fasilitas kredit _ Kredivo

7 Kesalahan Fatal dalam Berkredit yang Sebaiknya Dihindari

Penggunaan kartu kredit kini seakan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban. Selain fleksibel dan praktis, kartu kredit memang sangat membantu untuk meringankan pembayaran dengan fitur cicilan. Ditambah saat ini banyak produk kartu kredit digital yang bermunculan dengan proses pengajuan yang lebih mudah. Masyarakat pun akhirnya semakin gampang menikmati fasilitas kredit untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Tentu bila digunakan secara bijak, fasilitas kredit memang sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Namun sayang, masih ada orang yang gelap mata ketika menggunakan fasilitas kredit sehingga membahayakan keuangan mereka sendiri. Bukannya untung, malah jadi buntung karena harus terlilit utang. Supaya kamu gak mengalami hal ini, simak baik-baik kesalahan yang sering dilakukan oleh para pengguna fasilitas kredit berikut.

Menunda pembayaran tagihan 

Banyak pengguna fasilitas kredit yang seringkali menunda pembayaran tagihan, baik karena lupa mencatat tanggal jatuh tempo, atau memang tidak mampu membayar sesuai tanggal tersebut. Akibatnya, tagihan pun akan semakin membengkak karena ada biaya denda yang harus dibayar. Hal ini juga bisa berujung pada riwayat kredit yang buruk dan nantinya menyulitkanmu untuk mendapatkan pinjaman. Untuk itu, jangan pernah menunda pembayaran tagihan fasilitas kreditmu!

Menjadikan fasilitas kredit sebagai uang tambahan

Menganggap fasilitas kredit sebagai uang tambahan adalah salah satu kesalahan yang sering terjadi. Akibat pandangan ini, banyak yang tidak disiplin untuk membayar tagihan. Kamu harus ingat bahwa seluruh fasilitas kredit merupakan alat bantu pembayaran, bukan pendapatan tambahan. Seluruh transaksi yang dilakukan harus dibayar pada bulan berikutnya.

Memiliki banyak kartu kredit dan kredit online

Banyak orang yang tergoda memiliki banyak kartu kredit dan akun kredit online karena promo yang diberikan. Padahal semakin banyak fasilitas kredit yang dimiliki, semakin sulit juga untuk mengontrol pengeluaran. Kamu perlu mengingat tanggal pelunasan masing-masing kartu kredit maupun kredit online supaya gak terlambat bayar. Maka dari itu, idealnya seseorang hanya perlu memiliki satu atau dua fasilitas kredit saja agar keuangan tetap terkontrol.

Melakukan tarik tunai

Baca Juga:  3 Tips Liburan Hemat dan Happy Tanpa Menguras Kantong

Melakukan tarik tunai pada kartu kredit layaknya menggunakan kartu debit merupakan sebuah kesalahan. Mungkin banyak orang yang melakukan hal ini ketika membutuhkan dana mendesak dan saldo tabungan tidak mencukupi. Tapi kamu wajib tahu bahwa penarikan uang tunai dengan kartu kredit akan dikenakan biaya disertai bunga sebesar 6%-10% untuk setiap penarikan. Untuk beberapa kredit online seperti Kredivo salah satunya, penarikan tunai merupakan tindakan ilegal yang berpotensi sebagai tindakan fraud. Jika kamu benar-benar membutuhkan uang tunai, sebisa mungkin gunakanlah kartu debit.

Membayar tagihan minimum

Membayar tagihan minimum alias minimum payment memang memberikan kesan lebih ringan karena pengguna boleh membayar jumlah cicilan minimumnya saja (sebesar 10% dari total tagihan). Padahal, tunggakan yang belum terbayar di bulan-bulan sebelumnya ditambah bunga akan membuat utang yang ditanggung semakin membengkak. Tak jarang orang yang keliru dan malah terjebak dalam lingkaran utang karena membayar dengan minimum payment. Oleh karena itu, sebisa mungkin lunasi seluruh tagihan bulananmu!

Pemakaian melebihi limit

Limit pada kartu kredit atau kredit online berguna untuk mengingatkanmu akan batas penggunaan sesuai kemampuan. Namun gak jarang pengguna fasilitas kredit yang mengalami over limit. Umumnya ketika kamu bertransaksi melebihi limit, perusahaan penerbit kredit akan langsung menolak transaksimu. Hal yang membuat kamu terkena over limit adalah karena terlalu sering membayar tagihan dengan jumlah minimum, sehingga bunga terus bertambah dan sisa saldo tagihan terutang semakin meningkat.

Meskipun penggunaan kreditmu masih di bawah batas kredit, kamu tetap berisiko mengalami over limit jika tagihan beserta bunga bulan-bulan sebelumnya belum dibayar lunas. Over limit biasanya terjadi pada penggunaan kartu kredit. Biaya yang dikenakan pun lumayan besar, penerbit kartu kredit mengenakan biaya over limit hingga 5% dari nominal kelebihan limit. Angka yang cukup besar kan?

Tidak mengontrol penggunaan fasilitas kredit

Baca Juga:  Mau Ajukan Pinjaman Uang Tunai Pribadi Secara Online? Ketahui Dulu Plus Minusnya

Berkat kemudahannya, banyak yang gak berpikir dua kali saat menggunakan fasilitas kredit. Akhirnya di akhir bulan, kamu dikejutkan dengan jumlah tagihan yang di luar perkiraan. Untuk itu, lakukan kontrol pada penggunaan kreditmu. Batasi jumlah kredit maksimum tiap bulannya, catat juga setiap pemakaian kredit setiap hari. Cek kembali laporan tagihan kreditmu untuk menghindari jumlah tagihan yang tidak sesuai penggunaan.

Kartu kredit dan kredit online memang menawarkan segudang keuntungan. Tapi bagai pisau bermata dua, fasilitas kredit juga bisa membahayakan jika tidak digunakan secara bijak. Sebagai pengguna, kamu harus pintar-pintar memakainya agar terhindar dari jeratan utang dan masalah finansial. Mau memanfaatkan fasilitas kredit tanpa proses yang ribet?

Download aplikasi Kredivo di sini sekarang! Prosesnya serba online, mudah, dan cepat! Mulai dari barang kebutuhan hingga barang impian, semua bisa dicicil melalui Kredivo.

Share this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *