puasa 2022

5 Hal yang Kamu Tunggu-tunggu Ketika Memasuki Bulan Puasa 2022

Ngga terasa udah memasuki bulan puasa tahun 2022. Tahun ini adalah tahun ke tiga menjalani bulan Ramadhan di tengah pandemi Covid-19. Namun, yang menjadi pembeda kali ini adalah, kita semua sudah bisa mudik ke kampung halaman, dengan beberapa syarat tertentu.

Tidak hanya itu, kabar baik terus berdatangan mengenai Covid-19 di tengah Ramadhan. Kelonggaran-kelonggaran peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah pada bulan Ramadhan tahun ini, membuat kita semua hampir kembali merasakan bagaimana rasanya menjalani Ramadhan sebelum adanya pandemi, seperti shalat tarawih di masjid, hingga bukber sudah bisa dilakukan tahun ini.

Bagi kamu yang sudah merasakan euforia bulan puasa tahun 2022 yang berbeda dari 2 tahun sebelumnya, setidaknya ada 5 hal yang kamu tunggu-tunggu ketika memasuki bulan yang suci ini.

1. Lawakan Template Puasa

Bulan puasa memang punya cerita tersendiri bagi yang menjalaninya. Apalagi di Indonesia, dimana mayoritas umat muslim, setiap daerah pasti punya tradisi dan kebiasaan masing-masing ketika bulan puasa menjelang.

Tak menutup kemungkinan di dunia maya juga memiliki tradisi masing-masing ketika menyambut bulan puasa. Dengan ramainya akun meme yang ada di sosial media, hingga recehnya lawakan bapack-bapack, seakan mewarnai awalan bulan Puasa.

Seperti, “ah, gak kerasa ya bulan puasa tinggal 29 hari lagi.” Atau, “berbukalah dengan yang manis-manis, senyum kamu misalnya.” 

Meski rada cringe dan bosen banget mendengarnya, tetapi rasanya kurang afdol kalau belum mendengar atau melihat lawakan-lawakan seperti ini di sosial media.

2. Jajan Takjil untuk Buka

Ngabuburit tahun ini, bisa jadi berbeda dengan tahun lalu. Mungkin, dengan meregangnya aturan Covid-19, pedagang-pedagang yang menjual gorengan, kolak, lontong, hingga expo makanan kekinian bisa saja sudah bisa bermunculan pada bulan puasa tahun 2022.

Baca Juga:  KKN di Desa Penari, Film Horor yang Diangkat dari Kisah Nyata 13 Tahun Lalu

Hal ini juga dikuatkan dengan, sudah banyaknya pergelaran konser pada bulan Maret kemarin. Kalau konser dan mudik saja sudah diperkenankan, tidak menutup kemungkinan kulineran pinggir jalan, serta expo makanan Ramadan akan lebih hidup lagi tahun ini.

3. Tarawih di Masjid 

Bagi yang suka menjalani Tarawih di masjid, atau suka mengajak keluarga untuk berkunjung ke Masjid besar di daerah lain dengan tujuan wisata religi, tahun ini sudah bisa dilakukan. Pak Presiden, Joko Widodo pada konferensi pers daring, Rabu (23/3/2022), menyatakan bahwa, “Tahun ini umat muslim dapat kembali menjalankan ibadah shalat tarawih berjamaah di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.”

Satu persatu kegiatan beribadah di bulan Ramadhan sudah hampir kembali seperti normal. Semoga niat baik kita semuda beribadah tidak diganggu oleh virus-virus nakal yang meresahkan seluruh belahan dunia.

4. Jadwal Bukber

Bulan puasa tahun 2022 juga memperbolehkan kita semua untuk buka bersama kerabat, teman, atau keluarga. Sebagaimana kamu tahu, sejak tahun 2020 ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia, bukber dilarang dijalankan demi menghambat laju penyebaran virus.

Namun, jangan sampai kalap ya merencanakan kegiatan buka bersama dengan banyak kalangan. Ingat, masih ada kebutuhan yang harus dipenuhi selama ramadan. 

Biar cashflow makin aman ngadepin jadwal bukber tahun ini, cobalah untuk beli stock bahan makanan untuk puasa agar lebih hemat. Jadi, kamu nggak ketergantungan untuk membeli makanan di luar.

Apalagi kalau kamu pakai Kredivo yang punya promo groceries di Alfamart, Alfamidi, Hero, hingga Lawson. Belanja kebutuhan Ramadhan makin hemat, arus keuangan juga gak perlu terganggu. Cek info promo ramadhan Kredivo di sini, ya!

5. Tunjangan Hari Raya (THR)

Nah, yang terakhir adalah THR. Bagi para karyawan dan karyawati, ketika memasuki bulan Ramadhan, berarti sudah memasuki zona THR akan turun sebentar lagi. Namun, jangan kalap menggunakan THR yang kamu dapatkan, ya. Biasakan untuk mengatur uang THR dengan baik, supaya tidak ada perkataan, “haduh, THR lewat begitu aja.”

Baca Juga:  Barang yang Cocok untuk Dibeli oleh Zodiak Libra ketika Harbolnas 10.10
Share this article