Semangat Kerja Menurun di Awal Minggu? Coba Lakukan 3 Hal Ini

Memulai karir sebagai seorang karyawan adalah hal yang umum dilakukan sebagai seorang pribadi dewasa. Memasuki usia di atas 21 tahun, banyak dari kita yang sudah memiliki pekerjaan sendiri di sebuah perusahaan atau bahan sudah berkarir selama beberapa tahun. Mendapatkan gaji untuk membiayai kebutuhan hidup dan menabung untuk masa depan rasanya menjadi alasan utama kita terjun ke dunia kerja.

Memiliki pekerjaan dengan penghasilan yang stabil tentu saja baik, namun apabila tidak disertai motivasi kerja yang cukup tentu kita akan sungkan melakukannya. Hal ini tentu saja bisa terjadi pada siapapun bahkan yang sudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat. Ada kalanya kita merasa kurang bersemangat bekerja di awal minggu.

Hal ini cukup wajar karena masih terbawa suasana weekend yang santai yang terkadang membuat fokus kita belum terkumpul saat kembali bekerja di kantor. Banyak yang menyebut ini sebagai “monday sickness” dimana penyakit ini muncul lantaran motivasi kerja yang menurun drastis di awal minggu.

Untuk mengatasi hal ini, berikut adalah beberapa hal yang bisa dicoba biar lebih semangat bekerja.

Atur Rencana di Malam Sebelumnya

Bekerja di awal minggu tentu saja cukup berat apabila tidak ada tujuan jangka pendek yang ditetapkan sebelumnya. Buatlah rencana bersama teman atau keluarga sepulang kerja sehingga kamu bisa lebih semangat karena ada tujuan yang ingin dicapai saat pulang.

Mengatur rencana saat pulang kerja mungkin bisa jadi solusi biar lebih semangat bekerja di awal minggu. Rencanakan berbagai event kecil seperti makan-makan atau menonton bioskop bersama teman-teman kantor agar kamu lebih semangat saat siang hari. Menyusun rencana saat malam ini perlu dilakukan di hari sebelumnya supaya jadwal dan pesertanya bisa dipastikan.

Baca Juga:  3 Gejala Umum yang Menandakan Kamu Harus Segera Resign dari Pekerjaanmu

Bekerja dengan iming-iming hangout saat malam tentu bisa membuat dirimu lebih rajin bukan?

Tambah Asupan Kafein di Pagi Hari

Untuk kamu yang sulit fokus di pagi hari saat hari kerja, ada baiknya kamu membuat atau meminum kopi terlebih dahulu sebelum bekerja. Asupan kafein ke dalam tubuh dalam jumlah yang tepat bisa meningkatkan fokus dan mencegah kantuk saat bekerja.

Mungkin ada saatnya dimana kamu merasa sulit fokus untuk bekerja di awal minggu, bagi pecinta kopi tentu hal ini tidak menjadi kendala. Karena dengan segelas kopi, bermanfaat meningkatkan tingkat konsentrasimu saat bekerja. Asupan kafein ini bisa saja didapatkan dari kopi yang dibuat sendiri atau bisa dibeli di coffee shop atau cafe terdekat dari tempat kerja.

Apabila ingin berhemat, tentu saja bisa memilih untuk membuat kopi sendiri bukan? Bila perlu datanglah ke kantor lebih pagi bersama teman-teman kantormu dan adakan acara minum kopi atau sarapan bersama agar lebih semangat memulai hari kerja. Sebagai alternatifnya, bisa juga membuat teh sebagai pengganti kopi apabila kamu tidak suka atau tidak bisa minum kopi.

Yang terpenting tingkatkan asupan kafein dan cari teman untuk berbicara agar menjadi lebih semangat. Banyak orang yang kurang semangat di pagi hari, jadi kamu tidak perlu khawatir tidak punya teman ngobrol saat minum kopi atau teh.

Jangan Lupa Bersyukur

Apabila kamu mulai tidak semangat kerja atau menggerutu saat masuk kerja, ingatlah bahwa masih banyak orang di luar sana yang belum memiliki pekerjaan. Kamu perlu bersyukur karena masih bisa bekerja daripada jadi pengangguran.

Walaupun gaji yang kamu terima belum terlalu besar, jangan jadikan hal tersebut alasanmu kurang semangat bekerja di awal minggu. Di luar sana banyak orang yang mungkin saja memimpikan pekerjaanmu sekarang ini. Banyak orang yang rela berganti tempat menghadapi kemacetan tiap hari demi mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga:  Jadi Pengusaha Sukses Itu Susah! Makanya Hindari 3 Kebiasaan Buruk Berikut Ini

Bersyukurlah bila sudah bisa membiayai orang tua atau diri sendiri karena sudah mendapatkan pekerjaan yang layak. Bersyukurlah bila kamu bisa membayar tagihan pinjaman atau cicilan kartu kreditmu setiap bulan tanpa bantuan dari orang tua.

Dibandingkan hanya jadi pengangguran di rumah, lebih baik mendapatkan pergaulan dan teman baru di kantor bukan? Mungkin tanpa kamu sadari, bekerja juga bisa membuat hidupmu lebih teratur karena harus bangun pagi setiap hari dan memiliki tujuan dalam Hidup.

Jadikan hal ini sebagai penyemangat hari kerjamu ketika dirimu merasa malas dan bersyukurlah masih bisa bekerja dan menghasilkan uang dari keringat sendiri

Ingat Tujuan dan Alasan  Kamu Bekerja

Agar kamu bisa tetap semangat bekerja, coba ingat-ingat alasan pertama kali saat dirimu ingin bekerja. Jadikan hal tersebut sebagai motivasi kerjamu dikala malas di awal Minggu. Pikirkan juga hal-hal baik yang lain yang bisa membuatmu semangat bekerja seperti mendengarkan musik, atau mungkin ingin bertemu gebetan yang sekantor denganmu. Yang terpenting coba temukan alasan sederhana yang bisa membuatmu semangat. Selamat Bekerja!

 

Share this article