Keuntungan Cashless dan Kenapa Kamu Harus coba Cashless Sekarang Juga

Perkembangan teknologi saat ini memang bisa membuat hidup semakin praktis. Termasuk juga untuk urusan pembayaran. Yap, teknologi yang kian canggih telah mengubah gaya hidup bertransaksi masyarakat Indonesia.

10 tahun lalu, mungkin kamu akan merasa aneh ketika tidak memegang uang tunai seharian. Tapi kini, hampir semua orang mulai terbiasa bertransaksi non tunai dengan teknologi pembayaran digital. Kamu yang masuk ke dalam kategori tersebut, bisa dibilang telah menjadi bagian dari cashless society.

Studi mengenai tren cashless

Sederhananya, cashless merupakan kegiatan pembayaran yang dilakukan secara non-tunai, melalui media berbentuk kartu, maupun aplikasi. Menurut penelitian oleh Visa yang dilakukan terhadap 4000 responden mulai dari usia 18 tahun, 76% masyarakat Indonesia menyatakan mereka merasa percaya diri dapat hidup tanpa uang tunai selama 24 jam.

Penelitian ini juga menyatakan bahwa 61% merasa lebih aman menggunakan kartu pembayaran daripada harus membawa uang tunai. Lalu, sebanyak 85% responden telah melakukan pembayaran digital menggunakan ponsel cerdas untuk berbagai kebutuhan, seperti berbelanja, memesan taksi dan membayar makanan di restoran.

Studi tersebut juga menyatakan bahwa perkembangan teknologi dan inovasi telah mendorong konsumen Indonesia untuk lebih sering menggunakan pembayaran elektronik dalam kehidupan sehari-hari daripada bertransaksi secara tunai.

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi cashless

Mungkin saat ini tren cashless belum sepenuhnya dilakukan oleh semua orang. Namun suatu hari nanti, pembayaran cashless sangat mungkin menggantikan transaksi pembayaran uang fisik.

Nah, untuk kamu yang masih khawatir dan ragu untuk beralih menjadi cashless, berikut segudang keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

Transaksi selesai hanya dengan beberapa klik

Dengan pembayaran cashless, semua semakin mudah dan praktis. Kalau dulu kamu harus pergi ke bank untuk mentransfer uang, kini semua bisa dilakukan melalui smartphone. Begitu pula ketika belanja online. Selesai pilih barang, kamu tinggal klik dan klik, lalu transaksi pun selesai.

Begitu juga dengan transaksi kredit. Beberapa tahun lalu, mungkin kamu harus mengikuti prosedur yang panjang untuk meminjam uang. Proses tersebu tentu menguras waktu dan tenaga. Tapi sekarang, transaksi pinjam meminjam bisa dilakukan melalui smartphone. Bahkan di Kredivo, hanya butuh beberapa menit untuk mendapatkan pinjaman uang!

Banyak promo yang bikin makin hemat

Baca Juga:  Rekomendasi Bisnis Untuk Kalian yang Hobi Belanja & Traveling

Biasanya, perusahaan keuangan digital bekerja sama dengan sejumlah merchant. Salah satu bentuk kerja samanya bisa berupa diskon atau promo. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan harga lebih murah dibandingkan ketika membelinya dengan tunai. Kredivo, adalah salah satu yang bekerja sama dengan banyak merchant untuk memberikan harga khusus bagi para Kredipal. Selain lebih praktis, kamu juga bisa lebih hemat!

Aman dari risiko kejahatan

Pernah merasa was-was ketika membawa uang tunai dalam jumlah besar? Kini kamu nggak perlu lagi merasakan hal tersebut! Seperti kata hasil penelitian di atas,  61% responden merasa lebih aman menggunakan kartu pembayaran daripada harus membawa uang tunai.

Lebih mudah memantau dan mengatur pengeluaran

Untuk kamu yang sering lupa sudah mengeluarkan uang untuk apa saja, menjadi cashless adalah jawaban yang tepat untukmu. Sebab, semua rekam jejak transaksimu akan dicatat oleh sistem. Misalnya di Kredivo, semua transaksi, hingga cicilan yang tersisa, akan terdapat dalam aplikasi. Dengan begitu, kamu bisa semakin mudah memantau dan mengatur pengeluaran. Jadi, nggak ada lagi alasan keuangan bocor karena lupa dicatat!

Banyak sekali kan manfaat yang bisa didapatkan dengan menjadi cashless? Jadi, sudah siap menjadi cashless society bersama Kredivo?

Share this article