semester baru

Dear Parents: Berikut 4 Hal yang Harus Kamu Siapkan untuk Menyambut Semester Baru

Libur panjang memasuki tahun ajaran baru merupakan hari-hari yang menyenangkan bagi anak. Namun, ketika liburan itu berakhir, ada anak-anak yang merasa rindu dengan sekolah, tetapi tidak sedikit juga yang tidak ingin liburan itu berakhir.

Tidak hanya anak saja, ketika menyambut semester atau tahun ajaran baru orang tua juga memiliki peran penting untuk membantu, serta menyemangati anak.

Oleh karena itu, ada beberapa tips untuk persiapan menyambut semester baru, dari Kredimin untuk kalian para orang tua.

1. Evaluasi Hasil Semester Tahun Lalu

Para orang tua harus sadar, bahwa nilai rapor dan segala macam kelakuan tindak tanduk anak kita sendiri yang disampaikan pada guru, adalah hal yang harus dievaluasi bersama anak, bukan hanya dimarahi karena kelakuan atau nilai yang buruk saja.

Apabila tahun lalu anak kurang pada pelajaran matematika, atau olahraga, maka bicarakanlah kepada anak, dan lakukan pendekatan yang baik. Misalnya, memberi reward apabila nilai matematikanya naik, dan lain sebagainya.

2. Membeli Kebutuhan Alat Sekolah

Nah, jangan sampai lupa untuk membeli peralatan sekolah, seperti seragam sekolah, dasi, sepatu, alat tulis, hingga buku tulis. Belanja kebutuhan sekolah makin hemat kalau kamu pakai Kredivo, karena lagi ada promo Back to School.

Kamu bisa menikmati diskon hingga Rp500 ribu di Gramedia, Hartono, BliBli Instore, OPPO, JD.ID, hingga Optik Melawai, untuk membeli berbagai kebutuhan sekolah anak dengan hemat, tanpa harus mengganggu arus kas bulanan.

3. Menanyakan Apa Saja yang Harus Dibawa Saat Sekolah

Beberapa hari yang lalu sedang ramai postingan dari @eldidito tentang anak yang lupa dengan barang yang harus dibawa keesokan hari ketika masuk sekolah. Nah, jangan sampai kamu lupa bertanya, buar nggak kerepotan mencari barang atau sesuatu yang harus anak bawa ketika masuk sekolah pada malam hari.

Baca Juga:  Warga +62 Pasti Setuju kalau 3 Hal Berikut Lebih Menyeramkan Dibanding Halloween

4. Menyiapkan Aplikasi Belajar

Aplikasi belajar seperti Ruangguru adalah alternatif belajar yang cocok untuk mendalami pelajaran anak di sekolah. Apalagi kalau anak mendapatkan nilai yang kurang baik di semester atau tahun ajaran yang lalu.

Apabila kamu sedang berencana untuk menyiapkan aplikasi belajar anak, ada diskon spesial dari Kredivo di Ruangguru. Kamu bisa menikmati diskon Rp50 ribu untuk tenor 3 bulan, 6 bulan maupun 12 bulan.

Hemat dan #Sefleksibelitu kan, kalau pakai Kredivo?

5. Perketat Disiplin 

Hal terakhir yang patut diperhatikan saat menyambut semester baru adalah kedisiplinan. Sebagaimana kamu tahu, ketika liburan tiba jam tidur anak menjadi lebih fleksibel dibandingkan sebelumnya. Belum lagi kebiasaan menonton atau bermain game menjadi lebih sering dilakukan.

Oleh karena itu, saat sudah mulai masuk sekolah, cobalah untuk terapkan disiplin yang lebih ketat lagi, agar anak tidak susah bangun pagi, dan pikiran tidak teralihkan oleh kebiasaan menonton atau bermain game seperti waktu liburan kemarin. 

Seperti itulah beberapa tips untuk para orang tua agar anak bisa menyambut semester atau awal tahun ajaran sekolah dengan baik. Selamat mencoba!

Share this article