Memperingati Hari Kemerdekaan, Apa yang Kamu Perjuangkan di Tengah Pandemi?

Momen memperingati hari kemerdekaan pada 17 Agustus adalah saat yang tepat untuk mengenang dan meresapi jasa-jasa pahlawan yang telah sukses memperjuangkan kemerdekaan dan mempersatukan NKRI. Biasanya hal ini diwujudkan dengan upacara bendera hingga melaksanakan lomba atau kegiatan untuk menyatukan masyarakat.

Namun tahun ini sangat berbeda, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat kita semua melihat melihat momen kemerdekaan dengan hal yang baru. Sebab, saat ini kita semua juga sedang berperang di masa melewati pandemi yang masih belum tahu kapan berakhirnya. Kunci awal menuju “kemerdekaan” sekarang adalah lepas dari kepanikan akibat pandemi dan bersatu melawan egoisme dengan tetap mematuhi anjuran protokol kesehatan dalam segala rutinitas di era new normal. 

Oleh karena itu, kita tidak hanya mengenang jasa para pahlawan terdahulu tapi juga menghargai perjuangan pahlawan “garda terdepan” yang banyak gugur di medan perang dalam proses penyembuhan pasien covid-19. Selain itu, bisa dibilang kamu juga salah satu pejuang di tengah pandemi Covid-19. Memang apa saja yang diperjuangkan? Mari simak ulasan berikut.

Pejuang Protokol Kesehatan

Teruntuk kamu yang masih di rumah aja ketika tidak memiliki kegiatan yang penting di luar rumah, memakai masker setiap keluar rumah, segera mandi ketika pulang ke rumah, sering menyemprotkan desinfektan sebelum menerima barang atau duduk di tempat baru, selalu mencuci tangan, disiplin menguatkan imun dengan mengkonsumsi vitamin, kamu salah satu pejuang protokol kesehatan. 

Jangan menghiraukan orang yang memandang kamu “ribet” jika kamu melakukan hal ini. Mereka tidak memikirkan kalau kamu berjuang demi kesehatan orang-orang di sekeliling kamu yang kamu sayangi. Terus berjuang dan bila perlu membawa peralatan kesehatan lebih seperti masker atau hand sanitizer, jadi kamu bisa memberikannya langsung jika di sekelilingmu ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan di tengan pandemi.

Pejuang Ekonomi

Tidak bisa dipungkiri kalau ekonomi sangat melemah terutama ketika awal pandemi, dimana semua mall, pasar, restoran, acara musik tutup hingga banyak sekali kantor yang tidak bisa menghadapi situasi ini hingga melakukan PHK massal. Keadaan ini tidak hanya melanda Indonesia, tetapi seluruh dunia.

Banyak sekali orang-orang berjuang dengan cara beralih menjual makanan, masker kain, jamu, jus atau minuman kesehatan lainnya demi mendapatkan pendapatan di tengah pandemi. Tidak hanya kalangan menengah saja, artis-artis atau musisi juga melakukan hal yang sama, contohnya Enzy Storia yang menjualan puding, Masayu menjual mukena dan masih banyak lagi. Alhasil, bisnis lokal ini dapat menyokong perputaran ekonomi dalam negeri.

Lalu, ketika masa PSBB transisi dimana beberapa sektor ekonomi sudah kembali buka, banyak sekali pejuang ekonomi kembali bekerja dan “berdansa” dengan virus Covid-19, tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dicanangkan. Tetap semangat dan sehat selalu, para pejuang ekonomi!

Pejuang Dana Darurat

Dana darurat adalah salah satu hal yang sering dibahas ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Sebagaimana kita tahu bahwa dana darurat sangat dibutuhkan dalam keadaan gawat, sehingga dana darurat berperan penting bagi orang-orang yang terkena imbas ekonomi di tengah pandemi.

Tidak sedikit juga orang yang baru menyadari hal ini dan mulai memotong anggaran hingga mengencangkan ikat pinggang. Sebab, tidak bisa dipungkiri kalau pandemi ini belum tahu kapan berakhir dan masih banyak kemungkinan kita semua berada di keadaan gawat sehingga membutuhkan dana darurat di kemudian hari.

Tetap semangat dan sehat selalu, para pejuang dana darurat!

Pejuang Pendidikan

Selama pandemi Covid-19, para murid tidak melaksanakan kegiatan belajar mengajar seperti biasanya, para murid belajar daring atau online di rumah saja. Tak bisa dipungkiri kalau orang tua berperan penting untuk mengajarkan anak (terutama anak SD) untuk bisa menyerap pelajaran yang diberikan oleh guru.

Untuk anak SMP maupun SMA, jangan malas! Inilah waktunya kamu mengembangkan bakat yang tersimpan selama di rumah saja. Walaupun sistem belajar mengajar secara daring memang terkesan kurang efektif, tetapi dengan kekurangan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan kreativitas dalam memecahkan berbagai masalah. Sebab, kreativitas itu tiada batas.

Tetap semangat dan sehat selalu, para pejuang pendidikan!

Pejuang Tanggal Tua

Sebelum adanya pandemi Covid-19, bisa dibilang tidak sedikit orang yang berjuang di tanggal tua. Apalagi sekarang ada tambahan kebutuhan seperti kebutuhan kesehatan, seperti membeli masker, hand sanitizer, desinfektan, vitamin dan lain-lain, yang membuat pos kebutuhan lebih banyak dari sebelumnya.

Teruntuk pejuang tanggal tua, tahu gak, kalau Kredivo bisa jaga keamanan cash flow kamu, lho. Kalau kamu harus membayar PLN, kuota internet dan lain-lain ada layanan pay later bunga 0% jika kamu membayar dalam 30 hari setelah transaksi dan kalau kamu punya kebutuhan mendadak atau kebutuhan lainnya yang memerlukan dana lumayan besar, kamu bisa menggunakan pay later pembayaran berkala 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan bunga dengan 2,6% saja per bulannya.

Tenang, Kredivo gak kemana-mana kok, tetap setia membantu kalian semua dalam keadaan apapun. Tetap semangat dan sehat selalu, para pejuang tanggal tua!

Share this article