Mau Jalan-Jalan ke Luar Negeri? Siapkan 4 Hal Ini Agar Makin Happy

Apa kamu berencana jalan-jalan ke luar negeri akhir tahun ini? Pastinya selain excited, ada banyak persiapan yang uda kamu rencanakan. Bisa dibilang travelling ke luar negeri itu perlu perhitungan yang baik agar dompet tidak jebol. Misalnya, hitungan budget tiket pesawat dan akomodasi, lalu biaya shopping, kuliner, oleh-oleh dan pengeluaran lainnya.

Sayangnya, ada juga bujet yang penting tapi sering dilewatkan oleh banyak orang saat jalan-jalan ke luar negeri. Kesadaran traveller untuk menggunakan asuransi perjalanan sebagai jaminan perjalanan mereka masih rendah. Padahal penting juga lho beli asuransi perjalanan, manfaatnya juga untuk perlindungan dirimu dan keluarga.

Biar kamu gak bingung apa saja yang penting dipersiapkan sebelum travelling keluar negeri. Cek dulu 4 hal ini biar liburanmu makin nyaman, happy dan jauh dari drama travelling.

  1. Tentukan Bujet Jalan-Jalan

Melakukan perhitungan budget jelas penting dan tidak boleh disepelekan. Pilih destinasi liburan sesuai dengan bujetmu. Semisal bujet hanya Rp 5 juta, tentunya kamu bisa memilih destinasi negara Asia seperti Malaysia, Thailand, Singapura. Bila tertarik ke negara Eropa, bujet yang dimiliki harus lebih besar.

Poin ini sangat penting, khususnya traveller dengan tipe backpacker. Biar tidak ada drama jadi kere sehabis jalan-jalan, atau utang membengkak, kamu bisa cek dulu akomodasi, harga makanan, transportasi, dll di negara tujuanmu.

Cek juga nilai tukar uang rupiah terhadap negara yang akan kamu kunjungi. Bagi kamu yang liburan di negara maju seperti Eropa atau Amerika, plus mengajak keluarga, bujet akan beda dengan yang solo traveller ya! Makin banyak orang ikut jalan-jalan semakin seru, dan hal ini bisa sangat menguntungkan. Kamu bisa berbagi biaya dalam banyak hal, misalnya akomodasi, transportasi dan makanan.

  1. Buat Itinerary & Budget Lengkap
Baca Juga:  Gaya Hidup Tinggi Bikin Boros? Simak Tips Smart Ini Agar Bisa Hemat 

Selain menentukan bujet, hal penting kedua ialah membuat itinerary acara jalan-jalanmu beserta bujetnya. Catat semua dengan baik, semakin rinci, justru semakin baik. Pahami juga bujet biaya traveling itu juga termasuk tiket masuk wahana rekreasi, biaya oleh-oleh, jajan, dll semua kisaran pengeluaran yang akan kamu lakukan wajib dihitung.

Kuncinya, jangan malas untuk buat itinerary dan melakukan cek biaya. Berbeda dengan Indonesia, rata-rata negara maju memiliki sistem pembayaran untuk bayar akomodasi, transportasi hingga wahana hiburan dengan sistem cashless dengan kartu kredit. Jadi, ini menguntungkan karena kamu lebih bisa mengatur pengeluaran selama liburan.

  1. Gunakan Kartu Kredit dan Debit dengan Bijak

Biar liburan makin nyaman, jangan lupa cari tahu nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara tujuanmu. Sebagai acuan, untuk selisih nilai tukar yang kurang dari 70 poin terhadap nilai tukar yang ditetapkan oleh Bank Indonesia pada kategori rendah, dan sebaliknya. Kamu bisa tukarkan uangmu di money changer yang menawarkan rate yang bagus.

Biar jalan-jalanmu aman, kamu tidak perlu membawa banyak uang tunai saat jalan-jalan, bawa saja secukupnya. Transaksi di luar negeri zaman now nggak ribet, dan kamu bisa menggunakan kartu kredit atau debit. Pastikan kartu kredit atau debit kamu sudah aktif dan bisa digunakan untuk transaksi secara internasional. Hal ini bisa dicek langsung ke penerbit kartu kredit dengan mendatangi bank penerbit atau via tell call center bank penerbitmu.

  1. Lindungi Diri, Beli Asuransi Perjalanan

Selanjutnya, guna menghindari drama jalan-jalan semisal koper hilang, penerbangan delay, tiba-tiba sakit saat di luar negeri. Ada baiknya kamu melindungi diri dengan membeli asuransi perjalanan. Melindungi diri dengan asuransi sudah menjadi syarat wajib di beberapa negara, seperti Eropa, Amerika, dan Australia.

Baca Juga:  Puas Liburan Akhir Tahun Meski Bujet Minim dan Waktu Mepet, Ini 5 Rahasianya

Asuransi perjalanan tergolong asuransi yang sangat bermanfaat bagi para traveler sebab asuransi tidak hanya melindungi kamu dari berbagai gangguan kesehatan tapi juga kehilangan barang bawaan, delay dan pembatalan penerbangan, hingga perlindungan terhadap harta benda yang ditinggal di rumah. Banyak sekali perluasannya, dan ini semua bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Pastinya, kamu tak perlu khawatir beli asuransi bikin bokek. Justru membeli asuransi perjalanan akan menguntungkan dan melindungimu. Kini harga asuransi juga bervariasi, kamu bisa memilih asuransi perjalanan yang sesuai bujet, dan perlindungan yang diperlukan. Kamu bisa membandingkan banyak produk asuransi perjalanan di cermati.com dan membelinya sekaligus.

Dijamin kalau kamu menerapkan 4 tips diatas, jalan-jalanmu di luar negeri akan lebih nyaman, tenang. Happy travelling ya!

Share this article