ayam geprek _ Kredivo

Bermodal Kurang dari Rp 20 Juta, Bisnis Ini Bisa Bikin Kaya Raya

Berikut 4 bisnis bermodal minim yang bisa membuatmu kaya raya!

Banyak hal yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis, mulai dari mendalami pengetahuan terhadap bidangnya, melihat peluang usaha tersebut untuk berkembang, hingga memperhitungkan risiko terburuk yang mungkin terjadi.  Bicara peluang, sebenarnya ada banyak peluang bisnis yang bisa dikembangkan untuk menjadi sebuah bisnis besar. Tak perlu bermodal besar, bahkan dengan bujet kurang dari Rp 20 juta, sudah banyak sekali peluang usaha yang bisa dilirik.

Tentu saja sebaiknya kamu memilih jenis usaha yang punya potensi untuk mendatangkan keuntungan besar. Untuk itu, berikut 4 bisnis bermodal kurang dari Rp 20 juta yang bisa membuatmu kaya raya!

Bisnis ayam geprek kekinian

Bisnis makanan memang tak ada matinya. Salah satu yang sedang tren belakangan adalah bisnis ayam geprek, olahan ayam yang dibalut tepung dan diberi topping cabai dengan berbagai pilihan level pedas. Banyak pecinta kuliner yang tertarik dengan keunikan penyajiannya, sehingga potensi keuntungan makanan ini pun besar. Mau mencoba peruntungan dengan berbisnis ayam geprek?

Modal awal yang dibutuhkan berupa peralatan masak dan bahan makanan. Peralatan masak seperti penggorengan, kompor gas dan lainnya bisa dibanderol Rp 2.000.000. Untuk bahan masakan, idealnya, satu ekor ayam bisa dijadikan 10 potong. Jika dalam satu hari kamu menyajikan 100 porsi, artinya per harinya kamu harus membeli 10 ekor ayam.

Dengan harga ayam negeri kurang lebih Rp 35.000 per ekornya, modal yang dikeluarkan adalah Rp 10.500.000. Tepung bumbu, cabai, minyak goreng, dan bawang untuk satu bulan bisa mencapai Rp 1.500.000. Apabila kamu menjual menu ayam geprek seharga Rp 20.000, maka dalam satu bulan kamu bisa mendapatkan omzet sebesar Rp 60.000.000. Angka yang fantastis kan?

Bisnis laundry kiloan

Laundry ada banyak jenisnya, tapi usaha laundry yang berkembang pesat adalah laundry kiloan. Sejumlah pelaku bisnis laundry kiloan mengungkapkan bahwa mereka hanya membutuhkan hitungan hari untuk membuat modal awalnya kembali, jadi tak heran jika bisnis ini banyak digeluti.

Untuk modal pertama, kira-kira kamu akan membutuhkan peralatan mulai dari mesin cuci dua tabung termasuk pengering dengan kapasitas 20 kg yang harganya sekitar Rp 1.500.000, setrika uap Rp 1.000.000, dan timbangan dengan kapasitas 30 kg seharga Rp 500.000. Sedangkan untuk peralatan pendukung seperti deterjen, pewangi, ember, sikat, dan gantungan baju sekitar Rp 1.500.000.

Kurang lebih, modal pertama yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 4.500.000. Keuntungan yang bisa didapatkan tergantung dari order yang mampu diterima. Tarif laundry kiloan sekitar Rp 8.000 per kg untuk pakaian biasa. Jika dalam satu hari kamu mampu menerima 20 kg pakaian, maka kamu bisa dapatkan Rp 160.000 per hari, dan Rp 4.800.000 per bulan. Keuntungan di atas baru berasal dari satu mesin cuci saja. Jika kamu menyiapkan mesin tambahan, maka semakin banyak kapasitas yang bisa ditampung, dan semakin banyak keuntunganmu nantinya.

Budidaya tanaman hidroponik

Cara bertani modern yang cukup populer belakangan adalah dengan metode hidroponik. Tidak menggunakan tanah, petani hidroponik bisa memanfaatkan media lain seperti pipa paralon sebagai tempat menanam. Kecuali tanaman yang berbatang besar, berbagai jenis tanaman bisa tumbuh melalui metode hidroponik. Contohnya buncis, pare, bayam, kangkung, dan tanaman sayur lainnya.  

Alat-alat yang dibutuhkan untuk memulai usaha hidroponik bisa dibeli dalam satu paket dengan kisaran harga Rp 4.000.000. Sedangkan untuk bahannya yang mencakup bibit dan pupuk, bisa disesuaikan dengan jumlah pot yang akan ditanam. Paket bibit dan pupuk untuk 20 pot biasanya dihargai mulai dari Rp 125.000.  

Berdasarkan penuturan para petani yang sudah berpengalaman, biaya produksi tanaman hidroponik seperti selada mencapai Rp 20.000 per kg. Meskipun terlihat mahal, harga jualnya juga setimpal. Di supermarket, selada dihargai Rp 35.000 per kilogram. Dari 1 kg selada, kamu bisa memperoleh untung sekitar Rp 15.000. Itu baru untuk volume 1 kg. Kalau kapasitas produksi tiap panen mencapai skala kuintal, bahkan ton per bulan, kamu bisa mendapat keuntungan hingga belasan juta per bulan hanya dari satu jenis tanaman.

Bisnis fotografi

Seiring dengan perkembangan dunia digital, bisnis fotografi juga ikut mengalami perkembangan pesat. Mulai dari kebutuhan untuk pemasaran perusahaan, hingga kebutuhan personal, hampir semua bidang membutuhkan jasa fotografi. Bisnis fotografi merupakan bisnis yang mengandalkan keahlian. Sebenarnya kamu bisa saja memanfaatkan kamera smartphone untuk melakoni bisnis ini, selama skill-mu memang mumpuni.

Namun untuk bisnis fotografi profesional, sebaiknya kamu membeli kamera profesional. Tak perlu yang terlalu mahal, kamu bisa memulai dengan kamera standard beserta peralatan pendukungnya yang kurang lebih berkisar Rp 15.000.000. Tenang saja, pendapatannya juga tidak sedikit. Untuk satu paket foto prewedding misalnya, kamu bisa mengenakan tarif mulai dari Rp 3.000.000. Coba saja hitung jika kamu mengabadikan momen lainnya!

Jangan khawatir terkendala modal, Kredivo bisa jadi jawaban!

Itu dia berbagai jenis bisnis bermodal minim yang bisa menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat. Sebelum menekuni bisnis, pastikan bahwa kamu benar-benar paham akan bidang yang digeluti. Terkendala dengan modal? Jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan pinjaman tunai dari Kredivo untuk bisa menambah modal bisnis. Bukan hanya bisa digunakan untuk kredit barang dan membayar kebutuhan, sekarang kamu juga bisa mencairkan limit yang diberikan dalam bentuk dana tunai.

Untuk mengajukan pinjaman tunai di Kredivo, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah terdaftar sebagai pengguna akun Cicilan Kredivo. Apabila sudah terdaftar, maka kamu bisa langsung mengajukan pinjaman tunai. Bunga yang dikenakan dalam layanan pinjaman tunai Kredivo mulai dari 0% per bulan atas besaran pinjaman. Jika dibandingkan dengan bunga pinjaman online lainnya yang bisa mencapai 1% per hari, bunga Kredivo adalah yang paling rendah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, daftar Kredivo dan mulai bangun kerajaan bisnismu sekarang juga!

Share this article