kelola uang untuk persiapan pernikahan - Kredivo

5 Strategi Sukses Kelola Uang Agar Bisa Segera Halalkan Pasangan

Memasuki bulan cinta, apa yang kamu rencanakan bersama pasangan untuk menunjukkan kasih sayang kepada satu sama lain? Bertukar kado, makan malam romantis, atau hanya merayakannya dengan sederhana karena kamu dan pasangan sibuk menabung untuk persiapan pernikahan? Jika kamu masuk dalam kategori yang terakhir, maka Kredivo memiliki strategi jitu dalam kelola uang agar kamu dan pasangan bisa mengumpulkan modal pernikahan dalam satu tahun.

Selain menyisihkan pengeluaran untuk menambah tabungan nikah, sebenarnya ada banyak cara sederhana yang bisa kamu dan pasangan lakukan untuk mengatur keuangan. Apa saja strategi kelola uang yang bisa kalian lakukan?

1. Sisihkan gaji bulanan dan alokasikan untuk biaya pernikahan

shutterstock_579975913

Pertama-tama, pastikan kamu dan pasangan telah menyusun bujet untuk pesta pernikahan. Sebagai contoh, biaya pesta pernikahanmu diperkirakan memakan dana sebesar Rp 50 juta. Kamu bisa menyisihkan gaji bulanan dan mengalokasikannya untuk tujuan yang berbeda. Misalnya gajimu dialokasikan untuk membayar gedung, sedangkan gaji pasanganmu untuk membayar dekorasi. Hal ini disarankan untuk dilakukan agar kamu dan pasangan mengetahui rincian pemasukan dan pengeluaran.

Supaya lebih mudah, kamu bisa mulai menyisihkan 20 persen dari gaji bulanan. Misalnya kamu dan pasanganmu sama-sama memiliki gaji sebesar Rp 5 juta. Berarti kamu dan pasangan masing-masing bisa menabung sekitar Rp 1 juta per bulan. Apabila kalian menabung selama satu tahun dengan simulasi tersebut, kira-kira kalian bisa mengumpulkan sebanyak Rp 24 juta dalam satu tahun. Alokasikan Rp 10 juta untuk biaya gedung, dan Rp 14 juta sisanya untuk membayar setengah biaya catering.

Dari perhitungan di atas, jumlah tabungan kamu dan pasangan masih belum menutupi keseluruhan biaya pernikahan yang telah ditentukan. Tapi tenang saja, karena masih banyak cara yang bisa dilakukan.

2. Ubah kebiasaan kencan mewah menjadi kencan sederhana

shutterstock_735364756

Kencan tentunya merupakan kegiatan mingguan yang paling ditunggu-tunggu. Mulai dari pergi ke mall, nonton di bioskop, atau sekadar makan malam di restoran, hampir setiap pasangan menghabiskan akhir pekannya untuk melakukan kegiatan tersebut. Namun, khusus bagi pasangan yang berencana untuk segera menikah, kamu bisa mulai mengurangi kebiasaan ini dan menggantinya menjadi kencan sederhana.

Sebab jika dihitung lagi, ternyata pengeluaran kencan tiap akhir pekan di luar rumah memakan biaya yang lumayan. Nonton film bioskop bisa menghabiskan Rp 50 ribu, makan di restoran Rp 50 ribu, jika kamu nonton dan makan di dalam mall, biaya parkir sekaligus bensin bisa mencapai Rp 50 ribu.

Itu baru biaya untuk satu orang, jangan lupa kalikan dua untuk tiket nonton dan biaya makan jika kamu pergi bersama pasangan. Totalnya, kamu dan pasangan bisa menghabiskan Rp 250 ribu sekali kencan. Jika dikalikan setahun, kamu sudah bisa mengumpulkan sebesar Rp 13  juta!

Coba mulai ubah kebiasaan kencan di luar dengan menghabiskan waktu bersama di rumah. Kamu bisa mengganti kegiatan makan di restoran atau nonton di bioskop dengan memasak bersama dan movie marathon di rumah, lalu alokasikan dana kencanmu untuk menambah sisa biaya catering.

3. Komitmen untuk memangkas biaya operasional harian

money-3

Bukan hanya anggaran kencan yang harus dipangkas, kamu juga harus menambah jumlah tabungan. Selain dari gaji yang disisihkan tiap bulannya, coba untuk mengisi tabungan dengan menyisakan bujet kebutuhan sehari-hari. Jumlahnya tidak harus besar, yang penting konstan dan terus menerus. Kamu bisa mulai menabung sebesar Rp 50 ribu setiap minggunya dalam celengan bersama. Jika kamu dan pasangan konsisten untuk sama-sama menabung sebesar Rp 50 ribu per minggu, dalam setahun kalian bisa mengumpulkan Rp 5,2 juta. Uang ini bisa kamu gunakan untuk biaya undangan, souvenir, dan sewa baju pengantin.

4. Cari pemasukan sampingan

shutterstock_519933199

Mengingat pesta pernikahan masih berlangsung dalam 12 bulan ke depan, maka kamu dan pasangan masih punya cukup banyak waktu untuk mencari pekerjaan sampingan yang akan menambah pemasukan. Kalian bisa mulai geluti beberapa pekerjaan sampingan yang bermodalkan keahlian. Misalnya kamu jago desain, maka kamu bisa mencari lowongan sebagai desainer grafis lepas. Apalagi saat ini banyak perusahaan start-up yang membutuhkan desainer grafis untuk memperindah tampilan website mereka, kesempatan untuk mendapat uang tambahan semakin terbuka lebar.

Kamu juga bisa menjalani bisnis online, misalnya dengan menawarkan hasil kerajinan tanganmu di media sosial, atau menjual barang dagangan orang lain dan mengambil keuntungan. Selain barang, kamu juga bisa lho, menawarkan jasa seperti menjadi tutor online atau menjual hasil karya jepretanmu ke situs microstock seperti Shutterstock atau Envato. Beri target untuk menghasilkan uang minimal Rp 1 juta per bulan dari pekerjaan sampingan kalian. Dengan begitu, kamu dan pasangan bisa mengumpulkan sebanyak Rp 24 juta selama satu tahun.

5. Manfaatkan fasilitas kredit untuk kebutuhan di luar resepsi

shutterstock_674011873-1

Apabila perkiraan bujet resepsimu sebesar Rp 50 juta, sebenarnya kamu sudah memiliki cukup dana jika mengikuti simulasi kelola uang seperti yang dijabarkan di atas. Namun, dana yang terkumpul baru mencukupi untuk memenuhi biaya resepsi. Masih ada beberapa hal lain yang juga membutuhkan biaya lumayan, seperti biaya untuk cincin pernikahan, acara lamaran, hingga barang seserahan. Cara lain yang bisa diterapkan untuk meringankan biaya kebutuhan tersebut adalah dengan memanfaatkan fasilitas kredit online dari Kredivo.

Dengan Kredivo, kamu bisa belanja online berbagai kebutuhan, mulai dari membeli barang fashion, perabotan rumah tangga, hingga cincin pernikahan di lebih dari 200 merchant! Segala barang kebutuhan pernikahan bisa kamu dapatkan dengan opsi bayar dalam 30 hari atau cicilan. Jika kamu memilih “bayar dalam 30 hari”, kamu tidak akan dikenakan bunga apa pun alias 0%. Sementara untuk opsi cicilan tenor 3, 6, dan 12 bulan, bunga yang dikenakan paling rendah dibanding perusahaan multi-finansial lainnya yaitu sebesar  2,95% per bulan. Maksimum limitnya pun mencapai Rp 30 juta! Dapatkan informasi selengkapnya mengenai Kredivo di sini.

Itulah 5 strategi sukses dalam kelola uang supaya kamu dan pasangan bisa menikah tahun depan. Jika kamu dan pasangan sudah sama-sama yakin untuk segera menikah, maka kalian harus berkomitmen untuk mengencangkan ikat pinggang mulai sekarang. Jadi, sudah siap kelola uang untuk wujudkan rencana pernikahan?

Share this article

One thought on “5 Strategi Sukses Kelola Uang Agar Bisa Segera Halalkan Pasangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *