fresh graduate _ kredivo

Jenis Profesi untuk Fresh Graduate yang Bisa Dicoba Biar Dapat Banyak Pengalaman

Fresh graduate! Setelah penuh perjuangan mendapatkan gelar akademis yang kamu dambakan, what’s next? Babak baru dalam kehidupan telah dimulai. Sebagai orang dewasa sepenuhnya, ada berbagai tantangan baru yang menunggumu di depan sana untuk ditaklukkan.

Ada beraneka macam impian yang menanti untuk diwujudkan dan hal apa yang akan memanifestasikan diri lebih dulu? Semua terserah padamu! Sebagai fresh graduate, sekaranglah saat yang tepat untuk menjaring rekanan dan pengalaman yang baru. Tantangan pertama akan dimulai dengan mandiri secara finansial, yakni dimulai dengan cara bekerja dan mendapatkan penghasilan.

Umumnya, fresh graduate idealnya bekerja sesuai dengan jurusan ilmu dan bidang studi yang dipelajarinya, kerja kantoran dengan jaminan ketenagakerjaan atau  asuransi kesehatan serta penghasilan diatas UMR menjadi dambaan banyak orang.

Apabila kamu tergolong fresh graduate yang belum tahu seperti apa persisnya dunia kerja, pastinya terjun langsung di dunia kerja berbanding kontras dengan pengalaman di bangku perkuliahan dan situasi magang (praktek kerja lapang).

Tapi tak perlu khawatir, guna mengasah kinerja dan profesionalitas, tak ada salahnya jika kamu berani mengambil jenis pekerjaan yang terbuka untuk umum dan bagi semua jurusan. Why not? sebab dengan cara ini peluang kamu untuk memperluas wawasan dunia kerja semakin luas.

Ambil Peluang Sebagai Batu Loncatan

Umumnya fresh graduate cenderung terlalu pilah-pilih kerjaan, dan ingin cepat kerja dengan cara yang instan! Padahal segala sesuatu tentu membutuhkan proses, ibarat menyeduh kopi instan sekalipun, ada serangkaian langkah yang perlu dilakukan secara bertahap.

Sama halnya dengan menapaki dunia karier yang akan kamu jalani. Diawal masa karier, sebaiknya kamu bisa lebih fokus mengumpulkan sebanyak mungkin pengalaman terbuka terhadap berbagai kemungkinan yang menyapamu di depan mata.

Baca Juga:  3 Kriteria Tempat Kerja yang Harus Diperhatikan Biar Lebih Betah Bekerja

Ingat selalu, bekerja tak hanya sekadar membutuhkan hard skill yang spesifik, tapi juga soft skill yang akan selalu dibutuhkan. Contohnya seperti rajin, rendah hati, mau belajar, tepat waktu dan disiplin serta berdedikasi. So, kamu juga harus bisa mengasah kualitas soft skill sembari mencari celah untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Lantas, jenis profesi apa saja yang sedianya cocok untuk fresh graduate agar mendapat lebih banyak pengalaman? Yuk simak beberapa opsinya sebagai berikut.

1. Management Trainee

Proses untuk diterima menjadi management trainee, officer development program atau management development program ini memang tak bisa dibilang mudah. Namun program ini sangat populer di kalangan sarjana yang baru lulus. Sehingga persaingan yang ada pun bisa dibilang cukup ketat antar para kandidat.

Besaran gajinya di kisaran Rp 4,5 juta hingga Rp 8 juta. Setelah kamu berhasil lulus di program ini, penghasilanmu akan meningkat sesuai performa dan posisimu selama mengikuti program pelatihan yang ada.

Profesi ini disebut-sebut sebagai salah satu yang difavoritkan oleh para fresh graduate dan memang diperuntukkan bagi mereka yang baru lulus. Kamu kelak akan dibekali dengan sejumlah pelatihan untuk menduduki jabatan strategis alias posisi yang top/ jabatan strategis.

2. Account Executive

AE secara umum berperan dalam melakukan beragam pendekatan kepada perusahaan lain untuk menjalin kerja sama. Sebagai contohnya, di dalam industri media, AE bertugas untuk meyakinkan perusahaan atau produk tertentu agar bersedia memasang iklan di media terkait.

Apa yang kamu perlukan untuk dapat terjun ke dunia AE? Beberapa keahlian terutama komunikasi persuasi, diplomasi hingga negosiasi merupakan kuncinya. Pasalnya, kamu akan bertemu dengan banyak orang baru yang perlu diyakinkan untuk mempercayaimu dan perusahaan tempatmu bekerja. Alih-alih menjaga gawang, kamu akan menjemput bola langsung di tempatnya dan mengais rezeki untuk perusahaanmu.

Baca Juga:  Semangat Kerja Menurun di Awal Minggu? Coba Lakukan 3 Hal Ini

Jadi jangan heran jika yang menjadi salah satu persyaratannya adalah pandai membawa diri dan berpenampilan menarik. Good looking akan menjadi salah satu nilai plus bagimu jika hendak menjajal pundi-pundi di bidang ini. Untuk penghasilannya, angka berkisar mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 10 juta. Ini semua tergantung dari jenis perusahaan tempatmu bekerja.

3. Wartawan

Jika kamu termasuk suka menulis atau menjelajah dan jalan-jalan, profesi yang satu ini akan cocok untukmu. Hal ini dikarenakan sebagian besar jurnalis atau reporter kerap bekerja di lapangan untuk mencari data dan fakta melalui liputan dan wawancara. Kamu juga berkemungkinan besar akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan sosial dan masyarakat. Entah itu selebriti dan orang-orang top, pejabat hingga petinggi pemerintahan.

Memang benar bahwa untuk penghasilan, profesi ini belum bisa menjanjikan income yang besar. Nominalnya termasuk kecil di Indonesia, profesi wartawan ini gajinya berada di kisaran Rp 3 juta hingga Rp 6 juta. Tapi tentu tak hanya sekadar uang dan pengalaman, relasi dan koneksi yang kamu dapatkan tentunya akan bisa bermanfaat bagi kelangsungan kariermu ke depannya.

Itulah 3 pilihan karier untuk fresh graduate. Intinya memilih pekerjaan pertama lebih baik fokus pada menambah pengalaman dan wawasan. Selain itu hal positif lainnya, kamu bisa belajar menjadi lebih mandiri ketika bekerja dengan memiliki penghasilan (income) sendiri! Semoga sukses!

Artikel ini merupakan kerja sama Kredivo dan Cermati.

 

Share this article