jokowi imf _ Kredivo

Jokowi Bicara Soal Fintech, Ini Informasi Lengkap Tentang Forum IMF-World Bank 2018

Pertemuan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia atau IMF-World Bank 2018 di Bali, telah berakhir 15 Oktober lalu. Indonesia sebagai tuan rumah dinilai sukses dalam menyelenggarakan acara tahunan yang dihadiri 36.619 peserta dari 189 negara tersebut.  

Selain berhasil mengharumkan nama bangsa, acara ini pun berhasil menggerakan perekonomian Indonesia, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Mengenal perhelatan forum IMF-World Bank lebih jauh

Sebelum mengupas tuntas pertemuan IMF dan World Bank secara detail, mari kita mengenal terlebih dahulu IMF dan World Bank serta forum IMF-World Bank berikut ini.

IMF dan World Bank

International Money Fund (IMF) dan World Bank merupakan lembaga keuangan internasional yang bertugas untuk membantu perekonomian setiap negara anggota. Perbedaannya, IMF lebih berfungsi untuk membantu dari sisi eksternal. Misalnya seperti membantu negara yang terlilit utang dan mengawasi stabilitas nilai tukar mata uang. Sementara World Bank, berfungsi untuk memajukan ekonomi internal tiap negara. Misalnya melalui pemberian dana untuk menjalankan proyek pembangunan.

Tujuan diadakannya forum IMF-World Bank

Pertemuan IMF-Bank Dunia ini diselenggarakan oleh Dewan Gubernur IMF dan Bank Dunia setiap 1 tahun sekali pada awal Oktober. Pertemuan tersebut akan mempertemukan semua pihak yang terlibat dalam pembangunan perekonomian negara untuk membahas isu-isu yang menjadi perhatian global, termasuk prospek ekonomi dunia, pengentasan kemiskinan, pembangunan ekonomi, dan efektivitas bantuan.

Fintech menjadi salah satu pembahasan utama dalam forum IMF-World Bank 2018

Di tahun ini, pembahasan yang menjadi tema prioritas dalam forum hasil inisiasi dua lembaga internasional tersebut meliputi:

1. Kebijakan ekonomi global: Pembahasan ini diangkat agar pemulihan yang baik tak hanya dialami oleh negara maju, namun juga negara berkembang.  

2. Ekonomi digital: Berkisar kepada bagaimana ekonomi digital, salah satunya teknologi finansial (fintech), dapat digalakkan sebagai pembiayaan UMKM.

Baca Juga:  Apakah Kredivo Aman? Ini Kata Mereka yang Pernah Menggunakannya

3. Pembiayaan infrastruktur: Topik ini diangkat agar pembiayaan tak hanya datang dari APBN namun juga sumber lain seperti obligasi maupun penanaman modal untuk investasi infrastruktur.

4. Keuangan syariah: Untuk menunjukkan kepada dunia internasional mengenai pencapaian dan potensi besar yang dimiliki Indonesia dalam bidang tersebut.

Pidato Jokowi soal pertumbuhan fintech di Indonesia

Fintech alias financial technology menjadi salah satu bahasan utama dalam forum IMF-World Bank. Dalam agenda pembahasan tersebut, Presiden RI Joko Widodo mengingatkan kepada dunia tentang bagaimana langkah tepat dalam mengatur perkembangan financial technology (fintech).

Jokowi mengacu pada kebijakan Amerika Serikat (AS) yang menciptakan regulasi ramah dan akurat tentang internet tersebut. Menurut Jokowi, regulasi yang ramah dan akurat ini mencegah intervensi pemerintah yang terlalu berlebihan. Kedua, memberi para kreator untuk menciptakan tanpa takut akan kewajiban sipil dan hukum apabila eksperimen mereka gagal.

Perkembangan fintech di Indonesia juga terbilang dibiarkan oleh pemerintah agar para perusahaan fintech tersebut tumbuh dan berkembang sebagai perusahaan yang besar. Untuk itu, di pertemuan tahunan ini, diharapkan bisa menghasilkan beberapa regulasi dan rekomendasi untuk mengawal pertumbuhan fintech ke depannya. Hal ini tentunya bermanfaat bagi negara-negara berkembang yang tengah mengembangkan teknologinya.

Ikut mendukung setiap langkah positif pemerintah dalam perekonomian Indonesia

Kesuksesan perhelatan IMF-World Bank 2018 di Indonesia patut kita apresiasi. Perlu diketahui, Indonesia harus melalui perjuangan panjang dan bersaing dengan 8 negara lain untuk menjadi tuan rumah forum tersebut. Hingga akhirnya acara berlangsung sukses, dan Indonesia mendapatkan pujian dari seluruh dunia.

Pemerintah pun menyuarakan kepentingan Indonesia pada forum tersebut. Untuk itu, sudah sepatutnya kita turut mendukung setiap langkah positif pemerintah dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. Kredivo, sebagai salah satu fintech yang sedang berkembang di Indonesia, sangat mendukung regulasi pemerintah yang mampu mengawal pertumbuhan fintech ke depannya.  

Kredivo merupakan fintech di bidang kredit online yang memberikan layanan berbentuk bentuk limit kredit untuk digunakan belanja online, atau untuk dicairkan dalam bentuk dana tunai. Download Kredivo sekarang dan dapatkan pinjaman tunai dengan bunga terbaik!

Share this article