bisnis mahasiswa _ Kredivo

7 Bisnis Sampingan Ini Bisa Hasilkan Uang Tambahan untuk Mahasiswa

Kamu seorang mahasiswa yang mau menambah uang saku dengan bekerja? Berikut sampingan yang bisa kamu geluti!

Kewajiban utama seorang mahasiswa tentunya menuntut ilmu dan belajar agar mendapatkan prestasi di bidang yang digelutinya. Biaya kuliah yang tidak murah, tentunya kamu tidak ingin menyia-nyiakan pengorbanan orang tuamu yang sudah berjuang membiayai kuliah.

Faktanya, terkadang uang yang diberikan oleh orang tua hanya cukup untuk biaya kuliah dan biaya hidup pas-pasan setiap bulannya. Padahal kamu sebagai generasi milenial juga ingin punya uang saku lebih untuk mewujudkan impianmu lainnya, misalnya punya gadget terbaru ataupun jalan-jalan saat liburan tiba.  

Solusi untuk mewujudkan yang kamu inginkan tentunya kamu perlu usaha yang bisa menghasilkan uang sembari kamu kuliah. Yuk coba renungkan 7 ide pekerjaan sampingan ini mana kira-kira yang bisa kamu jalankan sembari kuliah?

  • Penulis Freelance

Buat kamu yang merasa memiliki kelebihan dalam merangkai kata-kata apalagi punya hobi menulis. Sudah banyak website yang membuka lowongan pekerjaan sebagai penulis lepas dan tentunya honor yang ditawarkan pun tergolong lumayan, semua tergantung tema tulisan dan kemampuan menulismu. Untuk menambah wawasan pengetahuan kamu sebagai penulis, kamu juga bisa baca-baca artikel keuangan dan motivasi sukses di Cermati.com

  • Penerjemah atau  Ahli Bahasa

Nah bagi kamu yang kebetulan mengambil jurusan bahasa asing bisa juga memanfaatkan keahlianmu sebagai penerjemah bahasa. Apalagi sekarang banyak media online atau perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah. Kamu bisa membuka jasa sebagai penerjemah bahasa asing pada orang-orang yang membutuhkan jasamu secara online ataupun offline.

  • Menjadi Penyiar Radio

Kalo kamu memiliki kepercayaan diri berbicara di hadapan orang banyak, mungkin pekerjaan sampingan sebagai penyiar radio sangat cocok buat kamu. Banyak juga lho penyiar radio yang masih berstatus sebagai mahasiswa. Nantinya, kalo kamu sudah cukup banyak jam terbang siaran, pasti banyak juga event yang bakal mengundang kamu jadi seorang MC.

  • Membuka Jasa Fotografi
Baca Juga:  Dolar AS Tembus Rp 15 Ribu: Penyebab, Dampak, dan Cara Menyikapinya

Kamu seorang mahasiswa yang punya hobi fotografi? Tentu ini bisa jadi sebuah ladang usaha buat kamu, mengingat kini semakin banyak kebutuhan untuk jasa fotografi dan editing video. Kamu bisa menawarkan jasa foto wisuda atau pre-wedding pada orang-orang di sekitarmu. Asal kamu tahu, penghasilan sebagai seorang fotografer tidaklah sedikit, sementara kamu juga bisa memulai usaha kecil-kecilan dari sini nantinya sebagai seorang fotografer profesional.

  • Bekerja Part Time Sebagai Pelayan Restoran

Untuk kamu yang punya hobi nongkrong di cafe atau restoran, kenapa tidak mencoba saja bekerja paruh waktu sebagai pelayan restoran. Kamu tidak usah malu bekerja sebagai pelayan di restoran, karena ternyata kini sudah banyak juga mahasiswa yang melakukan pekerjaan sampingan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

  • Jualan Online

Bisnis online kini sudah menjadi usaha sampingan yang banyak diminati di kalangan mahasiswa dan ibu rumah tangga. Kamu bisa membuka toko online yang ada di Indonesia yang menawarkan produk dengan harga yang terjangkau, kemudian menjualnya kembali pada akun pribadimu misalnya seperti Instagram maupun Facebook yang kini sudah mulai banyak dijadikan tempat sarana berjualan online.

  • Jasa Servis Laptop dan Handphone

Kalo kamu punya keahlian memperbaiki komputer, laptop ataupun handphone dan juga sudah terbiasa melakukannya sendiri di rumah, lebih baik kamu manfaatkan keterampilan ini untuk mendapatkan tambahan uang. Jangan sungkan minta bantuan teman, keluarga terdekat untuk mempromosikan jasamu tersebut secara online maupun offline.

Lakukan yang Terbaik

Sebagai mahasiswa, apapun pekerjaan sampingan yang kamu jalani, cukup lakukan yang terbaik dan niatkan untuk menambah pengalaman. Kelak setelah kamu lulus sebagai mahasiswa, kamu sudah punya pengalaman nyata dalam dunia kerja. Lebih baik lagi jika bisnis yang kamu jalani sejak masih di bangku kuliah bisa terus berjalan dan semakin berkembang. Apabila setelah lulus kuliah nanti kamu mau mengembangkan usahamu, kamu bisa memanfaatkan fasilitas cicilan dari Kredivo yang bisa digunakan untuk kredit barang penunjang usahamu.

Share this article