Buat Kamu yang Baru Kerja, Terlalu Banyak Melakukan 3 Hal Ini Bisa Bikin Gaji Cepat Habis

Mendapatkan pekerjaan tentu saja menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Terutama bagi kamu yang baru saja lulus kuliah, itu artinya kamu sudah tidak nganggur lagi. Pas sudah bekerja itu berarti dirimu sudah berada di tahap dimana mulai mampu menghidupi diri sendiri, bahkan banyak diantaranya kemungkinan sudah punya rencana menabung dan investasi agar masa depan lebih terjamin.

Mendapatkan gaji pertama saat bekerja memang terasa menyenangkan lantaran kamu sudah bisa menghasilkan uang dari hasil keringat sendiri. Namun karena faktor gaya hidup dan pergaulan, gaji yang dikumpulkan selama sebulan bisa saja hilang dalam sekejap apabila tidak dikelola dengan baik. Betul tidak? Tapi jangan khawatir, hal ini cukup wajar sebab pastinya diawal masa bekerja kamu memiliki banyak kebutuhan hidup lainnya, dan juga mencari hiburan untuk diri sendiri, maupun bersama keluarga atau teman.

Nah apabila sudah bekerja tapi masih belum bisa menabung karena gaji cepat habis, dan juga kamu yang sudah beberapa tahun bekerja tetapi tetap saja tak punya tabungan. Padahal mungkin gaji yang diterima mengalami kenaikan atau cukup besar tapi ujung-ujungnya gaji cuma numpang lewat saja.

Untuk itu, kamu perlu intropeksi diri dan mencoba menghindari hal-hal berikut ini. Siapa tahu kamu belum sadar dan penasaran apa penyebab gajimu cepat habis.

  1. Terlalu Banyak Nongkrong Bersama Teman

Terlalu banyak jalan-jalan keluar bersama keluarga atau teman tentu saja lama kelamaan akan menguras gajimu. Menyisihkan waktu dan uang untuk hangout bersama teman-teman tentu saja adalah hal yang menyenangkan. Namun, apabila dilakukan secara belebihan tentu cepat atau lambat akan menguras keuanganmu.

Terkadang kita sering lupa bahwa uang yang kita keluarkan untuk nongkrong bersama teman-teman ini jumlahnya cukup besar apabila dihitung setiap bulan. Banyak orang-orang di luar sana yang terlalu sering jalan-jalan 3 kali seminggu hanya untuk memenuhi gengsi dan kewajiban posting di media sosial. Padahal  mereka lupa bahwa uang yang mereka habiskan berlebihan tersebut berasal dari gaji yang dikumpulkan selama 1 bulan kerja.

Baca Juga:  Tips Sukses yang Bisa Diambil dari Kisah Hidup Via Vallen

Sah-sah saja apabila kamu memang punya gaji yang cukup besar dan sudah bisa mengatur keuangan dengan baik. Tapi bagi yang baru saja bekerja, ada baiknya mengurangi waktujalan-jalan tiap bulan agar lebih hemat. Tetapkan, semisal maksimal 2 kali dalam sebulan agar pengeluaranmu tidak terlalu besar. Sebagai alternatif, cobalah mencari kegiatan dengan mengadakan acara di rumahmu sendiri agar lebih irit dan tetap bisa berkumpul.

  1. Terlalu Banyak Nyicil Barang

Apabila Kamu terlalu banyak membayar cicilan tiap bulan, pasti cepat atau lambat gajimu akan lebih cepat habis. Padahal belum tentu barang-barang tersebut dibutuhkan, bahkan mungkin saja kamu belanja hanya karena dasar rasa gengsi dan keinginan

Membeli barang secara kredit atau cicilan memang bisa menghemat keuanganmu apabila dilakukan secara efektif. Akan tetapi apabila jumlahnya terlalu banyak gaji bisa cepat terkuras hanya untuk bayar cicilan saja. Memanfaatkan kartu kredit atau fitur cicilan online bisa menjadi pedang bermata dua apabila tidak dimanfaatkan dengan bijak. Sebagai contoh, mungkin kita ingin kredit HP Samsung atau kredit HP Oppo terbaru karena HP lama kita sudah ketinggalan zaman.

Tentu hal ini baik adanya karena memang barang tersebut kita butuhkan untuk menggantikan barang lama kita yang kondisinya tidak baik. Akan tetapi apabila kamu hanya ingin beli pakaian atau barang-barang elektronik lain karena gengsi sebaiknya hindari hal-hal tersebut. Tentukan skala prioritas sebelum memutuskan membeli barang tersebut secara kredit. Bedakan kebutuhan dan keinginan agar ciclan per bulannya tidak memberatkan untuk jangka panjang.

  1. Terlalu Banyak Menggunakan Ojek Online

Penggunaan jasa ojek online bisa membuat hidup kita lebih praktis dan cepat. Tetapi apabila sering digunakan apalagi setiap hari untuk pergi ke kantor  atau pesan makanan, tentu akan lebih boros. Meskipun jasa ojek online bisa membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke kantor, tapi kamu harus tahu bahwa biayanya cukup mahal apabila dihitung dalam sebulan.

Baca Juga:  5 Cara Hemat yang Wajib Dicoba Milenial Biar Cepat Kaya

Bila lokasi kantor mu dekat, tentu saja biayanya lebih murah dan tidak berbeda jauh dengan menggunakan transportasi umum. Akan tetapi, bila lokasi kantormu cukup jauh, tentu hal ini akan berdampak pada ongkos yang lebih mahal. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan transportasi umum dan bangun lebih pagi agar bisa lebih berhemat.

Hindari juga membeli makanan terlalu sering menggunakan promo atau layanan ojek online. Karena apabila terlalu sering, malah akan menambah pengeluaranmu. Gunakan sesekali dan kendalikan pemakaiannya dengan baik agar tidak menjadi kebiasaan yang menguras gajimu.

Biasakan Hidup Hemat dan Atur Pengeluaran dengan Baik

Seberapapun besarmya gaji yang kamu terima, pastinya akan habis juga tanpa gaya hidup yang sesuai atau tanpa manajemen keuangan yang baik. Bagi yang baru bekerja pastikan untuk selalu menerapkan gaya hidup hemat dan mengendalikan pengeluaran tiap bulan. Bagilah pengeluaranmu menjadi beberapa bagian berdasarkan skala prioritas dan tentukan budget maksimal di tiap-tiap bagian tersebut.

Menggunakan gaji dengan efektif dan efisien adalah kunci agar masa uang tabunganmu semakin banyak. Semakin banyak uang tabunganmu maka masa depan akan semakin terjamin juga. Kamu bisa alokasikan uang yang tersisa dari hasil penghematanmu itu untuk hal lain seperti untuk DP kredit rumah, investasi, asuransi, dll. Selamat Menabung ya!

 

 

Share this article