4 Cara Ampuh Supaya Kamu Makin Lancar Bayar Tagihan Kredivo

Kredivo memang hadir untuk memudahkan urusan finansial masyarakat Indonesia. Baik itu untuk kepraktisan transaksi, hingga mempersingkat proses pemberian akses kredit. Namun, Kredipal juga harus ingat untuk menggunakan layanan Kredivo secara bijak. 

Termasuk dalam hal membayar tagihan. Apabila kamu lalai dalam hal ini, bisa-bisa tagihan menumpuk dan kamu malah terlilit utang. Tentu kamu gak mau kan mengalaminya? Untuk itu, di dalam artikel ini, KrediTeam punya tips untuk para Kredipal, supaya kamu gak kelabakan dan makin lancar bayar tagihan Kredivo!

Pastikan penggunaan Kredivo-mu lebih kecil dari penghasilan

Sebelum bertransaksi atau mengajukan pinjaman di Kredivo, biasakan untuk mengukur kemampuan finansialmu terlebih dahulu. Supaya gampang, gunakan rumus 30% seperti yang disarankan oleh para perencana keuangan. Hitung seluruh tagihan (tagihan Kredivo, cicilan kendaraan, KPR, dan lainnya), dan pastikan jumlahnya tak melebihi 30% dari penghasilan bulananmu. Apabila lebih dari itu, maka tunda dulu niat untuk mengajukan pinjaman baru, dan lunasi terlebih dahulu utang-utang tersebut.

Sesuaikan tenor cicilan dengan kondisi keuanganmu 

Kredivo memiliki opsi tenor hingga 12 bulan dengan bunga sebesar 2,95% per bulan. Kamu bisa memilih tenor sesuai dengan kondisi keuanganmu. Jika kamu memilih tenor pendek, jumlah total tagihan yang dibayar tentu menjadi lebih sedikit. Namun cicilan yang dibayarkan per bulannya menjadi lebih besar. Sedangkan tenor panjang, kamu harus membayar bunga lebih banyak. Namun cicilan per bulannya menjadi lebih ringan.

Bayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo

Ketika telat membayar tagihan, kamu akan dikenakan denda sebesar 6% dan bunga 4% per 30 hari. Belum lagi riwayat kreditmu pun akan tercatat buruk. Untuk itu, penting sekali membayar tagihan Kredivo sebelum jatuh tempo. Jangan sampai lupa, apalagi sekarang kamu tak perlu repot-repot mencatat tanggal jatuh tempo, karena semua bisa dilihat di aplikasi Kredivo-mu. 

Sisihkan dana untuk bayar tagihan Kredivo setiap gajian

Banyak orang yang menunda untuk membayar tagihan lantaran gak mempersiapkan dana untuk hal ini sebelumnya. Gaji bulanan yang didapatkan digunakan untuk pengeluaran lain. Akhirnya, yang terjadi adalah telat bayar dan terkena denda. Untuk menghindari denda langsung alokasikan gajimu untuk pos pengeluaran bayar tagihan. Selain bebas denda, kamu tentunya akan merasa lebih lega. 

Itu dia tips dari KrediTeam. Semoga para Kredipal jauh dari denda dan selalu lancar dalam membayar tagihan-tagihan Kredivo ya. Selamat menggunakan Kredivo dengan bijak ya!

Share this article