Pakai Cara Atur Keuangan Ini Kalau Nggak Mau Terus-Terusan Jadi “Sobat Misqueen”

“Sobat misqueen” menjadi istilah baru di media sosial untuk menyebut kondisi yang berkaitan dengan ekonomi dan keuangan yang serba kekurangan. Istilah ini sering digunakan ketika seseorang nggak mampu memenuhi kebutuhan dirinya. Biasanya label ‘sobat misqueen’ sering datang di akhir bulan alias tanggal tua.

Tentunya kamu nggak mau kan jadi “sobat misqueen” terus-terusan? Yuk, bebaskan diri kamu dari label tersebut dengan sejumlah cara atur keuangan berikut ini!

Wajib hukumnya mengalokasikan penghasilan

Sobat misqueen pasti sering ngerasa kalau gaji cuma numpang lewat doang. Bener nggak? Biasanya penyebab masalah ini karena nggak adanya alokasi keuangan bulanan. Coba deh, setiap kamu mendapatkan gaji bulanan, langsung alokasikan ke beberapa pos pengeluaran. Kalau menurut pakar keuangan, alokasi penghasilan dengan sistem 50-30-20 cukup efektif untuk dilakukan. Alokasikan 50% penghasilan untuk kebutuhan harian seperti biaya makan, transportasi, dan biaya cicilan, 30% untuk tabungan dan investasi, serta 20% sisanya untuk kebutuhan entertainment. Dengan cara ini, dana untuk kebutuhan rutin bulanan sudah aman, sehingga kamu gak lagi bangkrut di akhir bulan!

Punya rekening lebih dari satu

Setelah mengalokasikan penghasilan bulanan, akan lebih baik lagi jika kamu membedakan tempat penyimpanan dana untuk kebutuhan harian dengan tabungan. Simpan biaya kebutuhan harian di rekening tempatmu menerima gaji. Sedangkan untuk tabungan, kamu bisa membuka rekening baru dan menyimpan dana tersebut di sana. Dengan begitu, kamu nggak akan tergoda untuk membelanjakan uang simpanan tersebut secara tidak sengaja.

Pangkas pengeluaran yang nggak perlu

Berapa kali kamu minum kopi kekinian dalam seminggu? Apa kamu sering nongkrong fancy bareng teman-temanmu? Berlangganan banyak akun premium untuk memenuhi lifestyle? Jika jawabannya iya, maka sudah saatnya untuk memangkas pengeluaran-pengeluaran tersebut. Nah, bila sudah berhasil memangkas pengeluaran yang tidak perlu, kamu bisa mengalihkan nilai penghematan itu untuk menambah porsi tabungan kamu.

Mulai Berinvestasi untuk imbal hasil lebih tinggi

Baca Juga:  Daftar Situs yang Gelar Belanja Online Murah di Bulan Kemerdekaan, Jangan Terlewat!

Memang, menabung bisa membuat kamu nggak jadi sobat misqueen lagi. Tapi kalau kamu mau jadi sobat kaya seterusnya di masa depan, coba mulai simpan danamu di produk investasi. Sebab, produk investasi bisa memberikan imbal hasil lebih besar dibandingkan tabungan. Untuk pemula, coba berinvestasi di instrumen reksadana. Selain minim risiko, kamu juga akan dibantu oleh manajer investasi, sehingga kamu akan lebih mudah untuk mengelolanya.

Cari pekerjaan sampingan sekarang juga

Apabila setelah atur keuangan kamu masih menjadi “sobat misqueen”, artinya kamu memang membutuhkan tambahan penghasilan. Mulailah manfaatkan skill yang kamu miliki dan gali pundi-pundi uang dari sana. Kamu suka menulis? Banyak startup yang membutuhkan konten untuk mengisi website mereka. Kamu jago menyanyi? Coba jadi penyanyi di resepsi pernikahan. Kalau kamu pintar-pintar mencari, ada banyak sekali pekerjaan lepas di luar sana yang penghasilannya lumayan!

Manfaatkan Kredivo untuk keadaan darurat

Keadaan darurat juga nggak jarang bikin seseorang harus menguras habis dana simpanannya, sehingga bisa-bisa mendadak miskin. Untuk itu, dalam kondisi darurat yang membutuhkan dana dalam jumlah cukup banyak, manfaatkan layanan pinjaman tunai dari Kredivo. Selain bisa membantumu untuk atur keuangan dan cashflow, Kredivo juga menawarkan bunga paling rendah dibandingkan perusahaan pinjaman online lainnya. Ditambah lagi, limitnya besar dan tenornya panjang.

Jadi, sudah siap mengubah label “sobat misqueen” menjadi sobat kaya?

Share this article