3 Kriteria Tempat Kerja yang Harus Diperhatikan Biar Lebih Betah Bekerja

Untuk memenuhi kebutuhan hidup yang terus meningkat setiap hari, mencari pekerjaan adalah hal umum yang dilakukan oleh banyak orang. Mendapatkan pemasukan untuk bisa menghidupi diri sendiri, orang tua, atau keluarga tentu menjadi prioritas dan alasan utama mengapa kita bekerja. Terlebih lagi, untuk kamu para fresh graduate yang baru saja lulus dan menapaki dunia karyawan. Welcome to the working life!

Bekerja di perusahaan dengan gaji yang besar merupakan dambaan setiap orang, ibarat ada jaminan masa depan indah dengan pemasukan tinggi, dan hal ini bisa membuatmu lebih betah atau lama bekerja. Namun jangan salah, ada juga situasi dimana pekerjaan bergaji besar tetapi tempat kerja yang tidak nyaman, hal ini bisa membuat stress bila diteruskan dalam jangka panjang.

Situasinya mungkin di satu sisi, gaji yang ditawarkan sudah cukup tetapi di sisi lain, kita juga perlu memikirkan apakah tempat kerja yang kita pilih cukup nyaman dan memiliki lingkungan serta fasilitas yang memadai. Memiliki tempat kerja yang nyaman terkadang menjadi salah satu alasan mengapa orang betah berlama-lama bekerja di suatu perusahaan dibandingkan gaji yang besar.

Memang memilih tempat kerja yang cocok ini terkadang cukup sulit karena terkadang tidak semua yang kita harapkan bisa terpenuhi. Tapi, sebisa mungkin cobalah pertimbangkan minimal 1 atau 2 dari  beberapa kriteria tempat kerja berikut ini supaya kamu lebih awet dan produktif dalam bekerja.

  1. Berada di Lokasi yang Tepat

Pertimbangan pertama, Carilah kantor atau perusahaan yang letaknya tidak jauh dari tempat tinggal karena bisa menghemat waktu dan ongkos perjalanan.

Sudah bukan rahasia lagi apabila kemacetan menjadi salah satu masalah utama di berbagai daerah perkotaan. Kamu tidak ingin menghabiskan separuh waktumu tiap hari di jalanan bukan? Apabila sesekali tentu tidak apa-apa. Tetapi kalau hampir setiap hari? Bisa-bisa kamu stress duluan sebelum sampai di kantor dan sebaliknya.

Baca Juga:  Jadi Pengusaha Sukses Itu Susah! Makanya Hindari 3 Kebiasaan Buruk Berikut Ini

Pertimbangkanlah memilih tempat kerja yang letaknya tidak jauh dari tempat tinggalmu. Selain menghemat waktu perjalanan, kamu juga bisa memangkas biaya transportasi karena jaraknya lebih dekat. Namun apabila kamu tetap diterima di tempat kerja yang jaraknya cukup jauh, prioritaskan di daerah yang memiliki akses transportasi umum yang memadai.

Sehingga, walaupun jaraknya jauh, kamu masih tetap bisa menikmati perjalanan dengan nyaman tanpa kesulitan mengakses tempat tersebut. Naik kendaraan umum juga bisa menghemat ongkos perjalananmu tiap bulan kan? Mencari tempat kerja yang dekat adalah salah satu faktor utama agar kamu bisa bertahan dalam waktu yang lama.

  1. Menawarkan Kompensasi yang Masuk Akal

Pertimbangan kedua, carilah perusahaan yang “perduli” pada karyawannya dengan memberikan berbagai kompensasi yang menguntungkan.

Sebisa mungkin carilah perusahaan yang memberikan jaminan atau kompensasi yang baik untuk kamu. Umumnya perusahaan yang baik akan memberikan  asuransi kesehatan atau jaminan pensiun kepada karyawannya lewat BPJS Ketenagakerjaan. Untuk jaminan kesehatan, hal ini juga meliputi berbagai benefit lain seperti perawatan gigi, persalinan, atau pembelian kacamata.

Untuk jaminan pensiun biasanya perusahaan akan membayarkan uang jaminan pensiun ini tiap bulan dari gaji kamu. Dan hasilnya, bisa kamu ambil apabila sudah bekerja dalam waktu yang cukup lama sebelum kamu keluar.

  1. Menyediakan Makan Siang dan Penggantian Ongkos Transportasi

Pertimbangkanlah juga bergabung di perusahaan yang menyediakan makan siang atau snack gratis untuk para karyawannya. Selain bisa menghemat uang makan, kamu juga bisa tetap kenyang dan nyaman selama bekerja disana tanpa harus repot-repot keluar mencari makan. Sekarang ini, sudah banyak perusahaan startup di Indonesia yang memberikan fasilitas tersebut kepada karyawannya seperti di luar negeri jadi kamu tidak perlu khawatir.

Baca Juga:  Jenis Profesi untuk Fresh Graduate yang Bisa Dicoba Biar Dapat Banyak Pengalaman

Tidak lupa juga, carilah perusahaan yang memberikan penggantian uang transport kepada para karyawannya. Biasanya penggantian uang transport ini bisa dalam bentuk pengisian e-money setiap bulan atau memberikan voucher taksi yang bisa digunakan. Bila perlu, ada juga perusahaan yang memberikan kendaraan dinas kepada para karyawannya sebagai bentuk fasilitas yang bisa digunakan.

Tidak ada Tempat Kerja yang Sempurna

Tempat kerja yang ideal memang sifatnya subyektif, tapi cobalah untuk bisa memaklumi beberapa hal yang mungkin tidak begitu sesuai dengan ekspektasimu. Apabila kamu sudah bisa memenuhi 1 dari 3 hal diatas, anggap saja tempat tersebut sudah cukup ideal. Yang terpenting, carilah tempat kerja yang sedekat mungkin sesuai dengan kriteria yang diinginkan sehingga kamu bisa lebih awet bekerja di sana. Salam sukses!

Artikel ini merupakan kerjasama Kredivo & Cermati

Share this article