3 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Bikin Irit Namun Sering Dilupakan

Mengelola keuangan dengan baik adalah hal yang cukup sulit bagi sebagian besar masyarakat. Tentunya hal ini tidak lepas dari pengaruh gaya hidup dan perbedaan prinsip yang berbeda untuk masing-masing individu. Untuk kamu yang sudah memasuki dunia kerja, melakukan perencanaan keuangan dengan efektif dan memperbesar angka tabungan terkadang menjadi tantangan tersendiri lantaran tingkat kebutuhan yang semakin bertambah.

Salah satu faktor yang mempengaruhi boros atau tidaknya seseorang adalah dari gaya hidup dan pola makan yang tidak tepat. Mengembangkan pola hidup sehat ternyata berhubungan erat dengan kesehatan keuanganmu. Dengan menerapkan gaya dan pola makan yang sehat, keuanganmu bisa lebih terjaga dan Kamu juga bisa lebih menikmati hidup.

Seperti yang kita ketahui, apabila Kamu terkena penyakit tentu uang yang harus dikeluarkan untuk berobat tentu saja tidak bisa dibilang sedikit. Walaupun penyakitnya tidak terlalu parah sekalipun, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?. Uang yang harus dikeluarkan untuk berobat ini alangkah baiknya bisa digunakan untuk keperluan lain seperti bayar cicilan pinjaman atau kartu kredit kan?

Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa tips sederhana tentang gaya hidup sehat yang bisa kamu terapkan agar keuanganmu bisa makin irit:

  1. Bawa Bekal Makanan Sendiri dari Rumah

Membawa bekal makanan sendiri dari rumah selain lebih hemat juga lebih terjamin kebersihannya. Lebih baik mengorbankan sedikit waktu di malam atau pagi hari untuk menyiapkan sarapan dan makan siang.

Terlihat sederhana memang, tapi masih banyak orang yang masih belum bisa konsisten menyiapkan bekal sendiri untuk makan siang saat bekerja. Mengorbankan sedikit waktu di pagi hari untuk membuat bekal makan siang sendiri bisa membuat uang yang kamu keluarkan berkurang jauh dibandingkan membeli makan di luar setiap hari.

Baca Juga:  Yuk, Dulang Cuan dengan Berbisnis Merchandise K-Pop

Selain lebih irit, tentu saja makanan yang dibuat sendiri di rumah akan lebih higienis dan bergizi. Hal ini dikarenakan kamu tahu bahan-bahan apa yang dipakai dan bagaimana proses makanan tersebut dibuat. Makanan yang lebih sehat akan menjauhkanmu dari berbagai macam penyakit. Apabila memang kamu masih ingin makan di luar, tidak apa melakukannya sesekali, tapi coba imbangi dengan olahraga yang rutin.

  1. Kurangi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang enak, namun cobalah kurangi konsumsi makanan-makan tersebut. Apabila berlebihan akan berdampak buruk terhadap kesehatan dan keuanganmu.

Menikmati ayam goreng crispy atau hamburger tentu saja nikmat dan bisa didapatkan dengan cepat. Namun, apabila terlalu sering dikonsumsi tentu saja akan berdampakk buruk pada kesehatanmu.  Jumlah kalori yang tinggi adalah salah satu penyebab utama obesitas dan penyakit. Makanan cepat saji memang berhubungan erat dengan penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, dan diabetes apabila dikonsumsi berlebihan.

Selain tidak sehat, harga makanan cepat saji ini juga jauh dari harga murah. Secara umum, harga makanan cepat saji ini bisa bervariasi mulai dari 25 ribu rupiah sampai dengan 100 ribu rupiah terutama di kota-kota besar. Tentu saja hal ini akan membuat kamu lebih boros dan jauh dari kata irit. Sebisa mungkin jauhi makanan cepat saji, namun jika memang kamu ingin makan sesekali tidak apa-apa. Batasi konsumsinya 1 kali seminggu atau mungkin 2 kali dalam sebulan agar lebih sehat dan hemat.

  1. Tingkatkan Porsi Olahraga

Berolahraga secara rutin bisa membuat kamu jauh dari penyakit dan hemat. Luangkan sebagian waktu kamu tiap hari untuk berolahraga.

Agar bisa selalu rutin berolahraga, kamu harus memaksakan diri untuk melakukan hal tersebut. Tanpa paksaan dan niat tentu hal ini bisa menjadi sulit untuk dilakukan. Segala hal yang perlu kamu lakukan agar lebih sehat termasuk olahraga harus diimbangi dengan willpower untuk melakukan hal tersebut. Meluangkan waktu untuk olahraga itu bisa setiap hari, masalahnya adalah apakah kamu mau meluangkan waktu untuk itu.

Baca Juga:  Puas Liburan Akhir Tahun Meski Bujet Minim dan Waktu Mepet, Ini 5 Rahasianya

Paksakan diri kamu untuk berolahraga agar bisa dilakukan. Lebih baik meluangkan waktu 15 menit tiap hari untuk berolahraga daripada tidak sama sekali.

Mulai Lakukan dengan Konsisten dan Baik

Untuk melakukan hal-hal sederhana tersebut perlu dilakukan langkah pertama yang biasanya sulit dilakukan. Gunakan niat sebagai motivasi untuk memulai hidup sehat dan mulai lakukan sekarang juga. Tanpa niat semua tidak akan berjalan dengan baik dan konsisten. Mulai dengan langkah kecil dan lakukan dengan konsisten selamat mencoba.

Share this article