Supaya Makan Sahur dan Buka Puasa Lebih Praktis, Sediakan Bahan Makanan ini di Rumah

Gak terasa bulan Ramadan sudah di depan mata. Buat para anak kos atau orang yang tidak terbiasa masak, mempersiapkan menu buka puasa atau sahur memang menghabiskan waktu yang cukup lama. Jika awal-awal puasa, memang semangat masih membara, tapi kalau sudah di pertengahan hingga akhir bulan puasa, bisa jadi sajiannya itu-itu saja bahkan sahur bisa terlewat begitu saja.

Memang, sekarang sudah ada layanan pengiriman makanan dari ojek online, tapi kalau kamu mepet bangun sahur, pasti gak keburu kalau harus order makanan. Walaupun ada restoran cepat saji yang buka 24 jam, tapi jangan terlalu sering, karena salah satu tujuan utama puasa itu mendetox tubuh kamu agar lebih sehat. Kalau ujung-ujungnya makan yang instan-instan terus, malah gak mendapat tujuan itu.

Nah, biar mempermudah dan mengirit bujet, kali ini Kredimin bakal kasih tahu bahan-bahan yang sebaiknya banyak disimpan supaya mempermudah kamu membuat menu makanan untuk sahur dan buka. Markicek penjelasannya di bawah ini:

1. Sambal Balado

Sambal balado adalah bumbu yang cocok banget buat semua jenis makanan yang berupa lauk-laukan. Sambal balado juga sudah gampang sekali dibuat. Kamu hanya membutuhkan cabai merah, bawang merah dan bawang putih. Kamu juga bisa menambahkan tomat biar rasa lebih segar, tapi jika kamu menambahkan tomat, daya tahan simpannya menjadi lebih singkat.

Cara membuat sambal balado juga mudah, kamu hanya perlu menyatukan cabai merah, bawang putih dan bawang merah yang sudah dikupas, tambahkan perasa dengan garam dan gula lalu blender. Jika sudah selesai, cara menyimpan sambal balado dalam wadah kedap udara. Jika kamu ingin menggunakannya, sambal ini bisa kamu panaskan dengan lauk tambahan seperti teri, telur, tahu, tempe, ayam, hingga daging.

Baca Juga:  Keuntungan Cashless dan Kenapa Kamu Harus coba Cashless Sekarang Juga

2. Bumbu Kacang

Bumbu kaca itu sederhana, namun membuat makanan kamu lebih berselera. Perpaduan antara kacang, cabai dan bawang pasti bisa membuat makanan kamu jadi lebih enak. Kamu bisa membuat tuangkan pada tahu telur hingga sayur segar atau kamu bisa campurkan pada nasi dan lauk pauk. Sederhana tapi bahagia.

Untuk mendapatkan bumbu kacang, kamu tidak perlu lagi mengulek kacang dan bumbu-bumbu lainnya, karena sudah banyak sekali bumbu kacang berbentuk pasta yang sudah bisa kamu beli di pasar maupun di toko online.

3. Ayam Bumbu Kuning atau Ungkep

Ayam bumbu kuning adalah penolong di saat genting. Walaupun menggoreng ayam bumbu kuning minyaknya muncrat-muncrat ke tangan, kepala, muka dan lain sebagainya, tetapi dibandingkan kamu menyimpan makanan beku, lebih baik menyimpan ayam bumbu kuning atau ungkep di kulkas kamu.

Mendapatkan ayam bumbu kuning atau ungkep juga tidak sesulit itu, di pasar atau di toko online juga sudah tersedia ayam bumbu kuning atau ungkep yang siap dikirim, siap disimpan dan siap dimasak kapanpun kamu mau.

4. Daging Slice Tipis

Tingginya permintaan Korean barbecue, membuat banyak sekali penjual di e-commerce yang menyajikan daging slice tipis. Nah, daging ini juga sangat mudah sekali diolah, kamu bisa menambahkan bawang dan irisan cabai, lalu tumis daging tersebut 2 hingga 4 menit. Setelah selesai, sajikan dengan sayur segar dan nasi hangat. 

Kamu bisa stok daging ini 500gr hingga 750gr untuk kebutuhan satu bulan. Harganya juga cukup terjangkau, hanya Rp35 ribu per 250gr. Mudah dan murah bukan?

5. Bawang-bawangan

Nah, bawang-bawangan adalah kunci untuk menyedapkan segala makanan yang kamu hidangkan. Kredimin sarankan kamu stok bawang lebih dari 1 macam, pertama bawang merah dan bawang putih yang sudah kamu potong dan kamu taruh ke dalam box yang dalamnya sudah beralaskan tisu dapur supaya bawang bisa bertahan setidaknya 2 minggu hingga 3 minggu.

Baca Juga:  Jurus Belanja Online Saat Harbolnas agar Tidak Menjadi Hari Kantong Jebol Nasional

Yang kedua adalah bawang putih cincang. Menurut video dari channel YouTube milik William Gozali atau sering dipanggil Willgoz seorang content creator di bidang kuliner, Dalam videonya, dia menjelaskan bahwa bawang putih bisa disimpan dalam waktu 6 bulan. Caranya dengan merendam bawang putih yang telah dicincang dalam minyak lalu disimpan dalam wadah kedap udara. 

Bawang putih cincang dan bawang merah potong ini bisa kamu gunakan untuk bumbu masakan-masakan yang ditumis seperti capcay, nasi goreng, mie goreng tek-tek abang-abang, dan masakan lainnya. Dengan begini, kamu jadi tidak perlu repot-repot lagi mencincang bawang yang buat tangan jadi bau dan bisa jadi lebih hemat waktu.


Nah, seluruh bahan makanan ini bisa kamu dapatkan di e-commerce pilihan kamu dengan menggunakan Kredivo, bisa dengan bunga 0% untuk pembayaran 30 hari atau bisa dicicil hingga 12 bulan dengan bunga rendah 2,6% per bulan. Sesuai kemampuan kamu saja. Yang penting, kamu gak perlu lagi repot-repot mengatur cashflow di bulan ramadan ini.

Share this article