penipuan kredivo

5 Macam Penipuan yang Mengatasnamakan Kredivo, yang Wajib Kamu Waspadai

Makin ke sini, penipu makin pintar sekali mengelabui banyak orang untuk kepentingan pribadi. Sebut saja penelepon asing yang memberitahu bahwa kita menang undian dari bank atau perusahaan makanan, sudah lebih jauh lagi, kini penipuan sudah merambah ke sosial media hingga email pribadi.

Jika penipuan yang mengatasnamakan Kredivo, pasti si penipu menawarkan layanan-layanan upgrade akun, menaikkan limit kredit, atau mengambil pinjaman tunai dari akun Kredivo kamu, tetapi melalui mereka, bukan dari aplikasi resmi Kredivo.

Biar kamu tetap #AmanPakaiKredivo, kamu harus tahu berbagai macam bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kredivo. Apa saja itu? Mari simak ulasan berikut.

Nomor Whatsapp atau Nomor Telepon Palsu

Sudah pasti Whatsapp atau telepon palsu customer service Kredivo menjadi media utama para penipu untuk melancarkan aksinya. Jika kamu tiba-tiba dihubungi oleh nomor yang tidak dikenal untuk melakukan pembayaran, dimintai data atau iming-iming lainnya, sebaiknya hati-hati.

Cobalah untuk menghubungi customer service Kredivo yang asli melalui chat di aplikasi, atau hubungi ke support@kredivo.com, media sosial Kredivo yang bercentang biru, atau ke nomor 0807-1-573348.

Link untuk Isi Data Diri

Patut diingat, data diri mengenai akun Kredivo kamu itu bersifat sangat rahasia. Mulai dari nomor handphone, PIN, OTP, jawaban pertanyaan keamanan, nomor KTP, atau nama ibu kandungmu. 

Jangan pernah memberikan ini ke teman, keluarga, apalagi orang yang tidak dikenal, agar menghindari kemungkinan pencurian identitas. Pelaku dapat mendaftar untuk mendapatkan pinjaman menggunakan data-data pribadimu dan kamu yang akan ditagih oleh Kredivo.  

Penipuan Kredivo via DM Sosial Media

Kalau kamu follow Kredivo di Instagram, Facebook atau Twitter, pasti ada saja akun Kredivo bodong yang tiba-tiba menawarkan kenaikan limit, upgrade ke Premium, hingga membantu mendaftarkan giveaway dari Kredivo.

Baca Juga:  7 Fakta Seputar Perjalanan Kredivo di Tahun 2017

Memang meresahkan, Kredivo pun setiap harinya memerangkan akun-akun bodong ini, tetapi akun bodong tetap saja terus muncul. Oleh karena itu, daripada meladeni akun seperti ini, lebih baik bantu Kredimin dengan cara report dan block akun tersebut, ya Kredipal!

E-mail Double Transfer

Ada juga modus para penipu yang berupa-pura menjadi customer service Kredivo, lalu meminta nasabah untuk mengembalikan dana pinjaman tunai yang sudah didapatkan, dengan alasan pihak Kredivo melakukan kesalahan transfer atau double transfer ke nasabah tersebut.

Kalau kamu berada dalam situasi ini, patut diingat bahwa Kredivo tidak pernah meminta pengguna untuk transfer kembali dana pinjaman tunai yang sudah dikirimkan dengan alasan apapun. 

Jadi, tetap tenang, ya Kredipal. Yang paling penting jangan memberikan informasi apapun ke penipu dan tinggalkan para penipu tersebut.

Iming-iming Menang Kuis

Memenangkan kuis merupakan hal yang menggembirakan. Para oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan momentum ini untuk mengelabui para korbannya, yaitu dengan cara memberi tahu para peserta kuis bahwa ia memenangkan kuis tersebut, lalu mengambil data-data pribadi, dan menyalahgunakan data tersebut.

Penipu biasanya beraksi melalui pesan dari Instagram, Facebook, TikTok atau Twitter, bahkan ada juga penipu yang menelpon untuk mengiming-imingi kamu menjadi pemenang kuis yang diadakan oleh akun resmi Kredivo.

Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk terus update postingan akun sosial media Kredivo yang bercentang biru untuk menemukan informasi yang akurat tentang kuis atau giveaway yang berjalan.

Seperti itulah kira-kira 5 macam penipuan yang mengatasnamakan Kredivo. Selalu hati-hati ya, Kredipal! Jika ada hal yang mencurigakan, langsung saja hubungi akun resmi Kredivo di:

Baca Juga:  Terima Kasih 2016 yang Luar Biasa!
Share this article