Waspadai Penipuan yang Mengatasnamakan Kredivo

Penipuan yang mengatasnamakan Kredivo makin hari makin pintar lho, Kredipal. Si penipu berlaga bak customer service yang sangat profesional menghubungi para customer Kredivo melalui telepon atau aplikasi Whatsapp dan menawarkan untuk upgrade akun, menaikkan limit kredit, atau mengambil pinjaman tunai dari akun Kredivo kamu, tetapi melalui mereka. 

Bahkan para penipu ini juga berani memberi jaminan persetujuan, limit yang tinggi dan proses yang instan. Biasanya ia akan meminta menyebutkan informasi sensitif seputar Kredivo-mu, mulai dari no. handphone, PIN, OTP, jawaban pertanyaan keamanan, no. KTP, atau nama ibu kandungmu.

Perlu diketahui Kredipal, kalau Kredivo tidak pernah menawarkan layanan-layanan tersebut melalui pihak ketiga. Apalagi dengan menjanjikan limit tinggi, jaminan persetujuan maupun proses instan. Pihak Kredivo juga tidak akan pernah menanyakan OTP mu.

Nah, mimin punya beberapa tips nih biar akun Kredivo kamu selalu aman dari para penipu, mari disimak.

Jangan Memberi Informasi Apapun Terkait Akun Kredivo

Selalu ingat kalau, PIN adalah informasi pribadi yang tidak boleh disebar ke siapapun dan One Time Password (OTP) adalah kode verifikasi yang dikirim lewat SMS ke nomor handphone yang kamu gunakan khusus untuk akun Kredivo kamu. Jadi, pihak Kredivo tidak akan pernah meminta kamu menyebutkan PIN, OTP ataupun jawaban dari pertanyaan keamanan.

Selain itu, informasi mengenai no. KTP dan nama ibu kandung untuk memverifikasi identitas hanya akan ditanyakan oleh customer service Kredivo bila kamu yang menelpon Kredivo. Jadi, jangan memberikan informasi ini ke siapapun, ya! 

Segera laporkan ke support@kredivo.com / 0807-1-573348, apabila ada upaya pencurian data diri kamu yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Gunakan PIN Berbeda di Akun Kredivo

Jangan sampai PIN yang kamu gunakan di akun Kredivo sama dengan PIN akun lain, seperti email atau PIN ATM. Karena kemungkinan penipu atau hackers bisa mengakses akun Kredivo kamu lebih besar apabila ia mengetahui nomor handphone-mu dan PIN ATM mu dan PIN tersebut yang sama dengan PIN Kredivo-mu.

Berikut tips yang aman untuk akun kredivo-mu:

  • Jangan memilih PIN yang mudah ditebak oleh peretas , misalnya menggunakan pin dengan angka berurutan atau angka yang sama seperti 12345, 654321, 123123, atau 111111.
  • Jangan memilih PIN yang berkaitan dengan tanggal lahir dalam kombinasi apapun seperti MMDDYY, DDMMYY, DMYYYY, YYMMDD, atau YYDDMM
  • Ganti pin-mu secara berkala

Waspadai Pencurian Identitas

Jangan pernah memberikan atau meminjamkan KTP maupun akun digital lainnya yang kamu miliki ke teman, keluarga apalagi orang yang tidak dikenal, agar menghindari kemungkinan pencurian identitas. Pelaku dapat mendaftar untuk mendapatkan pinjaman menggunakan data-data pribadimu dan kamu yang akan ditagih oleh Kredivo.

Nah, itu dia beberapa tips agar akun Kredivo kamu selalu aman dari para penipu. Abaikan jika kamu menerima telepon/SMS/email/Whatsapp maupun pemilik akun media sosial Kredivo palsu. Semua informasi resmi, hanya terdapat di situs, akun media sosial dan nomor customer service Kredivo yang resmi:

Website: https://www.kredivo.com/ & https://finaccel.co/

Facebook: https://www.facebook.com/kredivo/

Twitter: https://twitter.com/kredivo

Instagram: https://www.instagram.com/kredivo/

Email Customer Service: support@kredivo.com

Telepon Customer Service: 0807-1-573348

Share this article