Mindset Menabung yang Perlu Dikembangkan Agar Masa Depan Cerah

Kemandirian, kebebasan atau kemerdekaan finansial merupakan suatu kondisi di mana kamu sudah tak perlu khawatir lagi dengan kondisi keuanganmu. Salah satu cara mudah mencapai kebebasan finansial yang bisa kamu dilakukan mulai dari sekarang ialah dengan menyisihkan uang untuk ditabungkan.

Well, menabung itu terdengar sepele dan terkesan mudah, tapi kenyataannya banyak juga orang yang gagal gara-gara tak kuat menahan godaan gaya hidup zaman now. Salah satu kendala yang sering dihadapi adalah sikap kebiasaan menabung yang tidak konsisten sehingga menabung sering gagal dan akhirnya jelas tidak membuahkan hasil.

Mau masa depanmu lebih baik? Punya banyak tabungan dan keuangan menjadi lebih sehat? Tentunya diperlukan perubahan. Ya, siapkah kamu mulai dari hal yang sangat sederhana yakni mengganti mindset atau cara berpikir tentang menabung supaya kebiasaan menabungmu lebih efektif dan bermanfaat baik untuk keuanganmu jangka panjang. Ini dia tips lengkapnya:

Menabung Bukanlah Beban

Pertama-tama, kamu tak perlu terlalu memaksakan diri dan menghentikan semua hal yang kamu sukai demi menabung. Ketahui porsi yang pas merupakan langkah yang tepat untuk memulai. Berikan kelonggaran kepada diri sendiri ketika menabung.

Cara berpikir seperti ini akan membuat kamu tidak terbebani dengan kebiasaan menabung. Artinya, kamu masih bisa hidup bersenang-senang, melakukan hobimu tanpa terlalu terbebani dengan kewajiban menabung.

Terapkan kebiasaan menabung pelan-pelan, jumlah uang yang kamu tabungkan tidak harus spesifik. Tetapi kamu bisa mulai dengan cara menentukan berapa persen minimal dan maksimal dari pendapatan bulananmu untuk ditabungkan.

Misalnya mulai dari 10-30% dari gaji bulanan yang kamu dapatkan untuk ditabungkan. Akan lebih baik kamu bisa menggunakan tabungan berjangka dengan mulai dari prosentasi 10% dulu agar tidak membebani keuangan tiap bulan.

Baca Juga:  3 Tips Jitu Supaya Pengajuan Kredivo Disetujui

Cara ini efektif membantumu jadi lebih mudah menabung dan menyesuaikan diri. Nah, jika kebiasaan baik ini sudah tertanam, maka kamu bisa meningkatkan persentase tabunganmu tersebut.

Menabung Bisa dalam Bentuk Barang Berharga

Mindset kedua yaitu cobalah berpikir menabung melalui barang berharga yang bisa kamu jual kembali. Tapi tidak sembarangan barang berharga ya, ini lebih kepada investasi barang berharga, seperti membeli emas perhiasan atau logam mulia.

Cara ini sama dengan investasi dalam bentuk logam mulia atau barang berharga yang terbilang harga ‘emas’ cenderung lebih stabil, mudah dicairkan/dijual kembali dan tidak terlalu terpengaruh inflasi.

Pahami bila kamu memilih tabungan berbentuk perhiasan emas baik emas putih, yellow gold atau rose gold. Setiap jenis perhiasan memiliki harga beli dan jual yang berbeda, pastikan kamu paham dulu sebelum membelinya. Hal ini beda dengan membeli logam mulia yang ketika dijual tidak akan benyak mengalami kerugian dibandingkan dengan emas perhiasan.

Menabung Demi Keluarga

Mindset ketiga ini berlaku khusus bagi kamu yang berada di rentang usia 30, 40, atau 50-an, dimana kemungkinan besarnya saat ini sudah berkeluarga dan membangun rumah tangga. Dalam tahapan ini, menyisihkan uang besar kemungkinannya akan lebih sulit lagi untuk dilakukan.

Cobalah ubah pola pikirmu dengan mempertimbangkan kebahagiaan keluarga di masa depan. Menabung untuk masa depan keluarga bisa memotivasimu untuk lebih konsisten dan semangat menyisihkan uang setiap bulan.

Sebagai contoh, kamu bisa menyisihkan uang tabungan untuk membeli asuransi kesehatan atau asuransi pendidikan untuk persiapan dana di masa depan. Untuk jaminan hari tua, kamu bisa mempertimbangkan menyisihkan uang untuk BPJS Ketenagakerjaan sebagai alternatif.

Hindari penundaan dan hilangkan biaya-biaya yang tak penting dan tak mendesak. Sebaliknya, berfokuslah untuk membangun kondisi keuangan yang sehat di masa depan untuk suami, istri, dan anak agar bisa hidup lebih baik tanpa beban keuangan.

Baca Juga:  Mau Ajukan Pinjaman Uang Tunai Pribadi Secara Online? Ketahui Dulu Plus Minusnya

Motivasi untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Mindset keuangan yang positif seperti membenahi keuangan memang bukan perkara mudah. Pastinya, kamu perlu berkorban dan berjuang demi masa depan keuangan yang lebih baik.

Ingat, menabung memang merupakan sebuah proses panjang dan berkelanjutan. Diperlukan kesadaran, ketekunan dan komitmen yang kuat untuk memulai dan terus melakukannya. Ubah mindset menabung menjadi lebih positif dan mulailah dari hari ini juga, usahakan jangan menunda-nunda untuk melakukan kebaikan. Selamat mencoba!

Artikel ini merupakan kerja sama antara Kredivo & Cermati

Share this article