Susah bayar Cicilan Bulanan? Coba Kurangi 3 Kebiasaan Kecil Berikut

Membeli barang secara kredit memang memiliki banyak keuntungan. Selain tidak perlu mengeluarkan banyak uang sekaligus, bila dikelola dengan tepat bisa membantu kondisi keuangan kita. Di tengah banyaknya layanan pinjaman dan kredit online yang tersedia, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan cicilan tanpa kartu kredit.

Layanan cicilan tanpa kartu kredit ini tentu saja juga bisa dinikmati lewat berbagai macam aplikasi yang tersedia di smartphone kamu. Ambil saja contoh aplikasi kredit HP atau e-commerce yang sudah bisa dengan mudah di-unduh di play store. Pembelian barang secara cicilan bisa dilakukan dengan mudah dengan syarat mudah dan cepat.

Namun, lain cerita ketika pembayaran perlu dilakukan tiap bulan terkadang ada satu dan lain hal yang membuat pembayaran cicilan kita menjadi tidak lancar. Salah satunya adalah gaya hidup boros dan kebiasaan belanja yang tidak terkendali. Tanpa sadar, kita terkadang memiliki berbagai kebiasaan kecil yang tanpa kita sadari membuat pengeluaran kita bertambah.

Mungkin 3 hal ini adalah salah satunya, yuk kita simak apa saja,

  1. Sering Jajan Kopi

Membeli kopi untuk mencegah kantuk saat bekerja memang baik, akan tetapi apabila terlalu sering dilakukan akan berdampak buruk pada kondisi keuangamu.

Ambil contoh jika kamu beli kopi setiap hari sekali seharga Rp 20.000, maka setiap bulan kamu sudah menghabiskan uang sebesar Rp 600.000. Uang ini tentu bisa kamu alokasikan untuk membayar cicilan atau kebutuhan lain bukan? Sebagai alternatif cobalah untuk membeli biji kopi atau membuat kopi sendiri agar lebih hemat.

Selain rasanya tidak kalah enak, kamu juga bisa menghemat pengeluaran dengan lebih baik ketimbang membeli setiap hari. Membeli bahan-bahan dan membuat cappucino favoritmu pasti akan lebih enak dan hemat.

  1. Sering Jajan di Minimarket atau Kaki Lima

Sesekali jajan di minimarket untuk ngemil atau mengisi perut tentu tidak dilarang. Tapi apabila terlalu sering, bisa membuat pengeluaranmu bertambah.

Baca Juga:  Ramalan Shio 2019: Kamu Termasuk yang Untung atau Buntung?

Jajan bersama teman-teman kantor memang menyenangkan sembari ngobrol dan mengisi perut. Di tengah kesibukan kerja yang padat, membeli makanan kecil di sore hari bisa menjadi salah satu cara untuk menahan lapar sampai makan malam nanti.

Belum lagi jika perjalananmu dari kantor menuju rumah yang jaraknya panjang, pasti bisa kelaparan saat di jalan bukan? Solusinya cukup mudah dan jelas, yaitu stop jajan atau bawa bekall makanan sendiri. Selain lebih murah dan enak, kebersihannya juga lebih terjaga dibandingkan jajan makanan di luar.

Nah, uangnya bisa kamu gunakan untuk bayar cicilan yang perlu dibayar tiap bulan. Tentu saja hal jumlah yang bisa dihemat cukup bervariasi. Semakin kamu mengurangi jajan, maka akan semakin banyak jumlah yang bisa dihemat untuk bantu bayar cicilan tiap bulan.

  1. Sering Nongkrong Tiap Minggu

Makan dan bersosialisasi tiap minggu bersama teman bisa menjadi hal yang menyenangkan tiap minggu, Namun, bila terlalu sering nongkrong apalagi tiap minggu bisa membuat cicilan kamu tidak terbayar.

Menghemat uang untuk membayar cicilan tidak terlalu sulit kok, kamu cukup mengurangi frekuensi kamu nongkrong bersama teman-teman atau keluarga. Kamu bisa mengurangi kebiasaan jalan-jalan di luar dengan membuat acara di rumah masing-masing tiap minggu. Untuk makanan, bisa masak sendiri atau bersama-sama.

Selain lebih murah dan hemat, membuat acara di rumah masing-masing bisa menjadi lebih menyenangkan ketimbang jalan-jalan di luar. Kamu bisa mengadakan acara karaoke bersama ,main board games, atau menonton film. Nah, uang untuk nongkrong ini bisa kamu alokasikan untuk membayar cicilan pinjaman online atau barang-barang lain yang lebih penting.

Mulai Gaya Hidup Hemat dari Kebiasaan-Kebiasaan Kecil

Melakukan penghematan untuk bayar cicilan bisa dilakukan dengan kebiasaan-kebiasaan kecil. Mulailah mengurangi hal-hal kecil yang bisa membuat kantongmu jebol apabila terus menerus dilakukan. Lakukan kebiasaan menabung secara rutin dan pisahkan uang untuk membayar cicilan dari pengeluaran bulananmu.

Baca Juga:  3 Tips Supaya Utang Bikin Kamu Untung, Bukan Buntung!

Dengan begitu, pengeluaran bisa lebih terjaga dan bisa lebih terkontrol. Ingat pemborosan terbesar itu berasal dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang tanpa sadar terus kita lakukan. Selamat berhemat!

 

Share this article