Youtube Finansial

5 Channel Youtube Ini Membahas Seputar Keuangan di Umur 20an

Setiap orang memang memiliki jalan yang berbeda-beda ketika masuk umur 20-an. Ada yang sudah bekerja, ada yang masih fokus kuliah, ada yang sudah berbisnis, sampe ada yang masih ngarepin balikan sama si doi (hehe, ini jangan ditiru ya). Namun, di memasuki usia 20-an, hal yang cukup tabu, yang dirasakan oleh para muda-mudi ini adalah literasi keuangan.

Hayo, jempolnya jangan cuma scrolling Tiktok sampai-sampai kemanapun kamu pergi selalu ingat sound Yamekudasi yang lagi viral itu. Cobalah sekali-kali nonton yang berfaedah bagi diri sendiri, karena sudah ada beberapa Youtube channel yang membahas seputar finansial di umur 20an.

Tidak bisa dimungkiri, banyak dari kita tak memiliki bekal pengetahuan yang cukup tentang literasi keuangan, sehingga beberapa kali kebingungan untuk mengatur keuangan di usia muda. Oleh karena itu, biar kamu lebih bisa mengatur keuangan di masa muda, Kredimin punya rekomendasi 5 channel Youtube, yang membahas seputar keuangan di umur 20an. Langsung aja cekidot!

1. Samuel & Claudia

Melalui videonya yang berjudul “5 Kesalahan Finansial Kami di Usia 20an” Samuel & Claudia cukup jujur untuk membuktikan bahwa betapa pentingnya literasi keuangan sedini mungkin. Sepasang suami istri yang babymoon-nya ke paris, serta sudah melunasi KPR di usia muda saja, merasa masih ada kesalahan finansial yang mereka lakukan pada usia 20-an.

Meski berbicara soal keuangan, Samuel & Claudia cukup baik menyampaikan pesannya, tidak menggurui, tetapi lebih ke story telling, sehingga kamu bisa lebih mudah mencerna apa yang dibicarakan. Topik yang dibahas pada channel ini seputar kesalahan finansial di usia 20-an, hidup hemat di usia 20-an, melunasi KPR di usia muda, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  7 Kesalahan Fatal dalam Berkredit yang Sebaiknya Dihindari

2. Fany Sebayang

Hampir serupa dengan Samuel & Claudia, Fany Sebayang juga memberikan tips seputar keuangan untuk anak muda umur 20-an. Ia juga beberapa kali menceritakan bagaimana ia mengatur keuangan di masa mudanya dulu, ketika ia merantau ke Jakarta, sehingga bagi kamu para perantau bisa tahu bagaimana Fany Sebayang mengatur keuangannya saat itu.

Namun, saat ini Fany Sebayang menganut hidup minimalis. Jadi, bagi Anda yang sedang berniat, atau sudah menganut gaya hidup ini, Fany Sebayang cukup membagikan berbagai macam insight bagaimana mengatur keuangan jika menganut gaya hidup ini.

3. Keke Genio

Teruntuk kamu para mahasiswa, atau fresh graduate yang ingin mendapatkan tambahan pendapatan, serta bagaimana pengelolaannya yang baik, video-video dari channel Youtube Keke Genio cocok Anda tonton. Sebab, Keke Genio sendiri juga seorang freelancer yang cukup berpengalaman, sehingga ia mampu membagikan pengalamannya ke orang lain.

Beberapa konten video seputar keuangan yang ia buat, di antaranya terkait financial planning untuk gaji di bawah 10 juta, lalu terkait budgeting, tips mencari penghasilan tambahan, berhemat, dan lain sebagainya. Bahkan, Keke Genio tak segan-segan untuk mengajak orang lain yang lebih kompeten untuk menjelaskan seputar perencanaan keuangan, sehingga kamu pun bisa lebih paham.

4. Fellexandro Ruby

Konten-konten tentang literasi keuangan yang diangkat oleh Fellexandro Ruby memang lebih berat dibandingkan dengan yang lainnya. Namun, ia bisa mengemas topik yang dibicarakan dengan lebih menarik dan mudah dimengerti.

Konten-konten video yang ia buat antaranya tentang menarik seseorang untuk menabung dan investasi, 5 hal yang perlu diketahui pada usia 20-an, hingga mengatur keuangan dengan pemasukan di bawah 10 juta. Well, beberapa hal itu kerap jadi kebingungan anak muda, bukan? Selain keuangan, Fellexandro Ruby juga banyak membahas soal karier, bisnis, dan produktivitas.

Baca Juga:  Yang Katanya Cinta Bola, Udah Tau 5 Fakta Piala Dunia Ini Belum?

5. Strawberryonthecake 

Yang terakhir ada Strawberryonthecake. Melihat namanya, mungkin kalian kira ini adalah channel Youtube tentang membuat kue, atau tentang masak memasak. Nyatanya, Strawberryonthecake membuat konten tentang keuangan yang berbeda dari yang lain. 

Salah satu video yang paling banyak dibagikan, tentang mengatur keuangan sehabis gajian dengan metode sinking fund atau saluran dana yang wajib masuk daftar perencanaan keuangan. Cara yang dipakai lebih sederhana dan tradisional dibanding video-video sebelumnya. Meski begitu, cara ini masih cocok untuk diterapkan untuk anak muda, khususnya bagi kamu pemula dan suka kreativitas.

Itulah rekomendasi 5 channel Youtube yang bisa kamu saksikan, agar masa muda kamu tidak hanya cinta-cintaan, dan rebahan saja. Lebih seru lagi, kalau nonton channel Youtube demi menimba ilmu keuangan, demi kebaikan di masa depan,tanpa keganggu iklan pakai Youtube premium, yang bisa kamu beli di aplikasi Kredivo.

Semoga bermanfaat, Kredipal!

Share this article