Atur Keuangan Agar Bisa Nonton Konser Musik Incaran

2019 bisa jadi tahun yang membahagiakan untuk para pecinta musik di Indonesia karena banyak sekali diselenggarakan konser musik internasional yang menggugah hati karena hadirnya musisi ternama.

Ada banyak musisi ternama yang akan datang seperti Calvin Harris, Skrillex, Honne, The 1975, Bon Iver dan yang paling ditunggu-tunggu para pecinta K-Pop yaitu Super K-Pop Festival yang akan menghadirkan banyak artis ternama dari Korea seperti Kyu-Hyun, A-Pink, Super Junior – D&E dan masih banyak lagi. Event ini akan diadakan sebentar lagi pada tanggal 28-29 September 2019 di ICE BSD.

Untuk menonton artis idaman, kamu harus rela merogoh kocek yang bisa dibilang lumayan dalam. Belum lagi banyak merchandise khusus tour yang hanya dijual di acara tersebut. Buat fans garis keras pastinya tidak mau kehabisan. Namun kamu tak perlu khawatir, mari kita simak bagaimana cara mengatur keuangan agar bisa nonton konser musik incaran.

Ubah Gaya Hidup Konsumtif Menjadi Produktif

Promo bertebaran memang bikin kita gemes ingin beli, contohnya promo kopi susu yang hanya berkurang 3-5 ribu rupiah, sampai potongan harga sabun cuci muka yang sebenarnya masih penuh di kamar mandi. Padahal bila kamu tidak terpikat promo ini, kamu bisa lebih berhemat.

Atau ajakan untuk chill di coffee shop saat malam minggu, yang 1 jam kemudian akhirnya main HP berjamaah karena kehabisan bahan pembicaraan lalu berencana untuk lanjut makan atau pindah ke tempat yang katanya lebih asyik nan edgy. Setidaknya, 100-200 ribu habislah malam itu untuk memenuhi gaya hidup kekinian.

Kalau kamu salah satu orang yang seperti ini dan masih merengek belum punya cukup uang untuk mendapatkan tiket konser incaran, bisa coba kurangi pembelian barang konsumtif nan impulsif. Mulai rajin mengirit dan menambah tabungan.

Baca Juga:  Kalender 2019: Daftar Hari Libur Nasional, Hingga Rekomendasi Liburan Untukmu!

Kamu bisa memulai dari membawa bekal untuk makan siang dan mulai menahan untuk membeli hal-hal kecil yang lama-lama bisa besar seperti beli kopi susu atau boba tea. Coba bayangkan, kalau untuk makan siang Rp30 ribu & kopi susu Rp20 ribu, kamu bisa hemat sampai dengan Rp50 ribu setiap harinya.

Mencari Pendapatan Tambahan

Bila kamu kreatif dan rajin, sebenarnya banyak sekali cara untuk mencari dana tambahan untuk membeli tiket konser yang sudah kamu incar, seperti:

Melakukan Pekerjaan Sampingan

Kata siapa mencari pekerjaan sampingan itu susah? Kalau kata pepatah, pasti banyak jalan menuju Roma. Kamu bisa memulai dengan hal yang sederhana, seperti menerima layanan paid promote di akun sosial media kamu. Sekarang sudah banyak membuka jasa ini walaupun followers Instagram mereka dibawah 1.000.

Menjual Barang yang Masih Layak

Daripada memenuhi lemari dan ruangan, lebih baik kamu pilah pilih barang yang sudah tidak terpakai tetapi masih layak jual seperti pakaian, tas, sepatu, alat elektronik dan barang lainnya.

Apalagi di era digital seperti sekarang, kamu tidak perlu bingung dimana kamu akan memasarkan barang bekas ini. Dengan adanya social media dan e-commerce, niscaya barang kamu akan lebih cepat terjual. Cara ini sangat menguntungkan, karena kamu tidak perlu menyita waktu dan pekerjaan.

Memanfaatkan Pinjaman Online

Cara ini bisa dibilang adalah cara yang paling bijak karena kamu tidak perlu menjual barang apapun, tidak perlu terlalu menghemat dan kamu bisa mendapatkan tiket pre-sale pertama dan pastinya jauh lebih murah. Ditambah lagi fintech biasanya bekerja sama dalam konser-konser tertentu, pasti ada promo yang ditawarkan.

Kredivo misalnya, untuk membeli tiket konser kamu bisa memanfaatkan pinjaman tunai dari Kredivo. Pilihannya ada pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Kalau pinjaman mini, harganya mulai dari Rp500.000 dan pinjaman jumbo hingga limit kredit yang kamu dapat. Contohnya bila limit kredit 6 bulan kamu Rp10 juta, jadi pinjaman jumbo yang bisa ditarik sebesar Rp10 juta juga.

Baca Juga:  Kehabisan Jatah Cuti? Manfaatkan Weekend dengan Staycation!

Bunganya juga rendah, cuma 2,95% dalam sebulan. Jadi, dengan cara ini kamu bisa mendapat tiket early bird yang sudah pasti lebih murah dari harga tiket normal, dan arus keuangan juga tetap aman karena tiketnya bisa dicicil hingga 12 bulan. Selain itu, Kredivo juga suka bekerja sama dengan event konser musik seperti ini. Contohnya K-Pop festival yang akan diadakan pada tanggal 28 September nanti. Tiket bisa kamu dapatkan dengan cara kredit online dengan menggunakan Kredivo di Tokopedia.

Jadi, masih banyak ya jalan menuju ke Roma. Namun, dengan cara apapun yang kamu tempuh untuk menonton konser musik yang kamu tunggu, kamu harus selalu bijak mengatur keuangan.

Share this article