Mau Nabung Tapi Susah? Mungkin Kamu Tidak Melakukan 3 Hal Ini

Memiliki simpanan atau uang dalam jumlah besar merupakan dambaan bagi sebagian besar orang. Menambah jumlah tabungan dalam jumlah besar juga ini biasanya dilakukan agar mampu memenuhi kebutuhan di masa depan dengan lebih baik. Memiliki simpanan bisa menjadikan kita lebih tenang karena memiliki dana lebih untuk menjamin kebutuhan yang akan datang.

Meskipun begitu, pada praktiknya menabung terkadang dirasa sulit dikarenakan keadaan atau gaya hidup yang kurang mendukung. Banyak dari kita yang bekerja keras dengan harapan menambah jumlah tabungan. Namun, lantaran banyaknya jumlah kebutuhan atau gaya hidup yang boros malah membuat uang kita terkuras.

Hal ini tentu juga berlaku terhadap setiap orang yang mempunyai penghasilan. Seberapa besar gaji atau penghasilan kita, pasti ada saja yang membuat kita susah menyimpan uang karena satu atau lain hal. Banyak orang yang memiliki penghasilan yang besar namun pengeluaran yang besar pula.

Selain pengeluaran dan penghasilan yang tidak seimbang, kebiasaan susah menabung ini juga terkadang dipengaruhi faktor psikologis dan gaya hidup. Berikut adalah beberapa beberapa hal yang mungkin menyebabkan kamu susah menabung:

Tidak Punya Tujuan yang Jelas

Alasan pertama kenapa kamu susah menabung adalah karena tidak punya tujuan yang jelas mengapa harus mengumpulkan uang.

Menabung tanpa target sama saja seperti berjalan tanpa kompas. Tanpa tujuan yang jelas, motivasi kamu untuk menyimpan uang akan semakin berkurang lantaran tidak tahu apa yang harus dilakukan. Sehingga tanpa motivasi yang kuat, kamu akan lebih mudah tergoda untuk menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

Menentukan tujuan menabung adalah hal yang utama yang perlu kamu lakukan. Dengan memiliki tujuan menabung yang jelas baik itu untuk jangka panjang atau pendek, kamu akan lebih termotivasi. Motivasi inilah yang nantinya akan bisa membuat kamu rutin menyisihkan uang dan berhemat lantaran tujuannya sudah jelas.

Tidak Punya Alokasi Anggaran

Tidak membagi penghasilan sesuai dengan jenis pengeluaran tiap bulan tentu bisa membuat uangmu terkuras dengan cepat. Banyak dari kita yang tidak mencatat tagihan apa saja yang harus dibayarkan tiap bulan. Atau bahkan tidak membatasi pengeluaran untuk tiap jenis pengeluaran yang ada. 

Hal ini tentu saja bisa membuat uang yang bisa kamu sisihkan untuk menabung lebih sedikit dan pengeluaran yang semakin membengkak. Ada baiknya kamu membagi dan membatasi jenis pengeluaran agar lebih terkendali. Catat semua tagihan yang dikirimkan tiap bulan dan batasi pengeluaran untuk setiap jenis pengeluaran.

Dengan cara ini, kamu bisa mengontrol pengeluaranmu dengan lebih baik dan menyisihkan uang lebih banyak untuk ditabung.

Tidak Punya Penghasilan Sampingan

Apabila gaji atau penghasilan kamu pas-pasan, ada baiknya kamu mencari dan melakukan pekerjaan tambahan agar bisa menabung setiap bulan.

Memiliki pekerjaan dengan gaji yang pas terkadang tidak dapat kita hindari. Lantaran besarnya pengeluaran dan penghasilan yang besarannya sama. Daripada pinjam uang untuk memenuhi kebutuhan, ada baiknya kamu mencari pekerjaan tambahan bukan?

Sekarang ini sudah banyak jenis pekerjaan atau usaha sampingan yang bisa dilakukan secara online seperti menjadi penulis, desain grafis, atau berjualan barang lewat toko online. Keterampilan yang dibutuhkan juga cukup standar dan bisa dilakukan saat waktu luang. 

Mencari pekerjaan tambahan sekarang juga cukup mudah karena banyaknya situs pencari jasa yang tersedia di internet. Kamu juga bisa memulai usaha sendiri tanpa modal dengan cara menjadi reseller atau dropshipper. Memiliki penghasilan tambahan cukup penting apabila kamu ingin mulai menabung lantaran penghasilan yang kamu miliki dirasa kurang.

Yang terpenting adalah memilih jenis pekerjaan atau usaha yang cocok serta dengan waktu yang fleksibel. Memiliki penghasilan tambahan bisa dilakukan asal kamu rela mengorbankan sedikit waktu luang dan konsisten melakukannya.

Menabung Sebagai Motivasi dan Investasi Masa Depan

Untuk menabung secara rutin memang tidak mudah. Kamu perlu terus mengembangkan motivasi dan gaya hidup yang terarah agar bisa terus konsisten melakukannya. Ingatkan diri kamu setiap hari dan tentukan tujuan yang jelas sebelum melakukannya. Anggap saja kalau menabung itu adalah investasi untuk masa depan yang lebih baik.

Membatasi pengeluaran sekarang untuk masa depan keuangan yang lebih cerah tentu lebih baik kan? Semoga Bermanfaat!

Share this article