mengatur keuangan _ kredivo

Mengatur Keuangan Sesuai Urutan Lahir Ternyata Bisa Bikin Kamu Lebih Hemat!

Anak sulung, anak tengah, anak bungsu, maupun anak tunggal ternyata punya cara efektif masing-masing untuk mengatur keuangan.

Anak sulung dalam suatu keluarga dikenal punya sifat bertanggung jawab. Anak tengah cenderung ambisius namun tidak egois. Anak bungsu kerap mendapatkan perhatian lebih dari orang tua dan saudara kandungnya. Sementara anak tunggal, biasanya perfeksionis dan cukup egois.

Kamu mungkin sudah sering mendengar stereotip akan karakter anak berdasarkan urutan lahir seperti di atas, atau bahkan setuju dengan pendapat tersebut. Tapi, tahukah kamu bahwa menurut ilmu psikologi, urutan lahir juga memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap finansial seseorang?

Artinya, cara mengatur keuangan yang efektif bagi tiap orang juga berbeda. Nah, supaya kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih baik, sebaiknya ketahui dan terapkan tips mengatur keuangan sesuai urutan lahir di keluarga menurut Dave Ramsey berikut ini.

Anak sulung

Kamu yang lahir sebagai anak pertama cenderung banyak diatur dan tidak dibebaskan oleh orang tua, sehingga kamu terbiasa mengikuti aturan yang telah dibuat. Karena anak sulung nggak punya saudara untuk dijadikan panutan, kamu akan mengikuti pola orang tuamu dalam melakukan sesuatu. Hal inilah yang membuat kamu lebih dewasa dan terorganisir dalam mengatur keuangan.

Anak sulung selalu memiliki cara untuk mengatur pos-pos pengeluaran dan pemasukan tiap bulan. Karena sudah merasa ahli, kamu seringkali takut mengambil risiko dan nggak percaya sama orang lain untuk mengatur keuanganmu. Nggak heran, kamu kurang suka mengalokasikan kekayaanmu untuk berinvestasi.

Saran untukmu:

Kamu memang paling mengerti kondisi keuanganmu dibandingkan orang lain. Tapi ketika menikah nanti, kamu harus melibatkan pasangan dalam mengatur pengeluaran keluarga, meskipun kamu kurang nyaman untuk melakukannya. Kamu juga punya peluang keuntungan besar ketika berinvestasi loh, jadi sebaiknya hilangkan keraguanmu untuk mengambil risiko. Supaya punya gambaran lebih matang tentang investasi, kamu bisa meminta bantuan jasa penasihat keuangan.

Anak Tengah

Berada di antara kakak dan adik membuatmu lebih ramah, pintar bergaul, dan cepat beradaptasi. Kamu juga tidak egois dan sering mementingkan kepentingan orang lain di atas kepentinganmu sendiri. Sayangnya, sifat-sifat baik ini bisa menjadi bumerang untuk kondisi keuanganmu jika kamu berada di antara orang-orang yang punya gaya hidup konsumtif. Sebab, kamu punya kesulitan dalam mengontrol pengeluaran dan cenderung mendengarkan pendapat orang lain. Ketika kamu bertemu dengan orang-orang yang punya hobi belanja dan serba boros, bisa-bisa keuanganmu malah jadi berantakan.

Saran untukmu:

Baca Juga:  Inflasi Gaya Hidup: Saat Pengeluaran Bertambah Seiring dengan Meningkatnya Gaji

Orang terdekat punya peran penting dalam pengambilan keputusan keuangan si anak tengah. Untuk itu, kamu harus memilih teman sepergaulan yang tepat, yang kondisi keuangannya sesuai denganmu. Begitu juga dalam memilih pasangan, akan lebih baik jika pasanganmu lebih jago dalam mengelola keuangan, sehingga kamu bisa meminta bantuannya.

Anak Bungsu

Dari kecil, kamu para anak bungsu sudah mendapatkan limpahan perhatian dari orang tua dan saudara kandung. Nggak jarang juga anak bungsu selalu dituruti kemauannya. Jadi, nggak salah jika ketika beranjak dewasa kamu cenderung manja dan susah untuk mengatur keuangan. Untungnya, kamu cenderung lebih kreatif dan inovatif, sehingga selalu saja ada jalan untuk menghasilkan uang. Anak bungsu pun cepat belajar dari kesalahan, jadi masalah keuangan bisa cepat selesai jika kamu punya orang terdekat yang bisa dijadikan panutan soal keuangan.

Saran untukmu:

Meskipun saat ini kamu belum punya tanggung jawab, ingatlah bahwa suatu saat nanti kamu akan memiliki tanggungan beban yang harus dihadapi sendiri. Nggak ada salahnya untuk mulai menerapkan hidup hemat. Alokasikan penghasilanmu ke dalam pos-pos pengeluaran dan jangan lupa berinvestasi untuk masa depan.

Anak Tunggal

Nggak memiliki saudara kandung membuat kamu para anak tunggal cenderung lebih boros karena terbiasa mendapatkan dukungan finansial penuh dari kedua orang tua. Kamu juga belum punya pikiran panjang untuk menabung atau berinvestasi untuk masa depan karena sering bergantung dengan orang tua.

Saran untukmu:

Untungnya, rasa ketergantungan tersebut dibantu dengan sifat anak tunggal yang cenderung terorganisir. Sehingga ketika kamu sudah tahu cara mencari uang sendiri, kamu bisa lebih menghargai uang. Untuk itu, hilangkan mindset bahwa orang tua akan selalu memenuhi kebutuhanmu. Lebih cepat untuk keluar dari zona nyaman maka akan lebih baik bukan?

Itu dia sejumlah tips mengatur keuangan berdasarkan urutan lahir yang bisa kamu terapkan! Siapa tahu kondisi keuanganmu menjadi lebih baik setelah mengetahui cara efektif di atas. Nah, jangan lupa juga untuk memanfaatkan layanan cicilan Kredivo supaya kamu lebih mudah dalam mengatur cash flow!

Share this article