Punya Bisnis Online? Ini 3 Tips Penting agar Bisa Cepat Maju

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi di era globalisasi, kesempatan seseorang untuk menjadi seorang pebisnis atau membuka usaha sendiri pun semakin besar. Hal ini disebabkan karena tersedianya layanan bisnis online yang sudah banyak digunakan dan diminati oleh banyak orang. Alasan utamanya adalah karena menjalankan bisnis online tergolong lebih praktis dan mudah dibandingkan bisnis konvensional.

Jenis bisnis online bermacam-macam, mulai dari menjual berbagai barang lewat berbagai situs e-commerce, sampai menjual jasa seperti penerjemah, penulis, atau pembuatan website. Beberapa jenis bisnis tersebut dulunya cukup sulit dilakukan karena keterbatasan teknologi.

Sekarang membangun bisnis online mudah dilakukan cukup dengan modal pinjaman online atau simpanan yang tidak terlalu besar. Bagi kamu yang baru merintis atau sudah memiliki bisnis online, perlu disadari bahwa persaingannya akan semakin ketat di masa depan. Hal ini disebabkan karena tuntutan masyarakat akan barang, jasa, atau layanan yang semakin tinggi. Sebagai pelaku bisnis, kita perlu pintar-pintar mengelola bisnis dengan baik agar mampu tetap eksis di masyarakat.

Agar bisnis online kamu bisa lebih maju, berikut beberapa tips sederhana yang mungkin lupa kamu lakukan.

  1. Dengarkan feedback dari Konsumen

Tips pertama adalah untuk selalu ingat mendengarkan berbagai masukan atau ulasan dari konsumen tentang bisnis kamu.

Sebuah bisnis yang bagus adalah bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan penggunanya dengan baik dan sesuai dengan ekspektasi. Untuk bisa menghasilkan hal tersebut, tentunya tidak lepas dari inovasi dan perbaikan layanan, jasa, atau barang yang terus menerus dilakukan.

Hal ini tidak bisa dilakukan apabila kamu kurang atau jarang memperhatikan masukan dari  konsumen kamu. Dengan mengumpulkan berbagai feedback dari konsumen, kamu akan bisa lebih cepat mengidentifikasi hal-hal apa yang perlu diperbaiki dan dikembangkan untuk bisnis online mu di masa depan.

Baca Juga:  5 Cara Mudah Mendapatkan Kredit di Keadaan Mendesak

Apapun jenis bisnis online yang kamu lakukan, selalu ingat untuk memperhatikan berbagai masukan yang diberikan. Baik atau buruk, apapun feedback yang kamu dapat bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas bisnis di masa depan.

  1. Bangun dan Jaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Mirip dengan tips pertama, kamu juga perlu membangun dan menjaga hubungan baik dengan semua konsumen setiap saat.

Konsumen atau pembeli adalah teman sekaligus raja. Kamu tentu ingin selalu membangun dan menjaga hubungan baik dengan mereka setiap saat. Sederhananya, perlakukan konsumen kamu layaknya teman dengan membalas setiap masukan dan ulasan yang mereka berikan. Tapi perlakukan juga mereka seperti raja dengan berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dalam setiap saat.

Hubungan yang baik ini tentunya akan membantu kamu di masa depan nanti.Apabila kamu memperhatikan kebutuhan konsumen, mereka akan lebih nyaman menggunakan layanan yang kamu tawarkan. Sedangkan apabila kamu selalu konsisten memberikan layanan yang baik, tentu mereka akan senantiasa kembali dan menjadi pelanggan tetap dari layanan bisnis online kamu.

  1. Utamakan Keamanan dan Kecepatan

Tips ketiga adalah memastikan semua proses dan layanan yang diberikan aman dan jauh dari penipuan.

Kepercayaan adalah modal utama agar bisnis online kamu bisa lebih sukses. Dengan menyediakan layanan yang aman, tentu konsumen akan merasa tenang dan tidak ragu untuk menggunakannya. Bahkan, cobalah mengutamakan hal ini terlebih dahulu sebelum dua tips diatas yang dilakukan.

Cara paling mudah adalah memberikan asuransi atau jaminan garansi pada bisnis kamu. Bentuknya bisa bermacam-macam seperti garansi pengiriman, pembelian, atau pengembalian barang. Tentunya hal ini bisa mengurangi keraguan para calon konsumen baru untuk membeli barang atau jasa yang kamu tawarkan.

Baca Juga:  7 Bisnis Sampingan Ini Bisa Hasilkan Uang Tambahan untuk Mahasiswa

Konsumen menyukai kepastian, jadi sebisa mungkin pastikan layanan bisnis online yang kamu miliki tetap aman dan terjaga setiap saat.

Konsisten Berikan Layanan yang Terbaik dan Profesional

Seperti layaknya bisnis konvensional, kamu perlu secara konsisten untuk memberikan layanan yang terbaik dan profesional setiap saat. Berikan barang atau layanan terbaik yang kamu berikan agar konsumen tetap nyaman dan setia.

Jangan lupa juga agar tetap melakukannya secara profesional dengan melibatkan banyak pihak yang bisa membantu perkembangan bisnis online tersebut. Lakukan terus inovasi dan perbaikan layanan agar di masa depan bisa terus bertahan dan memenuhi kebutuhan yang semakin berubah. Semoga Bermanfaat!

Artikel ini merupakan kerjasama Kredivo & Cermati

Share this article