5 Cara Hemat yang Wajib Dicoba Milenial Biar Cepat Kaya

Hampir dapat dipastikan bahwa semua orang ingin hidup sehat sejahtera tanpa kekurangan suatu apapun. Tak heran jika menjadi kaya raya, hidup enak, serta mendapatkan sejumlah kemewahan kerap diimpikan banyak orang, termasuk generasi milenial.

Memang uang bukanlah segalanya, tapi realitanya banyak orang yang jadi kesusahan, tak mampu memenuhi kebutuhannya karena tak punya uang. Apalagi harga barang kebutuhan kian naik, inflasi juga naik, dolar sudah naik, tetapi pendapatan masih pas-pasan.

Kita tahu bahwa sejak dulu menabung uang sudah dijadikan tolok ukur penentu seberapa kaya seseorang. Semakin banyak uang ditabunganmu artinya semakin besar nilai kekayaan yang bisa digunakan untuk mewujudkan semua impianmu jadi kenyataan.

Nah gimana caranya supaya kamu bisa cepat kaya walau masih usia muda? Milenial tak perlu risau, ada beberapa strategi keuangan sederhana tapi praktis yang bisa diterapkan langsung agar uang tabunganmu bertambah dan bisa buat kamu kaya dimasa depan. Ini tipsnya:

  1. Hilangkan Pengeluaran Tak Penting

Hidup hemat merupakan cara terbaik bagi keuanganmu. Pastikan kamu bergaya sesuai kemampuan akan membuat masa depanmu terhindar dari masalah keuangan. Hapuskan saja pengeluaran yang tak penting, tak mendesak ataupun yang masih bisa ditunda.

Sebagai contoh, semisal kamu doyan makanan junk food, ngopi di café, merokok, atau melakukan kegiatan lain yang bukan saja menghabiskan uang tapi juga terhitung self-destructive.

Saatnya kamu coba kurangi kegiatan tersebut dan pangkas total. Lihatlah berapa banyak uang yang ternyata bisa kamu kumpulkan? Jika kebiasaan tidak sehat itu bisa dihilangkan, kamu bukan hanya bertambah sehat tapi juga lebih banyak menyimpan uang. Setuju?

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan

Jika mengurangi pengeluaran masih dirasa sulit, segeralah cari pendapatan tambahan. Entah itu pekerjaan paruh waktu (freelance) atau bisnis sampingan. Jika penghasilanmu sudah bertambah, ingatlah untuk tetap berhemat. Jauhi konsumerisme dan hedonisme, siapkah kamu?

Lakukan secara bertahap, coba pikirkan hal yang kamu suka dan caranya membuat hal tersebut menghasilkan uang? Contoh, hobi fotografi bisa jadi selebgram dan menghasilkan passive income, atau jualan jasa jadi freelancer fotografer. Lumayan, sembari melakakukan hobi, dapat juga uang tambahan.

  1. Tabung Uang Receh
Baca Juga:  Mindset Menabung yang Perlu Dikembangkan Agar Masa Depan Cerah

Uang receh dari kembalian belanja dan lainnya sebaiknya ditabung. Meski terlihat sepele, jangan sepelekan kekuatan uang receh ini karena tetap saja ia bernilai. Bahkan uang sebesar Rp1 M pun tak bisa dibilang sah satu miliar tanpa uang receh Rp100 perak.

Kamu bisa kumpulkan uang receh kembalian belanja dan lain sebagainya di toples dalam kamarmu. Misal, setiap hari menabungkan receh Rp1.000. Sebulan menjadi Rp30.000, setahun, jadi Rp360.000. Meskipun tak banyak, tapi uang sebesar itu bisa untuk banyak hal. Uang receh juga bisa untuk dana darurat.

  1. Pakai Fasilitas Auto-Deposit dari Bank

Bagi kamu yang masih khawatir uang simpanan di bank terpakai, memanfaatkan saja fasilitas auto-deposit bank yang tersedia. Fitur atau fasilitas yang satu ini berfungsi memindahkan uang secara otomatis dari rekening transaksi harian ke rekening tabungan dalam jumlah tertentu.

Oleh karena sudah diatur dengan otomatis, kamu akan lebih mudah mengelola keuanganmu, dan segalanya jadi lebih praktis. Melalui produk-produk tabungan berjangka dan deposito bank, kamu bisa mulai menyimpan dana dan menguncinya. Jadi tak perlu cemas uangmu habis.

Contohnya, kamu ingin bisa mengumpulkan uang Rp5 juta. Jadi perbulannya, sisihkah sekitar Rp500 ribu, kelak setelah 10 bulan, uangmu sudah terkmpul Rp5 juta. Nah uang ini bisa kamu  pindahkan ke akun deposito berjangka sebagai salah satu alternatif investasi yang minim resiko.

  1. Hemat dengan Manfaatkan Fasilitas Cicilan

Opsi lainnya yang bisa ditempuh yakni dengan memanfaatkan fasilitas cicilan yang ditawarkan oleh lembaga kredit, baik yang konvensional seperti kartu kredit pada umumnya, maupun yang sudah terintegrasi dengan teknologi seperti layaknya kartu kredit digital. Dengan adanya fasilitas cicilan, kamu bisa lebih ringan saat membeli sesuatu karena tak perlu mengeluarkan dana tunai dalam satu waktu.

Baca Juga:  Sudah lapor SPT Pajak Belum? Berikut Tata Cara Pengisian Melalui E-Filling

Apalagi kini proses pengajuan kartu kredit digital semakin mudah, seperti di Kredivo misalnya. Proses pengajuannya hanya membutuhkan 1 menit. Dokumen yang dibutuhkan juga cuma berupa KTP, bukti alamat seperti KK dan STNK, serta bukti penghasilan seperti slip gaji dan rekening koran. Dalam waktu maksimal 24 jam, pengajuanmu bisa disetujui apabila memenuhi persyaratan.

Terapkan Hidup Hemat Agar Kondisi Keuangan Tetap Sehat

Demikianlah beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilanmu sehari-hari. Idealnya, terapkanlah pola hidup hemat untuk menjaga agar keuanganmu tetap sehat dan terkendali dan jadikan hal ini sebagai prioritas. Kondisi keuangan yang sehat akan membuat masa depan Anda semakin terjamin. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Artikel ini merupakan kerja sama Kredivo dengan Cermati.com

Share this article