5 Alasan Kenapa Solo Traveling Penting Dilakukan Tiap Perempuan

Traveling memang merupakan hal yang menyenangkan, apalagi kalau dilakukan bersama orang-orang tersayang. Tapi gimana kalau kamu melakukannya seorang diri alias solo traveling? Mungkin terdengar kurang asik, karena kamu gak punya orang lain untuk bertukar cerita, berbagi keseruan bersama, hingga dimintai tolong untuk mengambil foto. Ditambah lagi untuk para perempuan, masih banyak yang menilai bahwa kegiatan ini masih cukup berisiko.

Tapi tahukah kamu? Ternyata solo traveling menyimpan banyak manfaat lho, terutama soal pelajaran hidup yang bisa dijadikan bahan untuk mengembangkan diri, khususnya bagi perempuan. Tentu saja, kegiatan ini harus dibarengi dengan persiapan matang, agar kamu tetap bisa bersenang-senang dengan aman. Untuk kamu para perempuan yang belum pernah solo traveling, simak dulu nih alasan yang bikin kamu wajib untuk melakukan kegiatan ini segera!

Meningkatkan kepercayaan diri

Untuk kamu yang terbiasa bepergian menggunakan bantuan jasa agen travel, sekarang kamu mencoba melakukan semuanya sendiri. Mulai dari memesan tiket pesawat, memilih hotel sampai menyewa mobil, semua serba sendiri. Bukan cuma membuatmu bisa hidup lebih mandiri, solo traveling juga bisa menambah kepercayaan dirimu! Kenapa begitu? Dalam proses awal hingga akhir perjalanan, pasti kamu menemukan sejumlah hambatan. Tapi ketika kamu berhasil melewatinya, artinya kamu sukses menaklukan tantangan dan bisa mengandalkan dirimu sendiri.

Lebih memahami diri sendiri

Mereka yang gemar melakukan traveling secara solo, biasanya lebih mampu memahami dirinya sendiri. Saat solo traveling, mungkin kamu akan menghadapi sejumlah hal yang gak diprediksi sebelumnya. Misalnya lupa menaruh kunci kamar, gak bisa membaca maps, atau kesulitan berkomunikasi dengan orang asing. Dari segala masalah tersebut, kamu bisa memahami kelebihan dan kelemahanmu, dan mencari solusi untuk mengatasinya. Misalnya kamu yang pelupa, bisa lebih sering membawa catatan setiap pergi.

Menumbuhkan self love, alias cinta terhadap diri sendiri

Baca Juga:  Puas Liburan Akhir Tahun Meski Bujet Minim dan Waktu Mepet, Ini 5 Rahasianya

Gak hanya membuatmu menjadi lebih mandiri dan percaya diri, traveling secara solo juga mengajarkanmu untuk mencintai diri sendiri. Ngaku deh, pasti gak sedikit dari kamu yang sering membandingkan diri dengan orang lain? Baik itu secara fisik, prestasi, atau hal lainnya. Traveling seorang diri adalah salah satu cara efektif untuk mengurangi kecenderungan tersebut. Sebab, kamu akan menemui banyak orang dari latar belakang yang berbeda, dengan karakter yang berbeda-beda pula. Dengan begitu, lama kelamaan kamu bisa menyadari bahwa setiap orang memiliki keunikannya masing-masing, begitu juga dirimu.

Menjadi lebih disiplin dan bisa mengontrol uang

Ingat, solo traveling artinya melakukan segala sesuatu sendirian. Bukan cuma untuk urusan teman ngobrol saja. Soal mengatur waktu dan keuangan selama perjalanan pun, harus kamu urus sendiri. Ketika kamu terlambat bangun, tidak ada seorangpun yang bisa membangunkan. Ketika kamu mulai kalap belanja, tidak ada yang bisa mengingatkan. Kamu harus disiplin agar perjalananmu berjalan sesuai dengan rencana yang telah dibuat di awal. Begitu juga soal uang, kamu harus memiliki kontrol diri yang besar, mengingat gak jarang orang kalap ketika belanja di luar negeri.

Pintar dalam menyusun jadwal traveling, syukur-syukur dijadikan bisnis!

Lantaran sering traveling seorang diri, kamu pun akan memiliki keterampilan dalam hal travel. Mulai dari memilih tiket pesawat yang paling murah, membuat itinerary, pemilihan tempat yang harus dikunjungi, hingga cara packing yang hemat waktu dan tempat. Ilmu-ilmu ini tentu menjadi sangat berguna untuk kamu membuat jadwal traveling orang lain, seperti family trip misalnya. Syukur-syukur, keahlianmu ini bisa dijadikan ladang bisnis ke depannya. Toh, banyak sekali perusahaan tour & travel yang pekerjaan utama sebenarnya gak jauh dari yang kamu lakukan.

Buat kamu para ladies yang mau memulai pengalaman traveling secara solo, bisa memilih negara-negara yang terkenal aman untuk para solo traveler wanita. Misalnya Singapura, Malaysia, Nepal, Jepang, dan lainnya. Pastikan juga untuk memikirkan rencana perjalanannya secara matang.

Supaya biaya liburan gak membengkak, jangan lupa untuk manfaatkan fasilitas cicilan dari Kredivo. Daripada langsung mengeluarkan dana besar dalam satu waktu, lebih baik membayar biaya liburanmu secara angsuran kan? Apalagi bunga kredivo paling rendah di pasaran dan tenornya panjang. Kamu juga bisa beli tiket pesawat langsung dari Aplikasi Kredivo dengan cicilan hingga 12 bulan. Jadi, sudah siap memulai perjalanan solo-mu, ladies?

Share this article