Kredivo _ luar negeri

Modal Rp 1 Jutaan Bisa Traveling ke Luar Negeri? Wujudkan dengan Cara Ini!

Banyak orang yang beranggapan bahwa liburan ke luar negeri membutuhkan biaya yang ga sedikit jumlahnya, sehingga mimpi untuk traveling ke mancanegara masih belum terwujud sampai sekarang. Padahal jika lebih cermat dalam melakukan perencanaan, siapapun bisa mengunjungi negara-negara indah di luar negeri tanpa perlu anggaran besar. Bahkan dengan bermodalkan Rp 1 jutaan, kamu bisa  menikmati perjalanan ke negara lain. Bagaimana caranya? Simak terus selengkapnya di artikel ini!

Pilih destinasi terdekat dari lokasimu

Ketika memutuskan pergi ke luar negeri untuk pertama kali, mulailah dari menyinggahi negara-negara yang dekat dengan Indonesia terlebih dahulu. Singapura dan Malaysia bisa jadi pilihan tepat karena mudah untuk dijangkau dari beberapa kota besar Indonesia seperti dari Jakarta, Denpasar, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Tak hanya soal jarak, negara tetangga ini juga memiliki banyak kemiripan dengan Indonesia sehingga kamu gak akan kaget akan perbedaan budaya dan kebiasaan di sana. Kedua destinasi tersebut memang sering dipilih masyarakat Indonesia untuk pergi berlibur, maka gak heran kalau banyak maskapai penerbangan yang menawarkan harga tiket promo yang bahkan jauh lebih murah dari harga tiket ke destinasi dalam negeri. Hal ini tentunya bisa bikin kamu makin menghemat bujet!

Berburu promo tiket pesawat murah

shutterstock_520314439

 

Di era yang serba digital saat ini, semakin mudah untuk para traveler mencari tiket pesawat murah. Sudah menjadi rahasia umum bahwa maskapai penerbangan low cost carrier (LCC) seperti AirAsia, Jetstar, Scoot sering kali memberi promo tiket besar-besaran, apalagi untuk destinasi populer. Kamu bisa kunjungi situs perbandingan harga tiket supaya lebih mudah melihat dan membandingkan penerbangan termurah dari berbagai maskapai. Pilih tanggal keberangkatan dari jauh-jauh hari, dan rencanakan tanggal penerbanganmu di tengah-tengah minggu seperti hari Selasa atau Rabu untuk memangkas bujet. 

Kamu juga bisa langsung mengunjungi website maskapai yang mau dipilih, karena gak jarang promosi tiket murah hanya diumumkan melalui situs resmi maskapai. Bahkan beberapa waktu lalu, sebuah maskapai memberi promo ke Kuala Lumpur seharga Rp 500 ribu dan ke Singapura dengan kisaran harga Rp 700 ribuan untuk rute pulang pergi dari Jakarta. Kalau beruntung, kamu bahkan bisa mendapatkan promo kursi gratis dari salah satu maskapai!

Baca Juga:  Kucing memang seru buat main-main, tetapi harga merawatnya juga bukan main-main

Cari host di negara tujuan

Salah satu biaya yang cukup memberatkan ketika berlibur ke luar negeri adalah biaya penginapan. Kalau mau menghemat biaya perjalanan, kamu bisa mencari pemberi penginapan alias host di negara tujuan. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya penginapan saat liburan di luar negeri karena menumpang di rumah host tersebut. Ada banyak website yang bisa membantumu menemukan host di negara tujuan, seperti Couchsurfing salah satunya.

Buat kamu yang belum tahu, Couchsurfing adalah sebuah komunitas traveler internasional dimana para anggotanya bisa menawarkan dan meminta penginapan secara cuma-cuma untuk waktu tertentu. Kamu bisa langsung mengunjungi situs Couchsurfing, membuat akun, memilih host di negara tujuanmu, dan menghubungi mereka agar mereka kamu menampungmu di rumahnya. Supaya lebih aman, pilih host yang mendapatkan banyak respon positif dari tamu-tamunya dan mencantumkan alamat mereka secara lengkap. Yang perlu diperhatikan, mengingat Couchsurfing adalah sebuah komunitas, kamu juga harus bersedia menjadi host bagi para traveler mancanegara ketika mereka berkunjung ke kotamu nanti. 

Gunakan transportasi publik

shutterstock_144048505

 

Selama di negara tetangga, cobalah untuk bepergian dengan transportasi umum sehingga kamu ga perlu mengeluarkan dana besar untuk pos transportasi. Apalagi moda transportasi umum di negara tetangga kita sudah sangat memadai. Mulai dari bus hingga transportasi berbasis rel seperti MRT, dan LRT, kamu bisa mengelilingi negara tersebut dengan nyaman dan murah. Begitu juga untuk transportasi dari bandara menuju pusat kota, kamu bisa memanfaatkan transportasi umum yang tersedia di bandara.

Misalnya dari Bandara Kuala Lumpur, jika kamu menggunakan pesawat LCC, kamu akan mendarat di Terminal LCC. Terdapat beberapa alternatif transportasi murah dari Bandara Terminal LCC menuju kota Kuala Lumpur dan sebaliknya, seperti Skybus dan Aerobus yang mematok harga di kisaran 14-18 ringgit untuk perjalanan pulang pergi satu orang. Sedangkan dari Bandara Changi menuju pusat kota, kamu bisa menggunakan Skytrain secara gratis ke arah Terminal 2 atau Terminal 3, tempat dimana stasiun MRT berada. 

Jalan-jalan ke tempat wisata gratis

Baca Juga:  Atur Keuangan Agar Bisa Nonton Konser Musik Incaran

Selain dari penginapan dan transportasi, kamu juga bisa menyiasati bujet minim yang kamu miliki dengan memilih tempat wisata gratis. Menemukan tujuan wisata gratis di negara tetangga merupakan hal yang cukup mudah kok. Misalnya di Malaysia, kamu bisa berfoto di depan menara kembar atau berkunjung ke Batu Caves tanpa perlu membayar. Di Singapura, kamu bisa berjalan kaki di sepanjang Orchard Road, berkunjung ke Singapore Botanical Garden, atau menikmati pertunjukan laser malam hari di Marina Bay dengan gratis.

Pilih makanan foodcourt ketimbang restoran

shutterstock_184492361

 

Sehemat apapun kamu di luar negeri, tentu jangan sampai melewatkan makan. Jangan khawatir dengan biaya makan di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, apalagi jika kamu memilih untuk makan di food court atau membeli makanan siap saji di convenience store seperti 7 Eleven, bukan di restoran. Di Singapura, harga seporsi menu di food court atau di 7 Eleven biasa dibanderol 3 dollar Singapura sampai 5 dollar Singapura. Sedangkan di Malaysia, kamu bisa mendapatkan seporsi makanan dengan harga 3 hingga 5 ringgit.

Masih bingung dengan perhitungannya? Berikut panduannya!

Perjalanan ke Singapura

Aktivitas Biaya Dalam Rupiah
Tiket PP CGK – SG Rp750.000
Makan (3×3 hari) SGD 5 x 9 Rp472.500
Tourist pass untuk 3 hari SGD 20 Rp210.000
Total  Rp1.432.500


Perjalanan ke Malaysia

Aktivitas Biaya Dalam Rupiah
Tiket PP CGK – KL Rp500.000
Makan (3×3 hari) MYR 5 x 9 Rp157.500
Airport transfer PP (Aerobus KLIA) MYR 14 Rp49.000
KL Pass untuk 3 hari MYR 75 Rp262.500
Total  Rp969.000


Nah, dengan bujet sekitar Rp 1 jutaan, kamu sudah bisa traveling hingga ke luar negeri. Tentu saja biaya di atas adalah biaya di luar pembuatan paspor, oleh-oleh, atau pergi ke tempat berbayar lainnya. Kalau kamu mau pergi berlibur dalam waktu dekat, mungkin akan sulit untukmu mendapatkan tiket pesawat dengan harga miring.

Tapi bukan berarti kamu harus mengurungkan rencanamu, karena kamu masih bisa mendapatkan harga tiket terbaik dan memanfaatkan cicilan tanpa kartu kredit dari Kredivo di online travel agent rekanan Kredivo seperti Blibli, Panorama JTB, Instan Ticket, dan masih banyak lainnya! Tunggu apalagi? Yuk, segera urus paspor, siapkan ransel, dan berangkat menuju negara tersebut secepatnya. Selamat mencoba!

Share this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *