belanja online - Kredivo

5 Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

Di era internet seperti sekarang ini, belanja online sudah jadi kebiasaan banyak orang. Ditambah lagi semakin banyak pilihan toko online yang menawarkan beragam kategori produk mulai dari gadget, elektronik, fashion, perabotan rumah tangga hingga bahan makanan. Cukup dengan duduk manis di depan laptop maupun telepon pintar, kamu bisa window shopping dan juga membandingkan harga di satu toko dengan toko lainnya.

Namun semua kemudahan ini tetap ada sisi negatifnya. Walaupun kebanyakan toko online dapat dipercaya, tapi masih ada saja sebagian kecil yang tega melakukan penipuan. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu berhati-hati sebelum melakukan transaksi. Berikut ini adalah 5 tips agar tidak tertipu saat belanja online dari KrediTeam:

  1. Cari toko online yang terpercaya

Setelah mencari toko online yang menjual produk sesuai yang diinginkan, pastikan kamu melakukan cek dan ricek mengenai toko online tersebut. Caranya dengan membaca testimonial dari pelanggan sebelumnya, bertanya kepada teman atau kenalan yang pernah bertransaksi disana dan cek kebenaran alamat kantor toko online yang bersangkutan.

  1. Waspadalah dengan promo yang terlalu berlebihan

Siapa sih yang ga suka diskon-an? Namun kamu tetap wajib waspada dengan promo diskon yang sepertinya terlalu berlebihan. Cari tahu harga pasaran untuk produk yang ingin dibeli. Jika harga yang ditawarkan salah satu toko online terlalu rendah, ada kemungkinan itu adalah bentuk penipuan.

  1. Baca kebijakan pengembalian yang dimiliki toko online

Sebelum membeli barang yang diinginkan, coba cek dulu kebijakan pengembalian dari toko online yang bersangkutan. Misalnya kebijakan pengembalian jika barang diterima dalam keadaan rusak atau tidak sesuai dengan yang dipesan. Kamu bisa menemukan kebijakan tersebut di halaman web si penjual.

  1. Hati-hati memberikan data pribadi
Baca Juga:  Bagaimana Opsi Pembayaran Kredit Dapat Meningkatkan Transaksi Pelanggan

Dalam memberikan data pribadi untuk bertransaksi online, ada hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu yaitu pastikan data pribadi yang kamu berikan di-enkripsi. Bagaimana cara mengetahuinya? Contohnya, baca kebijakan toko online tersebut mengenai data pribadi pembeli atau periksa halaman websitenya. Halaman web yang di-enkripsi adalah yang berawalan “https” bukan “http”.

  1. Pilih metode pembayaran yang paling aman

Nah ini dia yang paling penting. Untuk menghindari adanya penipuan, pilihlah metode pembayaran yang menurut kamu lebih aman. Contohnya metode bayar di tempat (COD) ataupun menggunakan metode pembayaran dalam 30 hari atau cicilan Kredivo, dimana kamu akan menerima terlebih dahulu barang yang dipesan sebelum membayar dan tidak perlu memberikan data pribadi.

Nah, itu dia tips agar kamu tidak tertipu saat belanja online. Sebenarnya cukup gampang kok untuk mengetahui apakah toko online tersebut aman atau tidak. Kamu cuma butuh sedikit ketelitian sebelum melakukan transaksi. Semoga tips tadi bermanfaat dan kamu bisa menikmati pengalaman belanja online yang menyenangkan.

 

Share this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *