Apakah Benar Merawat Tanaman Hias Bisa Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental?

Seiring dengan terus meningkatnya orang yang terpapar oleh virus Covid-19, banyak sekali orang yang hanya melakukan banyak kegiatan di rumah saja. Hal ini memicu banyak kegiatan yang memiliki tren baru, seperti mendekor ulang rumah, mengikuti kelas zoom, membuat bisnis makanan hingga merawat tanaman hias yang sedang booming saat ini.

Merawat tanaman hias gak cuma bikin ruangan kerja atau pekarangan kamu jadi indah saja, tapi banyak juga hal positif yang bisa didapat dari kegiatan ini, seperti mengisi waktu luang, meningkatkan kreativitas hingga membantu kesehatan fisik dan mental.

Mungkin buat yang belum pernah melakukan kegiatan ini akan bertanya-tanya, kok bisa merawat tanaman menjaga fisik dan mental? Oleh karena itu, buat yang sedang berminat ingin merawat tanaman, kali ini Kredimin bakal kasih tau kamu manfaat merawat tanaman pada kesehatan fisik dan mental. Cekidot!

Kesehatan Fisik

Diliput dari Kumparan, sebuah penelitian di University of Melbourne dan RMIT University, yang menyebut bahwa meletakkan satu tanaman di sebuah ruangan kecil bisa meningkatkan kualitas udara sebanyak 25 persen. Sedangkan meletakkan dua tanaman dalam satu ruangan bisa memperbaiki kualitas udara hingga 75 persen dan meningkatkan kesejahteraan mental sebesar 45 persen.

Makanya, jika kamu merawat tanaman dan menempatkannya di ruangan rumah, kamu seakan sedang jalan-jalan ke tempat yang banyak pohon dan tumbuhan, pasti tubuh menjadi lebih rileks dan energi terasa di-recharge. 

Lebih lengkapnya, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa tanaman yang kamu letakkan di rumah membuat ruangan menjadi terasa segar, udara yang kamu dapat pada ruangan tersebut akan lebih bersih, membunuh debu dan bakteri, hingga meningkatkan kualitas tidur. 

Kesehatan Mental

Dikutip dari Kompas, sebuah organisasi nirlaba American Horticultural Therapy Association telah mengadvokasi kekuatan terapeutik dalam merawat tanaman di rumah, industri perawatan kesehatan, dan lingkungan akademisi. Terapi hortikultura sebenarnya sudah digunakan sejak akhir abad ke-19 untuk mengurangi beberapa penyakit seperti demensia, depresi, schizophrenia, hingga membantu proses pemulihan orang-orang yang menderita kanker stadium akhir.

Baca Juga:  Mau Jalan-Jalan ke Luar Negeri? Siapkan 4 Hal Ini Agar Makin Happy

Selain itu, merawat tanaman hias juga bisa meredakan stress, sebab menanam tanaman secara aktif dan berkala ternyata bisa jadi aktivitas yang bikin kamu menjadi lebih fokus pada kehidupan. Gak lagi isi waktu luang buat stalking mantan atau swipe kanan kiri tapi gak ada yang match

Ini juga didukung oleh Gary L. Altman dari AHTA (American Horticultural Therapy Association), menurutnya merawat tanaman memberikan kenikmatan secara psikologis serta memberikan manfaat untuk kesehatan fisik karena kamu akan terus bergerak dan melupakan hal negatif pada kehidupan.

Yuk Merawat Tanaman Hias!

Nah, udah kamu udah taukan banyaknya manfaat menanam dan merawat tanaman hias buat kesehatan fisik dan mental. Buat yang baru mau mulai, jangan lupa membaca tips-tips merawatnya. Jangan asal menanam dan meletakkan di rumah saja.

Selain itu, tanaman hias juga sudah banyak dijual secara online, sehingga kamu bisa belanja tanaman hias di rumah saja menggunakan Kredivo ketika pandemi melanda seperti sekarang. Daripada menghabiskan tabungan untuk membeli tanaman, sok sini Kredivo bayarin dulu, bayarnya nanti, biar cash flow kamu tetap sehat dan sejahtera.

Nih, ada beberapa rekomendasi tanaman hias dan kisaran harganya:

Sansiviera (Rp44.000)
Spider Plant (Rp35.000)
Bunga Krisan (Rp45.000)

Selamat bercocok tanam, Kredipal!

Share this article