4 Cara Self Reward yang Tetap On Budget

Kamu telah memaksimalkan seluruh tenaga dan pikiranmu untuk bekerja keras. Kamu pun berhasil keluar dari zona nyaman dan mencapai impianmu satu per satu. Kini saatnya untuk self reward, alias mengapresiasi dirimu sendiri. 

Self reward yang menjadi bagian dari self love, memang sedang digaungkan dua tahun belakangan. Hal ini sejalan dengan masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya kesehatan mental. Salah satu cara untuk menerapkan self reward adalah dengan membeli barang atau jasa yang diinginkan. Misalnya setelah lima hari penuh bekerja, kamu memanjakan diri pada akhir pekan dengan pergi ke spa, nonton bioskop, atau belanja untuk mengapresiasi hasil kerja kerasmu. 

Tentu hal ini sama sekali tak salah. Self reward atau self love memang diperlukan untuk membuatmu lebih bahagia. Namun perlu diingat, self reward bukan sekadar menghabiskan uang untuk secangkup kebahagiaan yang sesaat. Solusinya, supaya tetap bisa mengapresiasi diri tanpa mengganggu keuangan, kamu bisa melakukan self reward secara on budget berikut ini!

Alokasikan bujet khusus untuk self reward

Masukkan pos pengeluaran self reward ke dalam anggaran bulananmu. Dengan begitu, kamu seperti memberi jatah untuk membahagiakan dirimu sendiri setiap bulannya. Supaya gampang, kamu bisa menyatukan pos self reward dalam bujet entertainment. Misalnya penghasilanmu sebesar Rp 10 juta per bulan dan kamu menyisihkan 10% atau Rp 1 juta untuk biaya entertainment. Artinya, dalam satu bulan, bujet self reward-mu tak boleh lebih dari itu.

Banyak promo yang bertebaran, jangan lupa dimanfaatkan!

Jika kamu pintar-pintar dalam mencari, sebenarnya ada banyak sekali promo yang ditawarkan oleh brand atau pun layanan pembayaran di luar sana untuk berbagai aktivitas. Mulai dari cashback untuk membeli makanan, diskon belanja pakaian, hingga traveling sekali pun.  Jangan malas untuk mencari informasi seputar promo tersebut. Kamu bisa mengikuti akun media sosial khusus info promo yang banyak bertebaran di Instagram atau Twitter. 

Pilih opsi cicilan untuk barang mahal yang benar-benar kamu mau

Punya barang di dalam wishlist yang belum kesampaian dibeli? Setelah bekerja keras, rasanya kamu berhak untuk mendapatkan barang yang kamu inginkan. Tapi pastikan keuanganmu nggak akan terganggu setelah membeli barang tersebut. Apabila harganya memang di atas bujet khusus self reward yang telah ditentukan sebelumnya, kamu bisa manfaatkan layanan cicilan. Pilih yang bunganya rendah, bisa memberikan berbagai penawaran menarik, dan terjamin keamanannya, seperti Kredivo misalnya. 

Pastikan self reward yang dilakukan bukan untuk memenuhi gengsi

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan self reward, coba tanyakan lagi kepada dirimu. Apakah kamu melakukan hal tersebut untuk kebahagiaanmu, atau hanya untuk terlihat bahagia di mata orang lain? Banyak orang yang masih belum bisa membedakan keduanya. Self reward kerap dilakukan hanya untuk memenuhi gengsi serta mendapatkan pengakuan dan pujian di sana-sini, bukan sebagai bentuk cinta pada diri sendiri. Untuk itu, pastikan kamu tahu betul bahwa self reward yang dilakukan memang untuk kebahagiaanmu ya!

Self reward nggak melulu diterapkan dengan hal yang berbau materi. Cinta pada diri sendiri juga dilakukan dengan bentuk lain, seperti istirahat cukup, makan sehat, atau berolahraga supaya tubuh dan pikiran bisa bekerja lebih optimal. Self love adalah proses yang selamanya harus terus dilakukan, dan tak akan selesai hanya ketika kamu membeli barang impian. Membeli sesuatu sebagai bentuk penghargaan pada diri sendiri boleh saja, tapi jangan sampai kamu terlena, dan keuanganmu malah jadi sengsara!

Share this article