BPJS Kesehatan mewajibkan autodebit iuran pada 2020. Begini cara bayarnya

Beberapa waktu belakang, dikatakan bahwa banyak peserta BPJS Kesehatan yang menunggak iuran bulanan. Bahkan dikatakan jumlah peserta yang menunggak pembayaran iuran ini mencapai 12 juta jiwa sejak tahun 2018.

Hal ini tentu saja menjadi satu isu tersendiri dan menyebabkan cashflow BPJS Kesehatan menjadi berat.

Selain itu, sudah terlalu banyak biaya talangan dari pemerintah yang digunakan, sehingga pelayanan BPJS menjadi kurang maksimal. Untuk menghindari berbagai macam risiko, pemerintah mencanangkan program pembayaran otomatis secara autodebit dari saldo yang ada di bank. Dengan cara ini, pemerintah berharap agar para pengguna BPJS tidak ada lagi yang menunggak dan memudahkan cara pembayaran itu sendiri.

Walaupun sistem ini sudah diterapkan pada awal tahun 2019, tetapi sistem ini bisa saja tidak kamu pergunakan karena harus mendaftarkan ke bank atau non bank terlebih dahulu.

Untuk pendaftaran melalui bank, saat ini yang tersedia baru melalui bank Mandiri saja. Dan untuk sistem non bank, kamu perlu mengunduh aplikasi Mobile JKN terlebih dahulu.

Akan tetapi, BPJS Kesehatan berencana untuk menjadikan sistem autodebit ini sebagai sistem utama dan dengan cara yang lebih sederhana.

Sistem autodebit BPJS Kesehatan

Pemerintah berharap, dengan adanya sistem ini maka pengguna BPJS kesehatan tidak perlu khawatir lupa membayar karena secara otomatis, nilai tagihan tersebut akan langsung ditarik dari rekening pribadi kamu. Sistem autodebit ini memungkinkan kamu membayarkan tagihan secara tepat waktu. Secara otomatis, sejumlah dana sesuai dengan nominal tagihan kamu akan ditarik dari rekening ada pada setiap waktu yang ditentukan.

Sehingga, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan seperti biaya denda keterlambatan atau biaya lainnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, BPJS Kesehatan melakukan kerja sama dengan PT Finnet Indonesia. Dalam kerja sama ini, para peserta BPJS Kesehatan bisa melakukan pembayaran iuran lebih mudah menggunakan sistem autodebit.

Menariknya, sistem autodebit yang didukung oleh PT Finnet ini bukan hanya mendukung sistem autodebit bank, tapi juga autodebit non bank.

Pendaftaran sistem autodebit BPJS Kesehatan Bank

Sistem autodebit ini direncanakan bisa mulai jalan pada awal tahun 2020 mendatang. Ke depannya, diharapkan peserta BPJS terdaftar akan lebih mudah melakukan pembayaran karena adanya sistem autodebit ini.

Untuk kamu yang memiliki rekening bank bisa menggunakan sistem autodebit ini dengan menghubungi pihak bank yang kamu gunakan. Saat ini, pihak BPJS Kesehatan sudah bekerja sama dengan bank BNI, BRI, Mandiri, dan BCA.

Pendaftaran sistem autodebit BPJS Kesehatan non Bank

Bila mau memanfaatkan sistem autodebit ini, kamu perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pendaftaran menggunakan menu pilihan pada ponsel. Bagi yang menggunakan telepon seluler Indosat dan Telkomsel, kamu bisa melakukan pendaftaran melalui menu dial up.

Buka panggilan, lalu tekan *41*999# lalu memilih menu daftar. Selanjutnya, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada.

Setelah pendaftaran selesai, kamu bisa melakukan pembayaran atau pengisian saldo melalui berbagai merchant pendukung. Seperti Kantor Pos, Alfamart, transfer virtual akun bank BRI atau Mandiri, jejaring Apotek Sanafarma, dan berbagai merchant lainnya.

Pengisian saldo atau pembayaran bisa dilakukan hanya dengan menyebutkan nomor peserta dan nomor telepon kamu.

Dengan adanya layanan autodebit ini, rasanya akan semakin memudahkan masyarakat untuk bisa membayarkan iuran BPJS Kesehatan sesuai waktunya. Selain itu, hal ini juga membantu BPJS Kesehatan sendiri agar programnya bisa berjalan secara berkelanjutan.

Belum gajian tetapi harus bayar BPJS? Pakai cara ini

Nah, bila kamu menghadapi situasi seperti ini, lebih baik cepat-cepat membayar sebelum terkena denda keterlambatan atau biaya lainnya. Caranya mudah sekali, hanya dengan download dan mendaftarkan diri ke aplikasi Kredivo, maka kamu bisa mendapatkan fasilitas paylater untuk membayar BPJS Kesehatan di aplikasi Kredivo. Udah gitu, bayar BPJS di aplikasi Kredivo sama sekali tidak dikenakan biaya admin dan bunganya 0%! Untung bangetkan kalau pakai Kredivo?

Selain membayar BPJS Kesehatan, kamu bisa juga membayar PLN, PAM hingga membeli pulsa atau membayar tagihan internet. Semua yang kamu butuhkan ada dalam satu aplikasi. Masih banyak lagi layanan keuangan yang disediakan oleh Kredivo, mulai dari kredit online hingga pinjaman uang tunai dengan bunga yang rendah, hanya 2,95% per bulan! Sangat menguntungkan bukan? Yuk, download aplikasi Kredivo di sini.

Share this article