Bingung Pulsa Cepat Habis? Berikut 3 Tips Sederhana agar Tidak Isi Ulang Terus

Kebutuhan akan telekomunikasi bisa dibilang tidak terpisahkan di zaman sekarang. Di tengah perkembangan zaman, kebutuhan pengiriman informasi yang cepat juga mutlak diperlukan untuk mengimbangi mobilitas masyarakat. Salah satu gadget atau alat yang hampir dimiliki oleh setiap orang saat ini adalah smartphone.

Memiliki smartphone adalah hal yang terbilang wajib di zaman sekarang. Tentu saja dengan adanya smartphone, kebutuhan pulsa juga menjadi penting lantaran sebagai “bahan bakar” agar komunikasi bisa terus berjalan.

Di zaman sekarang, membeli pulsa online adalah hal yang wajar dilakukan oleh banyak orang. Tersedianya berbagai situs dan layanan di aplikasi semakin memudahkan orang-orang membeli pulsa dalam jumlah banyak kapan saja dan dimana saja.

Kebutuhan pulsa dituntut agar selalu tersedia ini juga berhubungan erat dengan penggunaan paket data untuk mengakses internet. Membeli paket data juga sekarang bisa dilakukan dengan mudah dengan pulsa. Selain proses beli yang praktis, di Indonesia sendiri juga sudah banyak tersedia berbagai operator telekomunikasi dengan gimmick dan promo masing-masing.

Akan tetapi, banyak dari kita yang masih dengan boros menghabiskan pulsa untuk berbagai kebutuhan yang sebetulnya tidak diperlukan sehingga cepat habis. Berikut ini adalah beberapa tips-tips sederhana yang bisa kamu praktekkan agar pulsa kamu bisa tetap awet tiap bulan:

  1. Pakai Internet Seperlunya Saja

Faktor utama pulsa kamu cepat habis adalah penggunaan internet yang berlebihan. Salah satunya adalah untuk kebutuhan sosial media dan streaming yang tidak dibatasi.

Penggunaan internet yang berlebihan akan otomatis meningkatkan penggunaan kuotamu. Hal ini tentu berdampak pada frekuensi pengiriman pulsa yang semakin bertambah lantara kuota yang cepat habis. Sebagai solusi yang praktis, coba usahakan untuk membatasi penggunaan internet untuk media sosial dan streaming terutama pada jam kerja.

Baca Juga:  Rekomendasi Bisnis Untuk Kalian yang Hobi Belanja & Traveling

Pembatasan penggunaan media sosial ini selain bisa menghemat pulsa juga bisa membuatmu lebih fokus dalam bekerja. Kalau perlu, coba hapus aplikasi media sosial agar kamu tidak tergiur menghabiskan waktu untuk pelesiran di internet atau feed instagram teman-teman kamu setiap saat.

  1. Isi Pulsa dengan Nominal Besar 

Lakukan pengisian pulsa dengan nominal cukup besar tiap bulan. Hal ini bertujuan agar kamu tidak isi ulang pulsa melulu lantaran selalu kurang karena ingin berhemat.

Memang agak bertolak belakang, namun apabila kamu melakukan pengisian pulsa sekaligus dalam jumlah yang besar malah bisa menghemat pengeluaran kamu secara signifikan tiap bulan. Ada banyak orang yang mengisi pulsa sedikit demi sedikit karena ingin menghemat, malahan semakin boros karena malah jadi semakin sering. Hal ini juga terjadi karena kalkulasi kebutuhan pulsa yang tidak tepat sehingga pengisian dilakukan berulang kali tiap bulan.

Sebagai alternatif, lakukan penghitungan pulsa yang perlu diisi tiap bulan dengan tepat dan isi sejumlah yang ditentukan. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengisian pulsa berulang kali dan malah menjadi boros. Lebih baik mengisi sekaligus dengan jumlah yang besar agar lebih irit bukan?

  1. Gunakan Layanan Pascabayar

Penggunaan layanan pascabayar bisa menjadi solusi pulsa kamu agar lebih hemat tiap bulan. Seperti yang kita ketahui, menggunakan layanan pulsa pascabayar mengharuskan kita membayar sesuai yang kita pakai saja setiap bulan.

Hal ini tentu bisa berdampak positif terhadap kamu yang ingin membatasi penggunaan internet dan telepon tiap bulan. Layanan pascabayar sendiri biasanya juga menetapkan batas pemakaian sesuai dengan kebijakan masing-masing operator. Selain lebih hemat, kamu juga bisa membatasi penggunaan internet agar lebih irit lagi kedepannya.

Baca Juga:  Kucing memang seru buat main-main, tetapi harga merawatnya juga bukan main-main

Namun, agar lebih baik lagi kamu perlu memperhatikan dan membatasi sendiri penggunaan pulsa yang akan kamu bayar tiap bulan. Tentukan target pribadi agar tidak terlalu boros dan malah tagihan pascabayar membengkak.

Gunakan Pulsa dengan Bijak

Menggunakan pulsa sesuai kebutuhan adalah kunci agar tetap irit. Biasakan agar pengisian dilakukan sesuai kebutuhan dan membatasi komunikasi untuk hal-hal penting saja. Selain itu, manfaatkan penggunaan paket data dengan bijak agar pulsa bisa lebih awet tiap bulan. Penggunaan pulsa dengan bijak juga bisa membantu kamu menghemat keuangan dan bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih penting. Selamat mencoba!

 

Share this article