3 Film Drama Korea ini Mengajarkan Bahwa Dana Darurat itu Sangatlah Penting

Ketika pandemi Covid-19 menjangkit Indonesia pada bulan Maret lalu, banyak sekali orang yang dirumahkan hingga dipecat karena bisnis perusahaannya tidak berjalan dengan lancar. Ketika hal ini terjadi, dana darurat sangat berperan penting untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ketika tidak mempunyai pendapatan sama sekali.

Ketika PSBB berlangsung, hampir semua masyarakat dirumahkan dan bekerja dari rumah atau WFH (work from home). Hal ini memicu banyak sekali orang menonton film melalui media streaming digital maupun televisi. Tak ayal, banyak sekali film drama korea yang booming karena cerita yang menarik dan mampu menggaet penonton untuk ikut merasakan emosi dalam drama itu.

Selain itu, banyak juga pelajaran yang bisa dipetik dari drama korea yang sedang ramai dibicarakan ini. Film tersebut juga memberi tahu kamu secara tidak langsung bagaimana pentingnya dana darurat. Tanpa banyak basa-basi lagi, mari simak ulasan berikut.

 

1. The World of The Married

 Sumber foto: Soompi

Drama Korea yang ramai sekali dibicarakan hingga disiarkan ulang di salah satu televisi swasta Indonesia, bisa dibilang sangat menggambarkan betapa pentingnya dana darurat. Kita ambil contoh pada adegan ketika Sun Woo harus rela bercerai dengan Tae Oh yang berselingkuh, di situasi ini seharusnya Tae Oh sudah memiliki dana darurat yang dapat digunakan sebagian untuk menutupi biaya hidup setelah bercerai.

Pria yang berselingkuh memang tidak bisa mendapatkan nasib yang baik, ketika Tae Oh memilih selingkuhannya, yaitu Da Kyung, singkat cerita akhirnya ia juga digugat cerai oleh wanita tersebut. Da Kyung meminta bantuan sang ayah untuk mengurus perceraiannya. Ayahnya menutup semua akses harta dan pekerjaan Tae Oh di perusahaannya. Da Kyung juga menutup akses Tae Oh bertemu dengan anaknya. Sejak itu, Tae Oh tidak memiliki rumah, uang, pekerjaan, maupun keluarga. Hidupnya sempat luntang lantung di jalanan.

Andai saja Tae Oh mengumpulkan dana darurat ketika bisnisnya sebagai produser sedang bagus. Bisa jadi ia tidak akan sengsara, karena ia bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga mendapatkan pekerjaan yang stabil lagi.

2. Reply 1988

Sumber foto: Imdb

Drama Korea yang sudah melegenda dan memiliki segudang pelajaran kehidupan ini kembali menjadi perbincangan karena para pemainnya mengadakan reuni. Bila kamu sudah menonton film ini, coba ingat kembali adegan ketika ayah Duk Seon ditipu oleh temannya sendiri. Setelah kejadian itu,  Bo Ra harus bekerja di tengah masa kuliahnya demi memenuhi kebutuhan keluarganya.

Ini bisa menjadi pelajaran kita bersama kalau dana darurat itu sangatlah penting. Bukannya melarang seorang anak untuk bekerja sambil kuliah ya, tapi jangan sampai anak meng-cover kebutuhan keluarga karena orangtua tidak mempersiapkan rencana finansial yang matang atau dalam kasus ini, ayahnya mengalami keadaan darurat karena ditipu oleh temannya sendiri.

3. Itaewon Class

Sumber foto: Imdb

Ketika Park Saeroyi mendapatkan uang warisan dari ayahnya yang telah meninggal, alih-alih menghabiskan uang, dia justru menabung uang tersebut hingga mampu membeli sebuah gedung dan membangun DanBam, sebuah pub di kota Itaewon, yang kemudian sukses dan mengalahkan Jangga Co.

Walaupun ada motif balas dendam, tetapi ada motivasi baik juga di dalamnya. Begitu pula kita, ketika pandemi ini terjadi harusnya menjadi wake up call dan motivasi untuk mulai menabung untuk hari hujan. Nggak mau kan, jika terjadi hal seperti ini lagi di masa depan, dan kamu masih saja berkutat dengan kesalahan yang sama: Nggak punya dana darurat?

Belum punya dana darurat tetapi memiliki kebutuhan mendesak?

Buat kamu yang sedang ada dalam keadaan yang membutuhkan dana darurat seperti tiba-tiba masuk rumah sakit, kendaraan rusak atau rumah perlu diperbaiki, namun belum sempat mengumpulkan dana tersebut, coba aja ajukan Kredivo. Sebab, fleksibilitas pembayaran berkala yang Kredivo berikan dalam layanan pinjaman mini & jumbo, bisa kamu jadikan pilihan bila dana darurat belum tersedia. Tenor yang diberikan Kredivo mulai dari 1 bulan, 3 bulan hingga 6 bulan dan limitnya hingga Rp30 juta. Yuk, download aplikasinya di smartphone kamu!

Share this article