tips atur keuangan - Kredivo

Sudahkah Kamu Mengalokasikan Keuangan Bulananmu?

Apakah kamu sering lupa kemana saja seluruh pendapatan bulananmu dihabiskan? Atau pernah mengalami kejadian dimana gajimu habis di tengah bulan? Itu artinya kamu belum membuat rencana alokasi keuanganmu. Padahal hal ini sangat penting loh.

Dengan mengalokasikan pendapatanmu setiap bulan, kamu bisa menghindari resiko terbelit hutang dan menghindari pengeluaran-pengeluaran tidak penting, yang sebenarnya bisa dijadikan dana investasi jangka panjang. Langkah yang harus kamu lakukan cukup mudah, yaitu melacak terlebih dahulu total pendapatan bersih per bulan dari berbagai sumber. Setelah totalnya didapatkan, kamu harus membuat prioritas apa saja yang memerlukan alokasi dana sesuai dengan proporsi yang tepat.

Lalu sebenarnya dana apa saja yang harus diprioritaskan dan berapa persentase-nya dari total pendapatanmu? Menurut James McHale, seorang perencana keuangan, yang terpenting dalam mengalokasikan keuangan adalah mempersiapkan 10% pendapatanmu di awal untuk ditabung.

Nah, Kredivo punya contoh pembagian keuangan bulanan yang ideal untuk kamu terapkan nih, Kredipal!

fb-919201-3


Dana kebutuhan sehari-hari

Untuk kebutuhan sehari-hari seperti biaya makan, transportasi serta tagihan listrik, air, telepon, & internet dan lain-lain, kamu harus mengalokasikan 40% dari pendapatanmu. Ini adalah dana dengan alokasi terbanyak.

Dana investasi

Berinvestasi sangat penting untuk masa depan. Idealnya dana investasi adalah sebesar 10% dari pendapatan bulananmu. Contoh investasi antara lain seperti reksadana, saham, dan lain-lain.

Dana tabungan

Walaupun sudah berinvestasi, kamu tetap membutuhkan tabungan. Gunanya selain untuk masa depan, juga bisa digunakan saat keadaan darurat seperti biaya rumah sakit dan lainnya. Siapkan 10% dari pendapatanmu untuk ditabung.

Dana pelunasan hutang

Dana untuk pembayaran tagihan kredit yang akan jatuh tempo mulai dari kartu kredit, cicilan rumah, hingga kendaraan seharusnya tidak lebih dari 30% pendapatan bulananmu.

Dana entertainment

Baca Juga:  5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Segera Daftar Akun Cicilan Kredivo

Yang terakhir, jangan lupakan dana untuk hiburan. Bagaimana pun kamu juga butuh jalan-jalan, nonton bioskop dan menjalankan hobi setelah lelah bekerja. Pastikan dana entertainment kamu tidak lebih dari 10% dari pendapatan bulanan.

Kredipal sudah dapat gambaran kan mengenai cara mengalokasi keuanganmu? Namun perlu diingat bahwa membuat catatan alokasi keuangan itu mudah, yang sulit adalah prakteknya. Kamu harus disiplin dan konsisten dalam menjalankannya. Dengan mengikuti saran di atas, semoga keuangan kamu jadi lebih sehat ya.

 

Share this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *