dan sombong sekali memperkenalkan produk-produk terbarunya yang sudah dipasang chipset terbaru buatan Apple yang diklaim memiliki performa 50 persen lebih cepat dibandingkan smartphone yang dikeluarkan kompetitornya.

Namun, netizen dunia memandang berbeda, karena desain yang dikeluarkan oleh Apple hampir tidak ada bedanya dengan iPhone-iPhone sebelumnya, hanya kamera pada iPhone 13 yang dipasang vertikal, sampai-sampai banyak sekali meme yang beredar di media sosial.

Spesifikasi iPhone 13

Memang, dari segi fisik, iPhone 13 hampir tidak ada bedanya dengan iPhone 12. Bahkan, iPhone juga mengeluarkan 4 tipe yang sama, yaitu iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. Hanya sedikit sekali perbedaan, iPhone 13 “reguler” memiliki poni alias notch lebih kecil 20 persen dibandingkan iPhone 12. Sisanya sama saja, masih dengan ukuran layar 6,1 inci dan frame aluminium dengan pinggiran menyiku yang tegas ala iPhone 12.

Namun, dapur pacu iPhone 13 sudah menggunakan chipset terbarunya yang digadang-gadang sangat cepat, yaitu chipset A15 Bionic. Selain itu, iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max memiliki fitur ProMotion Display yang memungkinkan layar mengatur refresh rate mulai dari 10 Hz hingga 120 Hz secara dinamis, sesuai konten yang ditampilkan di layar. Selain itu, keempat iPhone 13 ini juga memiliki layar yang mengadopsi panel Super Retina XDR Display yang diklaim lebih terang dari generasi sebelumnya.

Baca Juga:  Gaya Hidup Tinggi Bikin Boros? Simak Tips Smart Ini Agar Bisa Hemat 

Peningkatan performa lainnya yang ada di iPhone 13 adalah kamera. Kamera Ultra Wide-nya diklaim menawarkan detail dan warna hitam lebih dalam terhadap foto yang diambil. Sementara kamera Wide-nya meng-capture 47 persen cahaya lebih baik dibanding iPhone 12. Kamera belakangnya punya spesifikasi 12 MP Wide f/1.6 dan 12 MP ultra wide f/2.4 aperture dengan 120° field of view.

Prediksi Harga

Sayangnya, di Indonesia belum ada pengumuman mengenai kapan kedatangan gadget baru Apple ini. Harga iPhone 13 di Indonesia pun belum diketahui. Namun, Konsumen di Singapura juga bisa melakukan pre-order mulai 17 September 2021 dan tersedia di toko pada 24 September 2021. 

iPhone 13 Mini

Namun, dilansir dari Liputan6, harga iPhone 13 sama dengan harga iPhone 12 pada awal rilis pada September 2020. iPhone 12 mini yang keluar tahun lalu di Indonesia, dibanderol dengan harga Rp12,9 juta, dan harga ini lebih mahal dibandingkan dengan harga di Singapura. Jadi, diperkirakan iPhone 13 Mini dibanderol dengan harga mulai dari Rp13 jutaan di Indonesia.

iPhone 13 

Pada awal kedatangan iPhone 12, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp14,999 juta. Melihat harga iPhone di Singapura juga tidak berbeda, mungkin di Indonesia iPhone 13 versi paling murah akan dibanderol dengan harga mulai dari Rp15 jutaan.

iPhone 13 Pro

Lalu pada iPhone 13 Pro, sama seperti lainnya, kemungkinan iPhone 13 Pro yang paling murah, mengikuti harga iPhone 12 Pro tahun lalu ketika tiba di Indonesia, yaitu mulai dari Rp18,499 juta.

​​iPhone 13 Pro Max

Nah, yang terakhir adalah iPhone keluaran yang paling canggih, tangguh, dan kapasitas baterai, serta memori yang paling besar. Pada tahun lalu, iPhone 12 Pro Max dibanderol dengan harga Rp20,5 jutaan. Prediksinya, iPhone 13 Pro Max versi paling rendah juga akan dibanderol dengan harga yang sama, ketika masuk di Indonesia.

Baca Juga:  Mau Jalan-Jalan ke Luar Negeri? Siapkan 4 Hal Ini Agar Makin Happy

Memang, iPhone memiliki nilai yang begitu prestisius untuk para penggunanya. Bahkan, tidak sedikit orang yang tidak memikirkan harga yang dipasang oleh Apple. Ketika ada keluaran terbaru, langsung berbondong-bondong berburu produk tersebut. 

Namun, jika kamu ingin memiliki iPhone keluaran terbaru dan merasa harganya sangat merogoh kocek, lebih baik gunakan Kredivo saja. Kredivo sudah bekerja sama dengan iBox, Erafone, Digimap, atau kamu bisa mencari toko online yang sudah tepercaya di Tokopedia, Lazada, JD.ID dan ribuan merchant lainnya.

Bunga rendah 2,6% per bulan buat cicilan 6 bulan dan 12 bulan, kamu bisa dapetin iPhone 13 ini tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, menguras tabungan, atau kayak meme yang lagi ramai saat ini, beli iPhone 13 ada metode pembayaran pakai ginjal~

Yang penting, jangan cuma gagah-gagahan saja, ya kalau membeli barang. Apalagi jika barang tersebut terkesan mahal dan kamu menggunakan metode kredit untuk mendapatkannya. Jika memang kebutuhan kamu berada pada iPhone 13, gunakan metode kredit dengan bijak agar barang yang kamu dapatkan menjadi barang yang produktif! 

Share this article