pinjaman uang tunai pribadi _ Kredivo

Mau Ajukan Pinjaman Uang Tunai Pribadi Secara Online? Ketahui Dulu Plus Minusnya

Ada banyak layanan pinjaman uang tunai pribadi yang semakin memudahkan. Namun sebelum mengajukan, pastikan kamu telah mengetahui plus minusnya!

Apakah kamu pernah dihadapkan dengan kondisi kamu membutuhkan dana tunai dalam waktu cepat? Atau kamu perlu tambahan uang untuk bisa memenuhi kebutuhan mendatang? Untungnya, saat ini banyak layanan pinjaman uang tunai pribadi yang bisa semakin memudahkan!

Pinjaman uang telah menjadi solusi yang tepat ketika timbul masalah keuangan. Seperti kekurangan dana untuk renovasi rumah, modal menikah masih kurang, atau ada anggota keluarga yang jatuh sakit.  Kamu tidak perlu kebingungan lagi untuk mencari dana tambahan. Sebab, kini banyak lembaga keuangan baik lembaga konvensional maupun online, yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan akses kredit atau pinjaman uang tunai pribadi.

Apa yang dimaksud dengan pinjaman uang tunai pribadi?

Pinjaman pribadi merupakan pinjaman yang diberikan oleh lembaga kredit terhadap satu orang. Saat memberikan pinjaman, nantinya lembaga kredit tersebut akan menawarkan opsi lamanya masa cicilan yang bisa dipilih oleh calon peminjam, dan jumlah dana yang akan dipinjam. Biasanya setiap lembaga kredit memiliki batasan masing-masing terhadap periode lamanya cicilan dan jumlah kredit yang bisa diberikan.

Bunga yang dikenakan juga berbeda-beda, namun lembaga kredit yang aman biasanya mengenakan suku bunga tidak jauh dari batas bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga independen yang mengatur seluruh aktivitas lembaga keuangan di Indonesia.

Semakin mudah mendapatkan pinjaman uang tunai melalui online

Umumnya besaran bunga sudah diinformasikan di awal sebelum peminjam menyetujui pengajuan pinjaman. Mengingat saat ini layanan pinjaman uang online semakin menjamur, maka tugas calon debitur yang mau mengajukan kredit adalah menghimpun informasi sebanyak-banyaknya sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan setelah pinjaman cair nanti.

Baca Juga:  7 Kesalahan Fatal dalam Berkredit yang Sebaiknya Dihindari

Salah satu hal yang perlu diketahui adalah plus minus dari pinjaman uang tersebut. Setelah kamu mengetahui kelebihan dan kekurangannya, maka kamu bisa membandingkan dan menyimpulkan sendiri. Singkat kata, berikut plus minus pinjaman uang tunai online.

Kelebihan pinjaman uang tunai online yang perlu diketahui

Dibandingkan dengan pinjaman tunai dari lembaga keuangan konvensional, pinjaman uang tunai pribadi secara online memiliki banyak kelebihan yang memudahkan para calon debitur. Antara lain, seperti ini kelebihannya:

1. Banyak waktu yang bisa dihemat

Salah satu hal yang membedakan antara pengajuan pinjaman uang tunai secara online dan konvensional, di antaranya dari segi waktu yang lebih efisien. Apabila kamu mau membandingkan beragam produk pinjaman dari berbagai lembaga keuangan, kamu bisa melakukannya tanpa harus mendatangi kantor cabang bank atau kredit multiguna satu per satu, mengkalkulasi estimasi cicilan, dan juga berkonsultasi secara gratis.

2. Persyaratan dan proses pengajuan yang lebih mudah

Setiap lembaga keuangan pasti memberikan persyaratan peminjaman kepada calon debitur. Begitu juga dengan lembaga pinjaman tunai online. Bedanya, syarat dalam mengajukan pinjaman online cenderung lebih fleksibel ketimbang melalui lembaga keuangan konvensional yang biasanya mensyaratkan berbagai dokumen pribadi, serta kepemilikan kartu kredit.

Sementara pada layanan pinjaman online, persyaratannya tidak rumit dan prosesnya tidak berbelit-belit. Banyak lembaga kredit online yang tidak mensyaratkan kepemilikan kartu kredit dan prosesnya pun jauh dari kata ribet. Bahkan hanya dengan mengunggah dokumen melalui smartphone,  kamu sudah bisa mengajukan pinjaman.

3. Pencairan dana yang cenderung lebih cepat

Terdapat banyak proses yang harus dilalui saat kamu mengajukan pinjaman konvensional. Karena hal tersebut, pencairan dana pun akan memakan waktu lebih lama. Dengan pinjaman online, kamu bisa mengajukan pinjaman kapan saja karena prosesnya dilakukan secara serba online. Bahkan di beberapa layanan pinjaman online, waktu pencairan hanya memakan waktu kurang dari 1 hari.

Baca Juga:  Mau Nabung Tapi Susah? Mungkin Kamu Tidak Melakukan 3 Hal Ini

4. Tanpa biaya penalti jika bayar lebih cepat dari jatuh tempo

Bukan tidak mungkin jika debitur mau melunasi utang lebih cepat dari tenggat waktu yang ditentukan. Misalnya kamu meminjam dana untuk modal usaha, dan bisnismu berhasil meraih untung lebih cepat sehingga kamu mau melunasi pinjaman lebih dini daripada rencana sebelumnya. Dalam kasus seperti ini, bank biasanya akan mengenakan biaya tambahan. Namun di lembaga kredit online, kamu bisa melunasi sisa pembayaran tanpa dikenakan denda sama sekali.

Kekurangan pinjaman uang tunai online yang harus dipertimbangkan

Di balik keunggulan yang ditawarkan, tentu pinjaman online juga memiliki sejumlah kekurangan. Sebelum kamu mengajukan pinjaman online, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah memperhatikan kekurangan pinjaman online berikut ini.

1. Bunga yang cenderung lebih tinggi dari bank

Sampai saat ini, OJK tidak mengatur soal batasan bunga pinjaman online. Tingginya suku bunga diserahkan kepada pelaku bisnis pinjaman online. Perusahaan pinjaman online memiliki alasan sendiri menerapkan bunga lebih tinggi dari lembaga konvensional, pertama karena risiko nasabah yang lebih tinggi, lalu juga karena beberapa perusahaan pinjaman online masih mengandalkan dana dari investor perorangan.

Umumnya, meskipun cenderung lebih tinggi, perusahaan pinjaman online yang aman akan mengenakan bunga yang tidak jauh berbeda dengan lembaga keuangan konvensional. Sebagai nasabah, kamu harus membuat perhitungan terlebih dahulu tentang bunga dan biaya yang harus dibayar. Jangan sampai kamu baru komplain ketika sudah mengambil pinjaman, sehingga akhirnya kamu kesulitan untuk mengembalikan pinjaman.

2. Keamanan data pribadi masih berisiko

Proses pengajuan yang serba online memang terlihat memudahkan. Namun, hal ini juga membuat pengajuan di kredit online menjadi lebih berisiko. Saat mengajukan pinjaman, perusahaan akan meminta akses ke dalam smartphone nasabah, termasuk akses ke data-data pribadi.

Baca Juga:  Menjadi Kartini Masa Kini Lewat 5 Tips Inspiratif Ini

Sebenarnya proses ini aman-aman saja, selama layanan pinjaman menggunakan sistem enkripsi untuk melindungi data pengguna. Jadi, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan layanan tersebut telah menggunakan sistem enkripsi.

Artikel ini merupakan kerja sama Kredivo dan HaloMoney.co.id.

Share this article