kurban online _ Kredivo

Tabungan Belum Cukup, Gunakan Cara Ini Supaya Bisa Berkurban

Jangan khawatir kalau tabunganmu belum cukup untuk berkurban. Banyak lembaga yang memberikan fasilitas kurban online sekaligus pembelian secara kredit.

Bulan Agustus kali ini bukan hanya menjadi bulan yang spesial bagi masyarakat Indonesia, tapi juga bagi umat muslim di seluruh dunia. Pasalnya, perayaan Idul Adha yang diperingati pada 10 bulan Dzulhijjah jatuh pada tanggal 22 Agustus 2018 nanti. Dalam hari raya tersebut, terdapat tradisi memotong hewan seperti sapi, kerbau, atau kambing.

Di ajaran agama Islam, kurban sifatnya sunnah bagi mereka yang mampu, namun, bukan berarti hanya orang kaya yang bisa menyumbangkan kurban. Jika kamu belum punya cukup dana, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membeli hewan kurban. Meskipun waktunya cukup mepet dengan perayaan Idul Adha, keinginanmu untuk berkurban tetap bisa terwujud dengan cara berikut.

Patungan dengan anggota keluarga atau orang lain

Salah satu cara mudah supaya kamu tetap bisa berkurban tahun ini adalah dengan patungan, baik bersama anggota keluarga maupun dengan orang lain. Namun, sesuai aturan, kurban urunan hanya bisa dilakukan untuk hewan sapi dan unta, dengan jumlah peserta sebanyak tujuh orang. Misalnya harga seekor sapi Rp 25 juta, maka per orang bisa memberi dana sekitar Rp 3,5 juta. Nantinya, sapi yang dibeli akan diatasnamakan ketujuh orang tersebut.  Sedangkan untuk kurban berupa kambing, bisa saja dibeli secara urunan, namun kambing yang disembelih hanya bisa diatasnamakan satu orang. Solusinya, kamu bisa menghadiahkan atau menyedekahkan kambing tersebut untuk seseorang.

Gadaikan barang berharga

Menggadaikan barang berharga bisa menjadi solusi untuk siapapun yang membutuhkan dana cepat, tak terkecuali untuk kamu yang mau berkurban. Agar aman, pilih lembaga gadai yang sudah terjamin seperti Pegadaian. Barang yang bisa digadai bisa berupa barang elektronik, emas kepingan, berlian, atau BPKB motor dan mobil. Jika kamu punya tabungan emas mulia di Pegadaian, maka lebih menguntungkan lagi. Sebab, apabila tabunganmu sudah mencapai 5 gram, kamu bisa menukarkan emas tersebut dengan seekor kambing atau domba.

Kredit hewan kurban online

Baca Juga:  Apakah Kredivo Aman? Ini Kata Mereka yang Pernah Menggunakannya

Kini hewan kurban tak hanya bisa dibeli secara tunai, kamu juga bisa berkurban secara kredit. Kamu pun tak perlu lagi mendatangi langsung penjual hewan kurban, dan bisa bertransaksi secara online. Sebab, saat ini banyak lembaga amil zakat yang memberikan fasilitas kurban online sekaligus pembelian hewan secara kredit. Biasanya mereka bekerja sama dengan sejumlah e-commerce untuk memfasilitasi umat muslim yang mau membeli sekaligus mencicil hewan kurbannya secara online. Sejumlah e-commerce yang menawarkan fasilitas tersebut antara lain Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, JD.id, dan Elevenia.

Kebanyakan dari mereka bekerja sama dengan sejumlah lembaga seperti ACT Global Qurban, Rumah Zakat, BAZNAS, PKPU, Rumah Yatim, Dompet Dhuafa, dan lembaga lainnya untuk mengadakan fasilitas kurban online. Nantinya, hewan kurban tidak akan dikirimkan ke rumah, melainkan dipotong langsung di lokasi lembaga tersebut, dengan mengatasnamakan kamu sebagai pembeli. Masing-masing lembaga juga mendistribusikan hasil kurban dalam bentuk yang berbeda.

Ada yang membagikannya dalam bentuk daging kalengan, ada pula yang masih dalam bentuk daging segar. Umumnya hasil kurban akan didistribusikan ke wilayah tertinggal dan daerah rawan konflik, baik dalam negeri maupun luar negeri. Kemudian kamu akan menerima laporan pemotongan dan distribusi hewan kurban, serta mendapat sertifikat yang dikirimkan ke alamatmu.

Dengan terobosan tersebut, kini kamu bisa melaksanakan ibadah kurban meskipun penghasilan yang dikumpulkan masih belum mencukupi. Apalagi, semua e-commerce yang disebutkan di atas sudah bekerja sama dengan Kredivo, sehingga kamu tak perlu khawatir jika belum memiliki kartu kredit. Tak seperti kebanyakan pemberi fasilitas kredit lainnya yang mengenakan uang muka, atau biaya tambahan, kamu tidak akan dikenakan DP dan biaya apapun di Kredivo.

Masa cicilannya pun beragam, mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan, sehingga kamu bisa lebih fleksibel dalam menyesuaikan tenor dengan kondisi keuanganmu. Menariknya lagi, dalam waktu kurang dari 24 jam, pengajuan kreditmu bisa disetujui, jadi kamu tak akan kehilangan kesempatan untuk kredit kurban online. Tunggu apalagi? Yuk, segera pilih cara yang paling sesuai untuk kamu berkurban!  

Share this article