Kucing memang seru buat main-main, tetapi harga merawatnya juga bukan main-main

Tidak bisa dipungkiri kalau sekarang banyak sekali orang yang sangat menyukai kucing. Suaranya yang khas, tingkah yang lucu dan menggemaskan menjadikan hewan ini menjadi peliharaan favorit yang dipelihara di rumah.

Saat ini banyak sekali jenis kucing yang dipelihara orang-orang. Mulai dari kucing lokal hingga kucing yang berasal dari berbagai macam ras, kucing berbulu panjang hingga kucing yang tidak memiliki bulu, dan kucing berukuran besar hingga kucing berukuran kecil.

Semua orang yang sudah pernah memelihara kucing pasti setuju kalau memelihara kucing itu tidak mudah. Walaupun hanya kucing peliharaan, namun sebagai pemilik jangan cuma hanya sekedar memberi makan saja. Kucing juga harus diberikan perawatan yang terbaik, seperti memberikan makanan yang sesuai dan bergizi, hingga memperhatikan kebersihannya. Namun semua itu, memerlukan biaya yang tidak main-main.

Oleh karena itu, buat kamu yang sedang berencana memelihara kucing di rumah, wajib tahu apa saja dan berapa saja yang akan kita keluarkan nantinya. Untuk melihat lebih lanjut, mari simak penjelasan berikut.

 

Makanan

Karena makanan adalah kebutuhan yang paling pokok, jangan sembarangan dalam memberikan makanan, karena bila sembarangan memberi makanan, akan berdampak buruk pada kesehatan si kucing. Tidak semua kucing suka atau cocok dengan makanan yang diberikan.

Jika tidak cocok dengan makanannya, biasanya bulu si kucing akan menjadi rontok, nafsu makan berkurang hingga menyebabkan diare. Maka, pilihlah makanan yang tepat agar si meong tetap sehat dan kebutuhan nutrisinya juga terpenuhi.

Makanan pada kucing terbagi menjadi dua jenis, yaitu makanan basah atau wet food dan makanan kering atau dry food dengan berbagai macam merek. Tentunya setiap merek juga memiliki harga yang berbeda tergantung dari kelengkapan nutrisi dan ukuran kemasannya. Range harga pada wet food mulai dari Rp6.000 – Rp25.000 sedangkan dry food mulai dari Rp28.000 – Rp1.000.000.

Perlengkapan

Sebelum memelihara kucing, sebaiknya siapkan terlebih dahulu perlengkapan kucing yang wajib ada di rumah kamu. Mulai dari tempat tidur atau kandang, tempat makan dan minum, tempat pasir, pasir, sekop kecil, sisir kucing hingga sampo kucing. Kamu bisa membeli perlengkapan tersebut di petshop dengan range harga Rp15.000 – Rp300.000, tergantung kualitas yang diberikan pada setiap merek.

Grooming

Salah satu cara untuk merawat badan kucing adalah dengan cara grooming. Seperti di salon, kucing akan diberikan pelayanan mulai dari memotong kuku, membersihkan telinga, merapikan bulu hingga memandikan kucing. Bawalah kucing ke petshop yang menyediakan jasa memandikan kucing secara rutin, sebulan 1 hingga 2 kali. Biasanya setiap petshop akan memasang harga yang berbeda sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Berikut range harga grooming kucing.

  • Mandi biasa: Rp50.000 – Rp120.000
  • Mandi kutu: Rp75.000 – Rp150.000
  • Mandi Jamur: Rp75.000 – Rp150.000
  • Mandi Lengkap: Rp100.000 – Rp200.000
Baca Juga:  Bingung Pulsa Cepat Habis? Berikut 3 Tips Sederhana agar Tidak Isi Ulang Terus

Kesehatan

Biaya yang gak boleh kamu lupakan ketika memelihara kucing adalah biaya kesehatan kucing. Biaya ini termasuk biaya steril, vaksinasi, dan biaya tidak terduga lainnya bila kucing kamu jatuh sakit.

 

Kalau kamu memang tidak mau kucing kamu punya keturunan maka segera lakukan steril. Steril subsidi biasanya dibanderol sekitar Rp800.000 hingga Rp1.500.000. Tetapi ada juga yang gratis, contohnya di Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) Ragunan. Biaya steril bisa lebih mahal bila kamu steril mandiri, apalagi kalau kucing yang kamu miliki adalah kucing ras.

Kemudian, kamu pun masih perlu senantiasa memberikan vaksin rutin sesuai umur mulai dari usia 8-10 minggu, 12-14 minggu dan usia 20 minggu. Vaksin kucing lebih baik dilakukan setiap tahun agar kucing terhindar dari berbagai macam penyakit dan yang menyerang. Biaya tersebut sekitar Rp80.000 hingga Rp200.000.

Belum lagi buat biaya tidak terduga bila kucing sakit. Kamu wajib sisihkan sebagian penghasilan buat biaya tidak terduga ini.

Nah, sudah tahukan berapa banyak yang harus kita keluarkan untuk memelihara dan merawat kucing di rumah agar terus sehat, tumbuh aktif dan menggemaskan. Bila sudah berkomitmen untuk memelihara kucing, apapun risiko dan berapapun harganya, pasti sudah dipikirkan lagi. Terus berikan yang terbaik untuk kucing agar kucing terus sehat dan gembira.

Apalagi zaman sekarang sudah banyak petshop yang menjual makanan, pasir hingga mainan kucing di e-commerce kesayangan kamu. Makin mudah lagi bila menggunakan paylater dari Kredivo yang sudah ada di hampir semua e-commerce di Indonesia. Tinggal klik, makanan kucing sudah sampai di rumah kamu. Jadi, bersama Kredivo, udah gak ada alasan lagi kucing peliharaan kekurangan ini itu lagi.

Share this article