3 Tips Sederhana Mengurangi Kecanduan Smartphone di Malam Hari

Memiliki smartphone di era digital seperti sekarang memang sudah menjadi sebuah keharusan di berbagai kalangan. Keberadaan ponsel pintar ini seakan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sebagai alat komunikasi, media informasi, hiburan, atau penyimpanan data. Perkembangan dan jumlah pemakainya juga semakin bertambah lantaran banyaknya konten online atau layanan berbasis digital yang terus berkembang.

Perkembangan konten atau layanan digital ini disajikan dalam bentuk aplikasi yang dapat dengan mudah diunduh oleh para pemakai smartphone. Berbagai jenis aplikasi seperti media sosial, transportasi online, layanan perbankan dan asuransi, serta uang digital sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

Tapi, dari segala kemudahan yang ditawarkan, memiliki ponsel pintar bisa membuat kita kecanduan apabila digunakan berlebihan saat malam hari. Menjadi seorang “pecandu digital” sebelum tidur bisa memberikan dampak buruk pada kualitas tidur dan kesehatan kita.

Untuk mengatasinya berikut 3 tips sederhana yang bisa kamu coba untuk mengurangi kecanduan smartphone di malam hari berikut ini:

  1. Matikan Ponsel Saat Tidur

Sebelum kamu tidur, pastikan untuk selalu mematikan ponsel agar kualitas tidur lebih terjaga dan mengurangi penggunaan saat malam hari.

Apabila ponsel kamu tetap menyala sebelum kamu tidur, secara tidak langsung kita akan terpancing untuk terus menggunakannya. Hal ini juga bisa menyebabkan penggunaan yang berlebihan.Sehingga tanpa sadar, kita melewati batas jam tidur karena terlalu asik menggunakan ponsel tanpa memperhatikan waktu.

Mematikan ponsel selain untuk mengurangi pemakaian juga berguna untuk meningkatkan kualitas tidur dan membuat kita lebih sehat. Radiasi yang terpancar dari layar ponsel apabila digunakan dalam kondisi gelap bisa membuat mata kita terganggu apabila dilakukan secara berkala. Jika ponsel dalam keadaan mati, kita bisa mengurangi sumber radiasi yang terpapar ke tubuh dan mata kita dan kualitas tidur pun bisa lebih meningkat.

  1. Jangan Gunakan Ponsel sebagai Alarm
Baca Juga:  Atur Keuangan Agar Bisa Nonton Konser Musik Incaran

Biasakan untuk tidak terlalu sering menggunakan ponsel sebagai alarm karena bisa memancing pemakaian yang berlebih.

Menggunakan ponsel sebagai alarm memang sah-sah saja, tapi cobalah agar tidak digunakan saat malam hari. Apabila sering digunakan saat malam, bisa memicu penggunaan yang berlebih. Karena sehabis kamu menyetel alarm, biasanya orang-orang yang kecanduan tidak langsung tidur melainkan melakukan hal lain pada ponsel mereka. Tentunya kita tidak menginginkan hal itu bukan?

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan jam weker atau jam digital sebagai pengganti alarm untuk bangun, Selain harganya lebih murah dan mudah didapat, juga bisa mengurangi pemakaian ponsel saat malam hari.

  1. Gunakan Aplikasi Pengingat Pemakaian

Untuk membatasi penggunaan smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi pengingat pemakaian yang sudah banyak tersedia.

Cukup unduh salah satu aplikasinya dan tentukan waktu maksimal penggunaan smartphone setiap hari. Lewat aplikasi ini, kamu bisa membiasakan diri mengurangi pemakaian ponsel secara berkala setiap waktu. Minimal, cobalah untuk membatasi penggunaannya diatas jam 10 malam setiap hari terutama sebelum kamu tidur.

Untuk akumulasi penggunaan harian, cobalah membatasi penggunaannya maksimal 3-4 jam per hari. Cobalah pikir, menggunakan ponsel selama 4 jam saja selama sehari berarti  menghabiskan satu per enam waktumu di depan ponsel. Apabila diasumsikan kamu menggunakannya untuk hal produktif, tentu saja tidak itu bagus.

Tapi apabila tidak produktif, apabila dikumpulkan selama seminggu sudah 28 jam, dan sebulan 112 jam. Kamu tentu bisa menggunakan waktu tersebut untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat bukan?

Utamakan Kualitas Tidur dan Gunakan Seperlunya

Setiap hari, kita perlu membiasakan diri kita untuk membatasi penggunaan smartphone sesuai kebutuhan saja. Janganlah digunakan berlebihan di malam hari untuk hal-hal yang tidak produktif.

Utamakan istirahat yang cukup agar tubuh kita bisa tetap bugar saat bangun nanti. Batasi penggunaannya untuk hal-hal produktif dan ingatkan diri kamu untuk selalu mematuhi aturan penggunaan yang berlaku. Semoga Bermanfaat!

 

Baca Juga:  Prediksi Tren Smartphone pada Tahun 2020

Artikel ini merupakan kerjasama Kredivo dan Cermati

Share this article