Koleksi Photocard pada Penggemar K-Pop yang Rela Merogoh Kocek hingga Jutaan Rupiah

Di sore hari yang cerah, Kredimin lagi buka Twitter untuk memantau tren apa yang sedang ramai di hari itu. Tak bisa dipungkiri akhir-akhir ini banyak berita politik yang meramaikan sosial media. Namun, di tengah gonjang-ganjing perpolitikan di dunia Twitter, ada satu akun yang Kredimin follow tiba-tiba me-retweet cuitan dari bulan Juni yang membuatnya sakit hati, berikut cuitannya:

Cuitan ini membuat Kredimin penasaran, gimana sih fenomena merchandise k-pop tersebut? Merchandise jenis apa yang paling dicari para penggemar K-Pop? Setelah menelusuri beberapa situs, membaca beberapa thread di Twitter dan Quora, mari simak ulasan berikut.

Dijuluki “Kertas Ganteng” Photocard Jadi Merchandise Favorit

2016 - MADE Full Album - Special Photocards (Double sided) — my BIGBANG  collection
Sumber: https://www.mybigbangcollection.com/

Sejatinya, photocard atau disingkat PC biasanya merupakan bonus yang ada di dalam album k-pop. Umumnya, dalam sekali rilis, akan terdapat beberapa versi PC yang menyesuaikan dengan jumlah jenis album.

Photocard acap kali disebut sebagai ‘kertas ganteng’ bagi para k-popers wanita lantaran materialnya terbuat dari kertas dan terdapat wajah idola mereka. Eits, tapi nggak sembarang kertas, lho! Setiap photocard memiliki bahan kertas atau laminating dan bentuk berbeda yang membuatnya terlihat eksklusif. Ditambah wajah para idola yang menghiasinya, semakin membuat photocard layak dijuluki sebagai ‘kertas ganteng.’

Bisa Lebih Mahal Dibandingkan Albumnya

Berdasarkan pengalaman Sayati pada Quora, wanita yang sudah 7 tahun bergelut di dunia k-pop ini menjelaskan mengapa photocard bisa lebih mahal dari albumnya itu sendiri, karena photocard ini didapat pada album edisi terbatas, album terbaru dan hanya grup tertentu saja.

Baca Juga:  Say No To Drugs, Sebaiknya Gunakan 5 Cara Ini untuk Menjaga Stamina dan Hilangkan Penat

Ditambah lagi, saat membeli full set album, kita tidak bisa memastikan akan mendapatkan photocard idola kita. Misalnya kamu penggemar BTS, ketika membeli albumnya belum tentu bisa langsung mendapatkan photocard Jungkook.

Ia menjelaskan lagi bahwa, bukan tentang adanya idol populer atau tdk populer dlm satu grup, namun ada beberapa idol yg mampu menjadi titik fokus sebagian fans, sehingga harganya biasanya dilebihkan.

Pernah Laku Hingga Rp12 Juta

Sumber: https://twitter.com/afrkml

Nah ini, Kredimin sempet mikir, paling semahal-mahalnya gak mungkin ah nyaingin gunpla yang harganya belasan juta. Namun, harga photocard ini memang bikin jiwa miskin kita meronta-ronta Kredipal, karena dihargai $ 839,99 atau Rp12,2 juta!

Alasannya mengapa photocard ini menjadi mahal adalah foto tersebut diambil dari acara Muster atau fanmeeting pertama yang digelar BTS. Wah, melihat fans k-pop yang bertambah setiap harinya dan harga merchandise yang luar biasa ini, photocard ini bisa jadi investasi gaya baru gak ya?

Nah, teruntuk kamu yang ingin membeli “kartu ganteng”, barang ini juga banyak kok tersedia di e-commerce. Daripada merogoh tabungan atau mengikis bujet harian untuk membeli photocard, Kredivo bisa kok bayarin dulu. Kamu bayarnya nanti aja, biar cash flow kamu tetap sehat dan sejahtera.

Share this article