diskon akhir tahun

Tips untuk Para Generasi Milenial & Gen Z agar Bijak Pakai Paylater saat Diskon Akhir Tahun

Jangan asal pakai paylater, apalagi sekarang lagi banyak diskon akhir tahun di mana-mana.

Di era digital seperti sekarang, para generasi milenial dan gen Z pasti sudah tidak asing mendengar kata paylater. Iya, Kredivo juga punya fitur paylater 30 hari, atau cicilan 3, 6 dan 12 bulan, yang bisa bantu melancarkan arus keuangan kamu.

Namun, di bulan penuh dengan bombardir diskon akhir tahun ini, penggunaan paylater harus lebih diperhatikan lagi, karena alih-alih terbantu dengan skema cicilan atau bayar nanti yang disediakan, malah kebingungan membayar tagihan yang membludak.

Oleh karena itu, berikut ada tips dari Kredimin supaya kamu tetap bijak menggunakan paylater Kredivo, tetapi tetap bisa belanja diskon akhir tahun.

Utamakan Kebutuhan, Bukan Keinginan

Memang, kombinasi paylater dan diskon akhir tahun bisa bikin orang kalap dan lupa diri. Oleh karena itu, agar keuangan kamu tetap lancar dan paylater yang digunakan lebih bermanfaat, cobalah gunakan paylater dengan mengutamakan kebutuhan, bukan keinginan semata. 

Coba buat mengurutkan prioritas belanja berdasarkan kebutuhan, misalnya ada kebutuhan seperti mengganti laptop, beli spare part kendaraan, dan lainnya belum terpenuhi, prioritaskan hal-hal tersebut untuk menggunakan diskon akhir tahun dari paylater Kredivo.

Namun, jika kebutuhan kamu sudah terpenuhi dan kemampuan bayar kamu masih bisa menjangkau jumlah tagihan di bulan depannya, tak apa untuk menggunakan paylater untuk membeli barang yang kamu inginkan.

Hitung Total Cicilan Sebelum Transaksi

Meski kamu membeli barang yang kamu butuhkan, jangan langsung sat set sat set, terus check out, ya! Layanan paylater biasanya akan memberikan simulasi cicilan atau tagihan yang harus kamu bayar sebelum menyelesaikan transaksi. 

Jangan mentang-mentang bayarnya nanti, lalu nggak memperhatikan detail bagian ini.

Baca Juga:  8 Tipe Pembeli di Online Shop, Kamu Termasuk yang Mana?

Kredivo sendiri memiliki layanan kalkulator cicilan, yang bisa kamu akses langsung di aplikasi Kredivo, supaya kamu tahu berapa jumlah cicilan yang akan dibayarkan setiap bulannya. Apabila barang A dengan harga Rp5 juta cicilannya tidak sesuai dengan kemampuan bayar, maka kamu harus cari alternatif barang lain yang harganya sesuai dengan kemampuan bayar.

Tidak Meminjamkan Limit ke Orang Lain

Nah, ini sangat penting untuk diingat, jangan pernah “mengambilkan” cicilan untuk orang lain, atau meminjamkan akun Kredivo kamu ke orang lain, meskipun itu keluarga atau teman yang sudah anggap dekat sekalipun.

Soalnya, jika terjadi sesuatu, seperti telat bayar dan berujung denda, atau ada oknum penipu yang meminta data, maka pihak yang perlu bertanggung jawab hanya diri kamu sendiri sebagai nama yang tercantum atau terdaftar di akun paylater tersebut. 

Disiplin dalam Membayar

Yang terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah disiplin dalam membayar. Layanan paylater yang legal dan terdaftar di OJK seperti Kredivo, otomatis akan mempengaruhi histori kredit kamu. 

Ini artinya, kamu wajib membayar tagihan tepat waktu dan disiplin, seperti penggunaan layanan kredit lainnya. 

Jika kamu terus disiplin, maka skor kredit yang kamu miliki akan tetap positif, dan di masa depan, kamu berpeluang mendapat rekomendasi baik ketika mengajukan pinjaman lainnya, bahkan dengan limit yang lebih besar lagi.

Share this article