Susah Sukses secara Finansial? Mungkin Kamu Lupa Lakukan 3 Hal Sederhana Ini

Hidup sukses dan berkecukupan merupakan dambaan setiap orang. Semua orang ingin meraih sukses baik itu sukses dalam karir, bisnis, dan juga keuangannya. Banyak cara dilakukan, mulai dari memperbanyak isi tabungan , berusaha mendapatkan jabatan yang lebih tinggi lewat tangga korporat, membangun sukses melalui bisnis atau usaha sendiri dengan memperkuat modal melalui pinjaman , dll.  

Motivasi untuk meraih sukses finansial ini juga kerap kali didorong oleh peningkatan biaya hidup, tuntutan keluarga dan jaminan masa depan. Tentunya, memiliki motivasi untuk sukses itu bagus. Sayangnya, motivasi aja tanpa kebiasaan yang tepat belum tentu bisa membawa kita sukses.

Bila saat ini kamu merasa belum sukses secara finansial, dan merasa susah sukses lalu bertanya dalam diri sendiri, kenapa?! Jawabnya, bisa jadi kamu melupakan 3 kebiasaan sederhana yang tak kamu sadari ternyata menghambat kesuksesanmu. Apa saja itu?

Jarang atau Malas Membaca

Jarang membaca tentu membatasi pengetahuan dan kemampuan yang bisa kita peroleh dalam hidup. Apabila diteruskan tentu bisa menghambat kesuksesan yang kamu impikan.

Sudah bukan rahasia lagi apabila buku adalah jendela dunia. Dengan banyak membaca, kita bisa dengan mudah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan secara berkala untuk membantu kita lebih cepat sukses. Sekarang ini lewat bantuan teknologi yang semakin maju dan internet, kita bisa dengan mudah mengakses berbagai informasi yang diinginkan setiap saat.

Informasi ini tentu saja tidak terbatas pada buku saja, ini juga meliputi berbagai artikel, majalah, video, maupun informasi lainnya yang bisa didapatkan dengan mudah.secara online. Dengan tersedianya akses informasi yang mudah didapat ini kita perlu menghilangkan kebiasaan malas membaca secara perlahan-lahan.

Ada baiknya bila kamu meluangkan waktu minimal 15 menit sampai 1 jam tiap hari untuk membaca supaya bisa diterapkan secara berkala. Bila perlu, setel pengingat atau alarm untuk mengingatkan kita untuk bisa rutin membaca. Apabila sudah menjadi kebiasaan, bukan tidak mungkin kamu bisa meluangkan waktu lebih kan?

Kurang Olahraga

Jarang berolahraga bisa membuat pikiran kita cepat stress dan tidak konsen. Berolahraga secara rutin bisa merangsang pikiran kreatif dan mengurangi tingkat kepenatan dalam bekerja.

Semua orang tahu, bahwa berolahraga dengan rutin memiliki berjuta manfaat positif dalam tubuh. Salah satunya adalah mengurangi stress level dalam tubuh karena bisa merangsang hormon endorfin yang dikeluarkan setelah kita selesai berolahraga. Hormon endorfin inilah yang kemudian bisa meredam dan mengurangi tingkat kepenatan kita dan membuat kita berpikir lebih jernih.

Berolahraga dengan rutin juga bisa digunakan sebagai sarana berpikir dibandingkan hanya cuma duduk di ruang kerja atau di rumah. Cukup dengan jalan-jalan sejenak bersama teman kerja atau keluarga akan membantumu lebih rileks dan berpikir lebih efektif. Memikirkan masalah sambil jalan-jalan dan menghirup udara segar tentu lebih baik bukan?

Tentu saja tidak lupa, berolahraga bisa diibaratkan sebagai asuransi kesehatan, karena apabila dilakukan dengan rutin bisa membantu menjaga kesehatanmu dalam jangka panjang. Apabila kamu sakit-sakitan tentu akan menghambat produktivitas dalam bekerja atau berbisnis. Minimal, luangkan kembali waktu sekitar 15-30 menit berolahraga tiap hari agar bisa dilakukan secara konsisten.

Kurang Refleksi Diri

Jarang merenungkan kembali kejadian atau tindakan kamu lakukan setiap hari bisa menghambat kesuksesan dan perkembangan pribadimu ke arah yang lebih baik.

Penting diketahui apabila melakukan refleksi diri bisa membantu kehidupanmu ke arah yang lebih baik. Dengan melakukan meditasi atau merenung sejenak, kamu bisa memikirkan apa saja hal-hal yang bisa kamu tingkatkan atau kamu buang dari setiap tindakanmu. Kegiatan refleksi diri ini ada baiknya dilakukan tiap malam sebelum kamu tidur agar hasilnya lebih maksimal.

Lewat kegiatan ini, kamu juga bisa belajar untuk bersyukur atas segala hal yang terjadi pada kehidupan kamu, sehingga proses menuju kesuksesan bisa lebih dinikmati. Ingatlah bahwa kesuksesan tidak bisa diraih sendiri, melainkan karena bantuan dan usaha dari orang-orang terdekat kita.

Dengan melakukan refleksi diri, kita bisa lebih menghargai usaha mereka yang telah mendukung kita selama ini dan memperbaiki diri kita menjadi manusia yang lebih baik. Alokasikan juga minimal 5- 15 menit setiap hari untuk melakukan refleksi diri agar bisa terus dilakukan secara rutin.

Lakukan Perlahan Namun Konsisten

Melakukan 3 hal diatas memang terkadang cukup sulit dan butuh perjuangan. Namun kamu harus bisa membiasakan diri untuk konsisten melakukannya. Sisihkan waktu sedikit demi sedikit tiap hari namun lakukan secara berkala agar bisa jadi kebiasaan. Yang terpenting cobalah untuk lakukan langkah-langkah kecil untuk mengubah diri ke arah yang lebih baik. Semoga Sukses!

 

Baca Juga:  Menjadi Kartini Masa Kini Lewat 5 Tips Inspiratif Ini

Artikel ini merupakan kerja sama Kredivo & Cermati

Share this article