5 Rekomendasi Lomba Online biar 17 Agustusan Jadi Lebih Meriah

Tidak terasa, sudah tahun kedua kita semua melewati hari raya kemerdekaan 17 Agustus tanpa melaksanakan upacara bendera, pawai 17 Agustus, dan hal paling ditunggu-tunggu, yaitu  kemeriahan lomba 17 Agustus di luar rumah.

Namun, kamu masih bisa melakukan lomba 17an, meskipun di rumah saja, yaitu dengan mengadakan lomba 17an secara online. Jangan sampai kemeriahan lomba tahun ini terhalang karena pandemi Covid-19 yang masih juga betah berkeliaran di luar rumah.

Tujuannya tentu untuk meningkatkan imun diri, mempererat tali silaturahmi dengan keluarga, maupun sesama tetangga. Untuk itulah, Kredimin mau merekomendasikan kamu beberapa lomba-lomba yang sekiranya cocok dan dapat dilaksanakan meski sebatas virtual.

1. Lomba Berbalas Pantun

Lomba berbalas pantun bisa menjadi rekomendasi lomba 17an secara online pertama yang bisa kamu mainkan. Sebagaimana kamu tahu, warisan budaya lisan ini sangat seru dimainkan, karena isi pantun biasanya dibungkus dengan komedi. Alhasil suasana lomba bisa menjadi cair.

Jangan bingung soal penjurian, kamu menilai pantun sesuai kaidah pantun, yakni antara sampiran dan isi harus nyambung serta rima akhir juga harus sesuai misal a-b, a-b. Namun, kalau mau dibuat fun, ya dicari yang lucu-lucu aja. Tujuannya, kan, untuk memeriahkan acara dan meningkatkan imun dengan senyum dan tawa.

2. Lomba Tongue Twister

Loma tongue twister biasanya dilakukan oleh para MC untuk mencairkan acara yang dipandu. Lomba ini patut dicoba, karena kerumitan dan hampir samanya kata satu dengan yang lain, membuat suasana jadi menyenangkan.

Misalnya, menyebut: kelapa gading – kepala daging. Atau yang lebih pendek, biru-ribu secara cepat dan tepat. Nah, yang lancar dan nggak beribet mengucapkannya dapat diadu kembali hingga mendapatkan 1-2 orang pemenang saja yang paling lancar.

Baca Juga:  Memperingati Hari Kemerdekaan, Apa yang Kamu Perjuangkan di Tengah Pandemi?

3. Lomba Game Online

Jika keluarga atau lingkungan rumah kamu suka bermain mobile game, mengadakan turnamen game online juga bisa menjadi lomba 17an online yang seru untuk dilakukan. Untuk menyelenggarakan lomba 17an virtual ini, kamu tinggal menentukan mobile game apa yang paling banyak diminati para peserta, seperti Mobile Legend, PUBG, ataupun AOV. 

Kemudian, kamu tinggal menyusun peserta per-tim dan mengadu setiap tim lewat satu game permainan dan kemudian para pemenang di adu lagi hingga kamu mendapatkan satu tim yang memenangkan game terakhir mengalahkan semua tim. Cukup bermodalkan smartphone, kuota internet, kamu bisa selenggarakan lomba 17an virtual ini dari rumah masing-masing dengan praktis.

Jika kamu berminat untuk mengikuti lomba game online di 17an nanti, kamu juga harus terlihat ekstra, supaya nggak diremehkan lawan. Caranya, top up game kamu di aplikasi Kredivo, beli sekarang bayar dalam 30 hari. Pasti tingkat kepedean kamu semakin tinggi untuk ikut lomba, tanpa harus merusak arus keuangan kamu saat ini.

4. Lomba Cerdas Cermat

Lomba cerdas cermat biasanya dilakukan oleh sekolah-sekolah ketika menyambut HUT RI. Lomba dengan konsep kuis ini juga bisa kamu lakukan secara virtual, lho. Ada banyak aplikasi yang bisa membantumu untuk mengorganisir kuis cerdas cermat, salah satunya aplikasi Kahoot. 

Kamu tinggal menyusun pertanyaan-pertanyaan melalui aplikasi Kahoot, lalu para peserta masuk ke aplikasi atau website Kahoot langsung bisa bergabung dan berlomba menjawab setiap pertanyaan. Sesuai dengan nama lombanya, peserta harus menjawab pertanyaan pertanyaan dengan benar dan dalam waktu secepat mungkin untuk mendapatkan poin tertinggi. Pada akhir permainan, aplikasi Kahoot akan secara otomatis menghitung jumlah poin dan mengumumkan nama pemenangnya.

Baca Juga:  Keuntungan Cashless dan Kenapa Kamu Harus coba Cashless Sekarang Juga

5. Lomba Sambung Kata

Terakhir adalah lomba sambung kata. Lomba ini bisa menguji seberapa banyak pengetahuan peserta terhadap kosakata dalam bahasa Indonesia. Namun, supaya lomba ini seru, kamu harus mengumpulkan banyak peserta. Paling tidak ada 8 peserta yang mengikuti lomba ini, baru terasa serunya.

Caranya, salah satu peserta tinggal menyebutkan sebuah kata, dan peserta lain harus menyebutkan kata yang sesuai dengan penggalan terakhir dari kata yang lawan Anda sebutkan. Misalnya, peserta pertama menyebutkan corona, peserta selanjutnya menyebutkan nasi, lalu dijawab lagi dengan siku, dan seterusnya. Peserta yang tidak bisa menyebutkannya akan gugur. Begitu seterusnya sampai pemenangnya muncul.

Nah, itulah 5 rekomendasi lomba online dari Kredimin, yang bisa bikin 17 Agustus nanti jadi lebih meriah. Tapi, jangan lupa untuk menyiapkan hadiah buat para pemenang lomba, ya. Karena kurang ramai nantinya jika peserta lomba tidak diiming-imingi hadiah.

Share this article